Chairul Tanjung : Profil & Biodata

Loading...

Nama : Chairul Tanjung
Peringkat : Orang terkaya ke 5 di Indonesia
Usia : 51 Tahun
Sumber Kekayaan : CT Corp, Bank Mega, Carrefour, Real Estate, dll
Total Kekayaan : $4 B per November 2013
Residen : Jakarta, Indonesia

Chairul lahir di Jakarta dalam keluarga yang cukup sederhana. Ayahnya A.G Tanjung adalah mantan wartawan yang menerbitkan koran beroplah kecil. Ayahnya, yang berdarah batak berasal dari Sibolga. Sementara ibunya, Halima, berdarah sunda berasal dari cibadak, Sukabumi. Chairul berada dalam keluarga dari enam bersaudara. Pada saat Orde Baru, usaha ayahnya dipaksa untuk tutup karena berbanding terbalik dengan penguasa saat itu. Situasi ini telah memaksa orang tuanya menjual rumah dan dia tinggal di sebuah ruangan sempit di penginapan.

Profil Bos Chairul Tanjung

Setelah menyelesaikan sekolah di SMA Budi Utomo 1981, Chairul kuliah di fakultas Kedokteran Gigi Universitas Indonesia (lulus pada tahun 1987). Pada saat kuliah, ia mulai mendalami dunia bisnis. Dan ketika itu, ia dihormati sebagai siswa teladan di tingkat nasional 1984-1985.

Awal Bisnis …
Untuk memenuhi kebutuhan universitas, ia mulai berbisnis dari awal dengan berjualan buku kuliah stensilan, t-shirt, dan lain-lainnya di kampus. Ia juga membuka bisnis fotokopi di kampus. Chairul juga mengelola sebuah toko medis dan laboratorium di bilangan Senen Raya, Jakarta Pusat, tetapi gagal.

Setelah kuliah, Chairul mendirikan PT. Pari Arti Shindutama bersama tiga rekannya pada tahun 1987. Dengan modal awal sebesar 150 juta dari Bank, mereka memproduksi sepatu anak-anak untuk ekspor. Keberuntungan di sisinya, karena perusahaan tersebut langsung mendapat pesanan 160.000 pasang sepatu dari Italia. Namun, karena visi yang berbeda dari upaya ekspansi, Chairul memilih mundur dan mendirikan usaha sendiri.

Chairul Tanjung kemudian mereposisikannya dalam tiga bidang utama : keuangan, properti, dan multimedia. Di bidang keuangan, ia memulai dengan Bank Karman yang kini bernama Bank Mega.

Pundi-Pundi Uang …
Beberapa usaha Chairul Tanjung Group meliputi sejumlah perusahaan di bidang keuangan, termasuk Mega Life Asuransi Umum Asuransi Jiwa, mega Multi Finance, Bank Mega Tbk, Mega Capital Indonesia, Bank Syariah dan Mega Finance. Sementara di bidang real estate dan investasi, perusahaannya atara lain Propertindo Bandung, Bali Propertindo, Batam Indah Invest Indo Mega Indah Propertindo. Dan di bidang audiovisual dan multimedia, kelompok ini memiliki Trans TV, TRANS7, Mahagaya Premier Trans Fashion Lifestyle dan Trans Studio.

Dalam sektor real estate, Grup ini memiliki Bandung Supermall. Mal seluas 3 hektar ini mengeluarkan dana 99 miliar rupiah. Grup ini meluncurkan Bandung Supermall sebagai Central Business District pada tahun 1999. Sementara di bidang investasi pada awal 2010, melalui anak perusahaannya, Trans Corp, membeli saham Carrefour, sejumlah 40 persen. Dengan pembelian Carrefour, MoU (Memorandum of Understanding) menandatangani pembelian saham Carrefour di Perancis pada 12 Maret 2010.

Majalah Forbes menerbitkan daftar orang terkaya di dunia pada tahun 2010. Menurut majalah tersebut, Chairul Tanjung adalah salah satu orang terkaya di dunia asal Indonesia. Forbes mencatat bahwa Chairul Tanjung menduduki urutan ke 937 dunia dengan total aset sebesar $1 miliar. Pada tahun 2011, menurut Forbes lagi, Chairul Tanjung berada di urutan ke 11 orang terkaya di Indonesia dengan total aset US $ 2,1 miliar.

Pada tanggal 1 Desember 2011, Chairul Tanjung meresmikan perubahan Para Grup menjadi CT Corp. CT Corp terdiri dari tiga perusahaan sub holding: Mega Corp, Trans Corp, dan CT Global Resources yang meliputi layanan finansial, media, ritel, gaya hidup, hiburan, dan sumber daya alam.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 9 =