Theodore Rachmat : Profil & Biodata

Loading...

Nama : Theodore Rachmat
Peringkat 14 orang terkaya di Indonesia
Usia : 70 Tahun
Sumber Kekayaan : diversifikasi, warisan
Total Kekayaan : $1.9 B per November 2013
Residen : Jakarta, Indonesia

Indonesia tampaknya penuh oleh nama-nama pengusaha hebat yang kemampuan luar biasa. Salah satu nama yang sering tampil di media adalah Theodore Rachmat, atau sering disingkat TP Rachmat atau Teddy Rachmat. Dia adalah sepupu William Soeryadjaya yang dipercaya untuk mengelola cabang yang dimiliki oleh perusahaan. Di sana Theodore berhasil dalam berbagai usaha dan namanya meroket di tengah-tengah masyarakat.

Theodore Rachmat

Theodore P. Rachmat adalah alumni Institut Teknologi Bandung dan memiliki gelar di Teknik Mesin pada tahun 1968. Meskipun ia adalah sepupu dari pengusaha terkenal, tetapi dia tidak hanya mengandalkan koneksi, melainkan juga karyanya sendiri dan sangat rajin belajar. Pada awalnya, ia mencoba untuk mendirikan sebuah perusahaan yang mengkhususkan diri di bidang konstruksi, yaitu PT. Porta Nigra pada tahun 1970. Perusahaan tidak berjalan sendiri tetapi juga dibantu oleh saudaranya yang bernama Benedict Purwanto Rachmat. TP Rahmat juga bekerja di Astra. Berkat kemampuannya, akhirnya, setelah bekerja selama satu tahun, ia diangkat sebagai Direktur PT. Astra Honda Motor. Dari sinilah ia memulai karirnya di Astra Group. Pada tahun 1984 ia diangkat menjadi CEO PT. Astra International.

Karir Theodore Rachmat berjalan lancar meskipun terhenti selama dua tahun. Pada akhirnya, ia kembali ke grup Astra. Theodore secara bertahap mulai memiliki saham di Astra. Salah satu yang dia miliki adalah saham PT. Surya Semesta Internusa Tbk sebanyak satu persen. Setelah pengalaman yang cukup dari perjuangan di dunia agrobisnis, ia akhirnya mulai menambah saham di PT. Nusantara Tri Windu.

TP Rachmat tampaknya memiliki trik tersendiri dalam mengelola bisnis mereka. Kegiatan ini dilakukan dengan dua model yaitu dengan membagi perusahaan induk dan pribadi. Kemudian ia mulai perusahaan induk baru, PT. Jaya Triple A pada tahun 1979. Setelah lima belas tahun dari perusahaan induk meningkat sebesar satu unit, yang diberi nama PT. Prima Trikirana Invest Indo. Tujuan dari penciptaan PT. Jaya Triple A adalah untuk menambah unit bisnis baru. Perusahaan ini berkembang sangat pesat sehingga muncul berbagai unit baru. Dengan kemampuan manajemen yang baik, Theodore membuat semua bisnisnya tumbuh dan semakin menunjukkan kemajuan dari waktu ke waktu. Pada akhirnya, Theodore pub berhasil masuk dalam daftar pengusaha terkaya di Indonesia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × five =