Djoko Susanto : Profil & Biodata

Nama : Djoko Susanto
Peringkat 25 orang terkaya di Indonesia
Usia : 63 Tahun
Sumber Kekayaan : ritel, self-made
Total Kekayaan : $1.17 B per November 2013
Residen : Jakarta, Indonesia

Djoko Susanto (lahir Kwok Kwie Fo, 1950, Jakarta, Indonesia) adalah seorang pengusaha sukses dan dikenal sebagai miliarder baru di Indonesia sejak tahun 2011. Djoko adalah pemilik gerai ritel Alfamart.

Djoko Susanto

Djoko merupakan anak keenam dari 10 bersaudara. Dahulu, ia harus meninggalkan sekolah karena pemerintah Indonesia melarang siswa dengan nama-nama Cina (ia kemudian mengubah namanya). Pada umur 17, ia mulai mengelola 560 warung kaki lima orang tuanya di pasar Arjuna, sebuah pasar tradisional di Jakarta. Setelah kios dijual untuk memenuhi kebutuhan makan pada saat itu, dengan segera Djoko menjajakan rokok dan membuka lebih banyak warung. Keberhasilannya telah menarik perhatian taipan rokok kretek Putera Sampoerna. Bersama-sama, mereka membuka warung yang sama dan membuka jaringan supermarket diskon.

Djoko melanjutkan kerjasama dengan Putera Sampoerna sampai dengan tahun 2005. Dia kemudian mengembangkan bisnis ritel Alfa Supermarketnya. Saat ini, di bawah manajemen PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk, mereka menjalankan lebih dari 5.500 toko di bawah beberapa merek seperti Alfamart, Alfa Express, Alfa Midi dan Lawson. Dengan bisnisn tersebut, Djoko menjadi orang terkaya ke-25 di Indonesia pada 2011, dan naik ke peringkat ke-17 pada awal tahun 2012 sebelum menurun kembali menjadi 20an pada November 2012.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − five =