Anthoni Salim : Profil & Biodata

Nama : Anthoni Salim
Peringkat 3 orang terkaya di Indonesia
Usia : 65 Tahun
Sumber Kekayaan : diversified, self-made
Total Kekayaan : $6.3 B per November 2013
Residen : Jakarta, Indonesia

Sebelum krisis moneter dan ekonomi 1998, Group Salim terbilang konglomerasi terbesar di Indonesia dengan kekayaan mencapai US$ 10 milyar (sekitar Rp 100 trilyun). Majalah Forbes bahkan pernah menobatkan Liem Sioe Liong, pendiri Grup Salim, sebagai salah satu orang terkaya di dunia.

Anthoni Salim

Bank Central Asia sempat mengalami goncangan saat krisis moneter pada tahun 1998. Untuk mengatasi masalah ini, mereka terpaksa menggunakan BLBI dan karena itu harus berutang Rp 52 triliun. Anthony Salim atau Liem Hong Sien dipercayakan penuh untuk menggantikan ayahnya Sudono Salim (Lim Sioe Liong).

Sumber Kekayaan
Meski grup Salim harus melepaskan sebagian perusahaannya untuk melunasi hutang BLBI seperti BCA dan PT. Indocement Tunggal Perkasa, toh group ini masih memiliki segudang perusahaan lain yang tak kalah hebat.

Kontributor utama dari kekayaan Anthony & keluarganya adalah PT Indofood Sukses Makmur Tbk, dan PT Bogasari Flour Mills. Belakangan, Anthony menggandeng Nestle S.A. sebagai partner dan mendirikan PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.

Selain perusahaan-perusahaan tersebut diatas, keluarga Salim memiliki berbagai jaringan bisnis lain seperti Indomaret, Indomobil dan lain sebagainya.

Mi Instan & Tepung Terigu
Keluarga Lim bisa disebut sebagai rajanya Mi Instan dan tepung terigu di Indonesia. Indofood merupakan produsen mi instan terbesar di dunia, sementara Bogasari dengan segitiga birunya merupakan perusahaan tepung terigu paling tersohor.

Selain sebagai produsen, keluarga Lim juga memiliki berbagai usaha yang bergerak di sektor agribisnis, industri, produk makanan hingga menguasai jalur distribusi. Skema bisnis yang matang dari hulu ke hilir inilah yang menjadikan Anthoni Salim & Family bertengger di daftar no 3 orang terkaya di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 + 13 =