Usmar Ismail : Profil & Biodata

Dunia perfilman nasional harus berterima kasih kepada Usmar Ismail atas kepeloporannya. Memang, sejak dekade 20-an dunia layar lebar telah muncul dan berkembang di Indonesia. Akan tetapi baru pada dekade 50-an, dipelopori oleh Usmar Ismail, jagat perfilman Indonesia merangkai jatidirinya. Lelaki yang lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat, 20 Maret 1921 ini memiliki talenta kreatif yang komplet. Ia tak hanya piawai sebagai sutradara, tetapi juga seorang penyair, wartawan, dan prod user. Kelompok sandiwaranya, Maya, dikenal sebagai perintis teater Indonesia yang memakai naskah dan teater Barat. Sementara filmnya, Darah dan Doa (1950), dikenaI sebagai film nasional yang pertama. Sejak remaja bakatnya dalam dunia pentas telah kelihatan. Ia sudah mementaskan karya pertamanya semasa menempuh pendidikan di AMS, Yogyakarta. Syair dan cerpen-cerpennya juga banyak dimuat.

Usmar Ismail profil

Pandji Poestaka dan Kebudyaan Timur. Mencoba konsisten dalam dunia tulis menulis, ia mendirikan koran Rakjat, Patriot, dan majalah kebudayaan Arena. Pada tahun 1947, ia terpilih menjadi Ketua PWI (Persatuan Wartawan Indonesia).

Jika karya pertamanya dihasilkan melalui ilmu yang ia gali secara otodidak, Usmar memantapkan kompetensinya dengan mempelajari ilmu sinematografi di Amerika Serikat, 1953. Sepulang dari AS, ia langsung membuahkan karya-karya berkualitas. Di bawah bendera Perfini ia memproduksi Lewat Djam Malam (1954), Pedjoeang (1960), dan Toha Pahlawan Bandoeng Selatan (1962). Melalui film-film kreasinya, Usmar mencoba menampilkan sisi lain dari sejarah perjuangan bangsa.

Usmar Ismail juga memiliki komitmen terhadap peningkatan kualitas insan perfilman. Ia mendirikan ATNI (Akademi Teater Nasional Indonesia), pada tahun 1955. Selanjutnya ia berperan besar dalam membina dan membentuk dunia perfilman. Ia meninggal pada tanggal 2 J anuari 1971 dan dikenang sebagai Bapak Perfilman Indonesia. Namanya diabadikan menjadi nama gedung pusat perfilman di kawasan Rasuna Said, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

20 + 18 =