Iwan Fals : Profil & Biografi

Ia memiliki kharisma dan pengaruh yang melampaui bidangnya, yaitu musik pop. Iwan Fals atau Virgiawan Listianto memiliki karunia untuk mendengarkan aspirasi rakyat kedl, dan menuangkannya sebagai lagu yang merakyat baik lirik maupun musiknya. Kredonya adalah musik sebagai kritik sosial, selain sebagai medium ekspresi perasaan manusia yang terdalam, yaitu cinta. Sebagai kritik sosial, lagu-Iagu Iwan memang banyak menyindir penguasa dan segala kebobrokannya. ltulah sebabnya ia pernah dicekal rezim Orde Baru.

profil Iwan Fals

Iwan Fals identik dengan julukan “penyanyi tukang protes”. Musiknya dianggap mirip dengan Bob Dylan, karena nuansa musik country. Bedanya, syair lagu-Iagunya terasa lebih telanjang dan lugas.

profil Iwan Fals 1

Lelaki kelahiran Jakarta, 3 September 1961 ini namanya meroket sejak album Oemar Bakri meledak di awaI 1980-an. Lagu tersebut menyuarakan keberpihakannya pada sosok guru, pahlawan tanpa tanda jasa yang selalu dirundung malang. Sejak itu, album-albumnya laku keras.

Iwan memiliki jutaan penggemar fanatik yang memujanya, kebanyakan anak muda. Mereka tidak hanya rajin mengoleksi album Iwan Fals, tetapi juga mengikuti nilai-nilai dan ajaran moral yang terkandung dalam lagu-lagunya. Konser Iwan Fals sendiri selalu dipenuhi penonton. Tahun 1989 dan 1993, beberapa konsernya berakhir dengan kerusuhan. Karena itu, rencana tur musiknya di 100 kota tak mendapat izin. Ia juga dicekal untuk tampil di satu-satunya stasiun televisi saat itu, TVRI.

profil Iwan Fals 2

Awal dekade 1990-an Iwan aktif di padepokan Rendra di Citayam. Ia menciptakan musik kolaborasi dengan W.S. Rendra, Sawung Jabo dan Setiawan Djodi dalam Katata Takwa. Beberapa lagu mereka, misalnya Bento dan Bongkar, sempat memberi inspirasi bagi anak-anak muda untuk mempertanyakan status quo kekuasaan. Lagu itu sempat berkumandang ketika para mahasiswa melakukan demonstrasi.

profil Iwan Fals 3

Iwan Fals tinggal dengan istri dan putrinya di rumahnya yang lapang sekaligus berfungsi sebagai studionya di kawasan Cibubur, Jawa Barat. Selain mencipta lagu, pada waktu senggang ia juga asyik menekuni hobinya yang lain, melukis. Setelah hiruk pikuk reformasi di Indonesia, kini Iwan sesekali kembali ke dunia panggung untuk menyapa publik dan melantunkan lagu-lagu barunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

fifteen − five =