Prabowo Subianto : Profil & Biografi 2014

Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah calon presiden Republik Indonesia tahun 2014 yang diusung oleh parta Gerindra, Golkar, PPP, PAN, PKS dan PBB. Ia berpasangan dengan Hatta Radjasa, ketua umum PAN yang juga mantan menko perekonomian kabinet SBY. Pada posting kali ini, kita akan mengupas biografi lengkap Prabowo Subianto.

profil prabowo subianto

Prabowo Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951, putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo (yang disebut begawan ekonomi Indonesia) serta Dora Marie Sigar, atau lebih di kenal dengan nama Dora Soemitro. Ia juga adalah cucu dari Raden Mas Margono Djojohadikusumo, anggota BPUPKI, pendiri Bank Negara Indonesia serta Ketua DPA pertama. Ia mempunyai dua kakak wanita, Bintianingsih serta Mayrani Ekowati, serta satu orang adik, Hashim Djojohadikusumo. Saat ini, Hashim di kenal sbg seorang entrepreneur handal, dengan usaha di beberapa puluh negara termasuk Kanada, Russia serta Indonesia.

Awal Karier
Pada th. 1970, Prabowo Subianto mengawali karirnya kala ia mendaftarkan diri di Akademi Militer Magelang, Ia lalu Lulus pada th. 1974 dari Akademi Militer, lalu pada th. 1976 Prabowo ditugaskan sebagai Komandan Pleton Beberapa Komando Group I Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha) serta ditugaskan sebagai bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur.

prabowo subianto 2

Prabowo Subianto lalu menikah dengan Titiek yang merupakan anak Presiden Soeharto. Pernikahan Prabowo dengan titiek selesai tak lama sesudah Soeharto mundur dari jabatan Presiden Republik Indonesia. Dari pernikahannya dengan Titiek, Prabowo dikaruniai seseorang anak, Didiet Prabowo. Didiet tumbuh besar di Boston, AS serta saat ini tinggal di Paris, Perancis sebagai seorang desainer. Sesudah kembali dari Timor Timur, karier militernya Prabowo senantiasa melejit. Pada th. 1983, Prabowo dipercaya sebagai Wakil Komandan Detasemen 81 Penanggulangan Teroris (Gultor) Komando Pasukan Spesial TNI AD (Kopassus). Sesudah merampungkan kursus “Special Forces Officer Course” di Fort Benning, Amerika Serikat, Prabowo di beri tanggungjawab sebagai Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara.

Prabowo & 1998
Sebagai Pangkostrad yang membawahi pasukan cadangan ABRI yang jumlahnya cukup besar pada saat itu, Prabowo dimintai pertolongan oleh Panglima Kodam Jaya untuk mengamankan Jakarta yang ada dalam situasi kacau. Keinginan ini dipenuhi Prabowo dengan menolong mengamankan beberapa bangunan utama, terutama rumah dinas Wakil Presiden B. J. Habibie di Kuningan.

prabowo subianto 4

Walau pada akhirnya perannya ini menyebabkan pro-kontra, tetapi ia juga mengambil lebih dari satu langkah perlu yang memastikan arah reformasi pada saat itu. Diantaranya ia sukses membujuk Amien Rais untuk membatalkan gagasan doa berbarengan di Monas. Ia juga ajukan pertanyaan pada Habibie tentang kesiapannya bila kapan saja Soeharto turun, apakah siap jadi Presiden, yang berikan tanda pada Habibie untuk bersiap mengambil alih Soeharto.

Diluar itu pada 14 Mei 1998, Prabowo berinisiatif mengadakan silaturahmi dengan sebagian tokoh reformis seperti Adnan Buyung Nasution, Setiawan Djodi, Rendra, Bambang Widjajanto, dan sebagainya. Ia sempat juga didesak untuk memerankan seperti Suharto pada th. 1965, yang dengan cara tegas ditolaknya lantaran terasa bahwa masih ada dibagian bawah level protokoler kepemimpinan dalam saat genting, tidak sama dengan peran Suharto saat itu yang sangat mungkin untuk mengambil kendali lantaran kosongnya kepemimpinan TNI sepanjang hilangnya beberapa jendral. Diluar itu, ia menyebutkan tidak mau kudeta berlangsung lantaran cuma bakal menyebabkan kudeta-kudeta yang lain.

Paska Militer
Sesudah berhenti berkarier dari Dunia Militer, Prabowo Subianto lalu mengawali peruntungannya jadi seseorang Entrepreneur ikuti jejak adiknya yakni Hashim Djojohadikusumo. Karier Prabowo untuk entrepreneur diawali dengan membeli Perusahaan Kertas Kiani Kertas, perusahaan pengelola pabrik kertas yang berlokasi di Mangkajang, Kalimantan Timur, yang pada mulanya Kiani Kertas dipunyai oleh Bob Hasan, entrepreneur yang dekat dengan Presiden Suharto. Prabowo Subianto membeli Kiani Kertas memakai utang sejumlah Rp. 1, 8 triliun dari Bank Mandiri. Tak hanya mengelola Kiani Kertas, yang namanya ditukar oleh Prabowo jadi Kertas Nusantara, grup perusahaan Nusantara Grup yang dipunyai oleh Prabowo juga kuasai 27 perusahaan didalam serta luar negeri. Usaha-usaha yang dipunyai oleh Prabowo beroperasi di sektor perkebunan, tambang, kelapa sawit, serta batu bara.

prabowo subianto 1

Banyak kelompok menilai, Prabowo cukup berhasil dalam berusaha. Pada Pilpres 2009, Prabowo adalah cawapres paling kaya, dengan keseluruhan asset sebesar Rp 1, 579 Triliun serta US$ 7, 57 juta.

Prabowo & Pemilu 2014
Partai Gerakan Indonesia Raya sudah menyebutkan bakal mengusung Prabowo sebagai calon presiden pada pemilihan presiden 2014. Prabowo sendiri telah menyebutkan kesediaannya untuk dicalonkan untuk presiden, bila didukung rakyat.

prabowo subianto 3

Meskipun sebagian instansi survey mencatat elektabilitas Prabowo paling tinggi dibanding dengan calon-calon presiden yang lain, tak sedikit pengamat politik yang yakini bila langkah Prabowo bakal terganjal elektabilitas Partai Gerakan Indonesia Raya yang benar-benar rendah.

Di Penentuan umum legislatif Indonesia 2014, Gerindra mencapai posisi ketiga, hanya sedikit selisih suara di banding PDIP serta Golkar, yakni 11, 58 %, sementara PDIP mencapai 19, 52 % serta Golkar 15, 22 % menurut perhitungan cepat Kompas sampai 9 April 2014.

prabowo subianto 5

Prabowo Subianto hadirkan “Enam Program Aksi Transformasi Bangsa” dalam kampanyenya ; jika dipilih jadi Presiden Republik Indonesia, ia mau membangun ekonomi yang kuat, berdaulat, adil serta makmur, melakukan ekonomi kerakyatan, bangun kedaulatan pangan dan energi dan pengamatan sumberdaya air, menambah mutu pembangunan manusia Indonesia lewat program pendidikan, kesehatan, sosial serta budaya, bangun infrastruktur serta melindungi kelestarian alam dan lingkungan hidup, serta bangun pemerintahan yang bebas korupsi, kuat, tegas serta efisien.

Sesudah meningkatnya popularitas serta elektabilitas Prabowo di beberapa instansi survey dalam Pemilihan umum Presiden Indonesia 2014, ia selalu terserang kampanye hitam serta opini negatif diantaranya beredarnya duit kertas pecahan Rp50. 000 yang di beri cap dengan tulisan “Prabowo : Satria Piningit, Heru Cakra Ratu Adil” serta penghembusan kembali gosip stigmatisasi atas tudingan keterlibatan, juga nama Prabowo juga disebut-sebut untuk dalang penculikan aktivis pro demokrasi 1997/1998, penembakan mahasiswa Trisakti, otak penggerak Kerusuhan Mei 1998 serta tuduhan makar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

7 − 7 =