Biografi Andy Rubin : Sang Penemu Android

Andy Rubin adalah seorang teknokrat yang sangat berpengaruh di abad-21 berkat OS Android yang dibuatnya. Sebelumnya, Andy Rubin adalah CEO Danger Inc. dan wakil Presiden Senior Konten Telepon Genggam dan Digital di Google hingga bulan Maret 2013.

Biografi Andy Rubin

Kilas Biografi Andy E. Rubin
Lahir : 22 Juni 1946 di New Bedford, Amerika Serikat
Kebangsaan  : Amerika Serikat
Bangsa : Yahudi
Paten : 4 untuk hasil temuannya yang diyakini bernilai US$100 juta
Pendidikan :
Horace Greeley High School di Chappaqua, New York, 1977 – 1981.
Utica College, Utica, New York, Bachelor of Science dalam ilmu komputer, 1981 – 1986.
Riwayat pekerjaan :
– Carl Zeiss AG, teknisi robotika, 1986 – 1989.
– Apple Inc., teknisi manufaktur, 1989 – 1992.
– General Magic, teknisi, 1992 – 1995.
– MSN TV, teknisi, 1995 – 1999.
– Android Inc., pendiri bersama, 2003 – 2005.
– Google, 2005–sekarang. Wakil Presiden Senior Android

Awal Karier
Dari kecil, Rubin telah punya kebiasaan lihat banyak gadget baru. Ini lantaran ayahnya, seorang psikolog yang banting setir ke usaha direct marketing, menaruh product elektronik yang bakal di jualnya di kamar Rubin. Ia mempunyai ketertarikan besar pada semuanya yang berbau robot. Di Carl Zeiss A. G., tempat pertama kali ia bekerja sesudah lulus kuliah, Rubin diletakkan di suatu divisi robotika, tepatnya pada komunikasi digital pada jaringan dengan piranti pengukuran serta manufaktur. Sesudah dari Carl Zeiss, ia pernah bekerja di bagian robot di suatu perusahaan di Swiss.

Biografi Andy Rubin 1

Karir Rubin di bagian robotika kelihatannya makin cerah, tetapi hidupnya beralih dikarenakan berlibur di Cayman Island pada th. 1989. Waktu tengah berkunjung ke kepulauan tropis di Jamaika itu, Rubin tidak sengaja bersua dengan seseorang bernama Bill Caswell. Pria ini tengah tidur di pinggir pantai, terusir dari suatu cottage sesudah bertengkar dengan pacarnya. Andy tawarkan pria itu rumah dan untuk balas budi, Casswell menawarkannya pekerjaan. Kebetulan yang menakjubkannya karena pria itu bekerja di Apple. Di Apple, Rubin alami masa-masa yang mengasyikkan. Pada waktu itu, Apple masih dalam keadaan baik karena computer Macintosh. Budaya Apple juga menular pada diri Rubin. Disana ia pernah lakukan kejahilan, seperti memprogram lagi system telephone hingga ia dapat berpura-pura untuk sang CEO, John Sculley. Lelucon seperti itu barangkali bakal disenangi Steve Jobs, pria yang suka bikin lelucon melalui telephone, tetapi saat itu merupakan periode Apple tanpa Jobs.

Rubin & Android
Rubin menginkubasi Android waktu ia jadi enterpreneur-in-residence berbarengan perusahaan modal ventura Redpoint Ventures di 2004. “Android bermula dari satu inspirasi simpel, sediakan platform mobile yang tangguh serta terbuka hingga dapat mendorong inovasi lebih cepat untuk keuntungan pelanggan,” tutur Rubin. Pada Juli 2005, 22 bln. sesudah Android berdiri, perusahaan itu ditelan oleh raksasa Google. Rubin juga menentukan untuk join dengan Google. Saat beli Android Inc., Google tak mengatakan dengan rinci berapakah harga yang dibayarkan serta apa yang i­ngin dikerjakannya dengan perusahaan itu. Juga, Google menyebutkan pembelian itu untuk akuisisi pada sumber daya manusia serta teknologinya saja. Tak hanya Andy Rubin, Google benar-benar mendapatkan banyak orang-orang brilian dari Android. Ini termasuk Andy McFadden (pengembang WebTV berbarengan Rubin, serta juga pengembang Moxi Digital) ; Richard Miner (bekas Vice President di perusahaan telekomunikasi Orange) ; dan Chris White (pendiri Android serta perancang penampilan dan interface WebTV).

Biografi Andy Rubin 3

Bersama-sama Google, Android di beri kemampuan ekstra. Perusahaan asal Mountain View, California itu lalu membuat Open Handset Alliance untuk meningkatkan piranti untuk Android.

Piranti Android yang ada market memanglah bukan hanya buatan Google. Petarung kelas berat Android termasuk Motorola, Samsung, serta HTC masing-masing melemparkan hp Android andalan mereka ke market.

Biografi Andy Rubin 2

Di AS, Motorola Droid jadi satu diantara senjata Verizon Wireless melawan AT&T dengan iPhone-nya. Sedang Nexus One, hp Android Google buatan HTC, hadir tanpa “ikatan dinas” pada satu operator spesifik. Hadirnya Android kelihatannya beru­saha menggoyang dominasi pasar hp di AS.

Android Saat Ini ..
Saat ini Android adalah OS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dengan cepat, Android mendominasi segala macam gadget, dari tablet hingga smartphone. Di masa depan, Android akan masuk ke dunia otomotif dan hiburan yang terintegrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − five =