Arifin Panigoro : Profil & Biodata

Loading...

Peringkat 49 orang terkaya di Indonesia
Usia : 68 Tahun
Sumber Kekayaan : minyak
Total Kekayaan : $420 M per November 2013
Residen : Indonesia

profil Arifin Panigoro

Jusuf Panigoro merupakan sosok penting yang memperkenalkan dunia bisnis pertama kali pada diri Arifin Panigoro. Sejak duduk di bangku sekolah, Arifin sudah dilibatkan oleh sang ayah, Jusuf Panigoro, dalam mengelola toko di jalan Braga, Bandung, sebagai kasir dan bendahara. Tak heran jika jiwa wirausaha, intuisi dan nyali bisnisnya sudah terasah secara alami hingga tidak membuatnya canggung saat memulai usaha bersama rekannya sesama insinyur jebolan ITB. Saat itulah bisnis seakan sudah menjiwainya, bahkan terus berkembang di tangan Arifin hingga sekarang.

profil Arifin Panigoro 1

Ketika alumni Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1973 ini memulai usahanya, ia tidak langsung menjadi bos di Meta Epsi Drilling Company (Medco). Sebelum tahun 1980-an, awalnya Arifin hanya sebagai kontraktor instalasi listrik door to door. Dan ia memulai proyek pemasangan pipa secara kecil-kecilan. Seiring perkembangan zaman, usahanya pun mulai menujukkan kemajuan yang baik. Jika dulu pengusaha asing yang selalu menang tender, namun sekarang perusahaannya lah yang menanganinya.

Tahun 1981, Arifin Panigoro memberanikan diri untuk menggarap proyek pipanisasi yang berdiameter besar. Untuk pekerjaan itu, ia bekerjasama dengan perusahaan asing. Selain menggandeng mitra asing, dukungan dari pemerintah ikut berperan dalam kelancaran usahanya itu. Dengan usaha, kerja keras dan dedikasi yang sangat tinggi, setelah merintis usaha tahun 80-an, akhirnya Medco mulai menujukkan kesuksesan di tahun 1990. Keberhasilan Medco diperlihatkan dengan membeli sumur minyak di Tarakan, Kalimantan Timur, seharga 13 juta dolar AS. Tidak hanya itu, beberapa ladang sumur lainnya pun telah dimilikinya.

Tidak hanya sukses dalam bidang usaha saja, Arifin juga memiliki keluarga yang bahagia. Suami dari Raisis A Panigoro berhasil membangun keluarga yang harmonis. Anak-anaknya kini sudah dewasa, bahkan yang nomor 1 yakni Maera Hanafiah telah dikaruniai dua orang anak. Adapun yang bungsu Yaser Raimi juga sudah menamatkan MBA dari Loyola Marymount University.

profil Arifin Panigoro 2

Arifin Panigoro tidak pernah memaksakan anak-anak untuk meneruskan usaha orang tuanya. Jika kemampuannya sudah dipenuhi, silakan saja kalau mau melanjutkannya. Dirinya mengaku tidak takut jika perusahaannya dipegang oleh orang lain, toh semua aset, cadangan tidak ke mana-mana. Meskipun kini sudah menjadi raja minyak, Arifin Panigoro memegang prinsif: kaya itu relatif.

Dia mengaku tak pernah tahu, apakah dirinya kaya atau tidak, sebab semua hidup yang dijalani terus menggelinding. Baginya, kaya itu relatif, kalau di Indonesia, seperti dirinya memang sudah menonjol. Sebagai orang yang beberapa kali dicekal untuk bepergian ke luar negeri, ia pun bertanya untuk apa kekayaan itu.

profil Arifin Panigoro 3

Sebagai orang yang romantis, ia mengaku merasa benar-benar kaya, kalau berada dalam satu konser musik yang benar-benar disukai. Seperti saat ini, setelah bisa menikmati alunan gamelan Jawa, maka setiap mendengar musik Jawa itu sebelum tidur, dia merasa kaya. Jadi, baginya kaya itu cukup sederhana, bukan harta melimpah atau kekuasaan. Arifin juga sadar, suatu saat akan pensiun sebagai pengusaha. Namun, tidak berarti ia akan berdiam diri. Ia berencanakan untuk memfokuskan ke Medco yang lain yaitu di bidang agrobisnis. Bisnis pertanian akan menjadi tujuan Arifin selanjutnya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 + 8 =