Bill Gates : Profil & Biografi

Loading...

Peringkat 1 orang terkaya di Amerika
Usia : 58 tahun
Sumber Kekayaan : Microsoft
Total Kekayaan : $72 B per of September 2013
Residen : Medina, WA

profil Bill Gates

William Henry “Bill” Gates III ( lahir di Seattle, Washington, 28 Oktober 1955, 58 ) adalah seorang pengusaha investor, filantropis, penulis asal AS (Amerika Serikat), dan mantan presiden yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang didirikan dengan Paul Allen. Dia masih salah satu orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995-2009, kecuali untuk tahun 2008 ketika menempati peringkat ketiga. Selama karirnya di Microsoft, Bill Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek software, dan tetap menjadi pemegang saham individu terbesar dengan lebih dari 8 persen dari saham umum perusahaan. Ia juga telah menulis beberapa buku.

Gates adalah salah satu pengusaha revolusi komputer pribadi terkenal di dunia. Meskipun ia dikagumi oleh banyak orang, beberapa orang dalam industrinya [siapa?] mengkritik taktik bisnisnya yang dianggap membatasi persaingan, suatu pendapat yang didukung oleh pengadilan dalam beberapa kasus. Pada fase terakhir dari karirnya, Gates telah melakukan beberapa upaya untuk filantropi, yaitu menyumbangkan uang dalam jumlah besar untuk berbagai organisasi amal dan program penelitian ilmiah melalui Bill & Melinda Gates Foundation, yang didirikan pada tahun 2000 .

profil Bill Gates 2

Gates mengundurkan diri sebagai pejabat eksekutif tertinggi Microsoft pada bulan Januari 2000. Dia masih menjabat sebagai ketua dan menetapkan posisi sebagai kepala arsitek software. Pada bulan Juni 2006, Gates mengumumkan bahwa ia akan bekerja paruh waktu di Microsof, dan bekerja penuh ke Bill & Melinda Gates Foundation. Dia secara bertahap melimpahkan semua pekerjaannya kepada Ray Ozzie, kepala arsitek perangkat lunak, dan Craig Mundie, pejabat riset dan strategi tertinggi Microsoft. Hari terakhir Gates bekerja di Microsoft pada tanggal 27 Juni 2008. Dia masih bekerja di Microsoft sebagai non – ketua eksekutif .

Gates lahir di Seattle, Washington, dari pasangan William H. Gates, Sr. dan Mary Maxwell Gates, yang merupakan keturunan dari Jerman, dan Scots – Irlandia. Keluarganya termasuk orang dengan pendapatan menengah ke atas, ayahnya adalah seorang pengacara ternama, ibunya bertugas di dewan direksi First Interstate BancSystem dan United Way, dan ayahnya, J. W. Maxwell adalah presiden bank nasional. Gates memiliki saudara bernama Kristi ( Kristianne ) dan seorang adik bernama Libby. Dia adalah keturunan keempat dari keluarganya, tetapi dikenal sebagai Bill Gates III atau “Trey” karena ayahnya menyandang akhiran “II”. Pada awal hidupnya, orang tua Gates mengharapkan ia berkarir di bidang hukum. Ketika Gates masih muda, keluarganya sering pergi ke gereja Kongregasi.

profil Bill Gates 1

Pada usia 13 tahun, ia menghadiri Lakeside School, sebuah sekolah persiapan eksklusif di Seattle. Ketika ia berada di kelas delapan, Mothers Club di sekolah menikmati bazaar barang lama Lakeside School untuk membeli terminal Teletype Model 33 ASR dan sebagian waktu komputer menggunakan komputer General Electric (GE) untuk siswa sekolah. Gates tertarik memprogramkan sistem GE mengguanakan BASIC dan keluar dari kelas matematikanya untuk mengejar keinginannya. Ia menulis program komputer pertamanya di mesin ini, sebuah penerapan tic – tac – toe yang memungkinkan pengguna komputer untuk bermain melawan komputer. Gates terpesona dengan mesin ini dan cara mesin mengeksekusi kode perangkat lunak dengan sempurna . Ketika ia mengenang kembali masa-masa itu, ia berkata: “Ada sesuatu yang pas dengan mesin tersebut. ” Setelah sumbangan Mothers Club habis, ia dan siswa lain menghabiskan waktu dengan mengerjakan beberapa sistem, termasuk minicomputer Desember PDP. Salah satu sistem ini adalah PDP – 10 yang di miliki Komputer Pusat (CCC), yang melarang empat siswa Lakeside – Gates, Paul Allen, Ric Weiland, dan Kent Evans. Selama musim panas setelah tertangkap mengeksploitasi bug di sistem operasi untuk memenangkan waktu komputer bebas.

Pada akhir masa larangan, keempat siswa yang ditawarkan untuk menemukan bug dalam perangkat lunak CCC dengan imbalan waktu komputer. Bukannya menggunakan sistem via teletype, Gates pergi ke kantor CCC dan mempelajari kode sumber berbagai program yang berjalan di sistem tersebut, termasuk program-program dalam bahasa FORTRAN, LISP, dan bahasa mesin. Perjanjian dengan CCC ini berlanjut hingga tahun 1970, ketika perusahaan ini bangkrut. Pada tahun berikutnya, Information Sciences, Inc. mempekerjakan empat siswa Lakeside tersebut untuk menulis program pembayaran gaji dalam bahasa COBOL dan memberikan waktu komputer dan royalti. Karena manajer menyadari kemampuan pemrograman mereka, Bill Gates menulis program komputer sekolah untuk membuat jadwal kelas siswa. Dia memodifikasi kode sehingga ia ditempatkan di kelas yang didominasi oleh perempuan. Lalu dia mengatakan bahwa “sulit untuk menjauh dari mesin yang mampu aku gunakan untuk mendemonstrasikan kesuksesan secara jelas. “Pada usia 17 tahun, Bill Gates dan Allen membentuk usaha bersama yang disebut Traf – O -Data, untuk menciptakan penghitung lalu lintas berdasarkan prosesor Intel 8008. Pada awal 1973, Bill Gates menjabat sebagai asisten kongres di DPR Amerika Serikat.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Dia memperoleh nilai 1.590 dari total 1.600 pada ujian Sabtu dan terdaftar di University Harvard College pada musim gugur 1973. Di Harvard, ia bertemu dengan Steve Ballmer, yang kemudian menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft .

Pada tahun kedua, Gates merancang sebuah algoritma sorting sebagai solusi untuk serangkaian masalah yang belum terpecahkan di dalam kelas kombinatorial oleh Harry Lewis, salah satu gurunya. Solusi Gates memegang rekor sebagai versi tercepat selama lebih dari 30 tahun. Bahkan penggantinya lebih cepat satu persen saja. Solusinya kemudian diresmikan dalam bentuk cetakan bekerjasama dengan ilmuwan komputer Harvard, Christos Papadimitriou.

Gates tidak punya rencana belajar ketika masih menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates juga masih berkomunikasi dengan Paul Allen, dan ia bergabung di Honeywell selama musim panas tahun 1974. Pada tahun berikutnya, MITS Altair 8800 berdasarkan Intel 8080 prosesor diluncurkan, dan Gates dan Allen melihat peluncurannya sebagai kesempatan untuk membuat perusahaan perangkat lunak mereka sendiri. Ia telah membicarakan keputusan ini bersama orang tuanya yang sangat mendukung antusiasme Gates untuk menciptakan perusahaan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − eight =