Harjo Sutanto : Profil & Biodata

Loading...

Peringkat 27 orang terkaya di Indonesia
Usia : 87 Tahun
Sumber Kekayaan : barang-barang konsumen, warisan
Total Kekayaan : $1.14 B per November 2013
Residen : Jakarta, Indonesia

profil Harjo Sutanto

Harjo Sutanto awalnya hanya mempunyai perusahaan kecil yang didirikan bersama kerabatnya John F. Katuari pada tahun 1948 dengan nama Fa Wings. perusahaan itu adalah standar industri rumah kecil. Tapi dengan semua ketekunan dan kerja keras yang dibayar, perusahaan Wings ini secara bertahap berkembang menjadi sebuah perusahaan besar seperti sekarang bahwa keberadaannya tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Harjo Sutanto yang merintis usahanya dari kecil hingga besar seperti sekarang dapat dijadikan sebagai sumber inspirasi masa kini. Berikut adalah profil Harjo Sutanto.

Harjo Sutanto memiliki empat orang anak, yaitu Hanny Sutanto, Fifi Sutanto, Handoyo Sutanto, dan Yenny Lillian Sutanto. Hasil buah pernikahannya dengan istrinya Lilian Yenny. Keluarga mereka dikenal sebagai keluarga low-profile, meskipun mereka sudah dikenal sebagai perusahaan yang telah mendulang sukses. Harus diakui, ini adalah hasil dari didikan Harjo Sutanto sendiri yang berfokus Kerendahan hati walau sesukses apapun kondisi keluarga. Bahkan rumornya, mereka umumnya suka memakai pakaian dengan kesan santai daripada memakai kostum mewah dan aksesoris. Kerendahan hati inilah salah satu hal yang membuat profil pengusaha asal Jawa Timurini sangat menarik.

Kekayaan Harjo Sutanto tentu tidak diragukan lagi. Di Indonesia, hampir semua rumah tangga menggunakan produk wings: mulai dari pembersih lantai, produk sanitasi, makanan instan, dan sebagainya. Bahkan pada tahun 2012, pria kelahiran tahun 1926, dinobatkan sebagai orang terkaya peringkat 32 dari top 40 orang terkaya di Indonesia, menurut majalah Forbes. Kekayaan yang dimilikinya terhitung sampai dengan US$ 1 Milyar; hasil dari berbagai macam usaha yang dibuatnya.

Perusahaan wings yang ramai dikenal sekarang, yang dipimpin oleh Harjo Sutanto. Perusahaan ini sebelumnya dikenal sebagai Fa wings dan berbasis di Surabaya. Pada awalnya perusahaan ini tidak banyak diketahui, bahkan sampai tahun 1980-an. Namun, setelah mengubah namanya menjadi PT. Wings Surya, perusahaan mulai menunjukan kesuksesan dengan berbagai produk yang ditawarkan. Sejak saat itu, PT. Wings Surya meningkat di industri barang-barang konsumsi, seperti produk untuk rumah tangga sehari-hari.

Tentu saja ada banyak cabang bisnis lain yang dikelola oleh group Wings ini; termasuk di bidang industri kimia, agro – bisnis, perbankan, kemasan, real estate, bahan bangunan dan lembaga keuangan. Dalam dunia keuangan, kita mungkin mengenal Bank Ekonomi, Bank yang hanya membuka usahanya di pusat perdagangan. Biasanya Bank dalam pembiayaan perekonomian bergerak dalam usaha kecil dan menengah dengan tujuan utama untuk memberikan kredit kepada distributor. Wings Group Harjo Sutanto hasil kerja keras akhirnya berhasil mengembangkan sayapnya. Perusahaan ini telah berkembang yang awalnya hanya sebagai perusahaan yang dapat meniru saja, menjadi sebuah perusahaan yang dapat mendominasi dunia bisnis dan mengalahkan saingan saat ini. Hal ini tentu tidak akan terjadi tanpa dukungan dari keluarga dan staf yang bekerja keras untuk kemajuan perusahaan Wings.

Secara historis, Fa wings didirikan pada tahun 1948 oleh Harjo Sutanto dengan John F. Katuari. Fa Wings sebelumnya hanya industri bisnis rumah kecil. Dua pendiri ini awalnya mereka lakukan dengan tangan mereka sendiri , mulai dari produksi hingga pemasaran dan logistik. Baik Harjo Sutanto dan John F. Katuari untuk menjual sabun colek dengan sistem door to door. Inilah yang membuat keluarga pengusaha tersebut menjadi sukses menjadi orang yang sangat rendah hati.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 5 =