Biografi Marilyn Monroe

Marilyn Monroe (1926-1962) adalah model, aktris, penyanyi dan bisa dibilang salah satu wanita paling terkenal dari abad kedua puluh.

biografi Marilyn Monroe

Monroe lahir, Norma Jeane Mortenson pada Juni 1926. Ayahnya tidak diketahui dan ia dibaptis sebagai Norma Jeane Baker. Ia menghabiskan bertahun-tahun di panti asuhan karena situasi keluarganya.

Monroe menikah Jimmy Dougherty pada tahun 1942. Ketika suaminya meninggalkannya ke Pasifik Selatan untuk bertarung di Perang dunia II, ia bergabung dengan sebuah pabrik amunisi lokal di Burbank, California. Itu di sini bahwa Marilyn mendapat perubahan pertama besarnya. Fotografer David Conover sedang meliput pabrik amunisi untuk menunjukkan perempuan di tempat kerja. Dia terkesan dengan keindahan alam dan fotogenik dari Norma, dan dia memakainya di banyak sesi fotonya. Hal ini memungkinkan dia untuk memulai karir sebagai model dan dia segera tampil di depan banyak sampul majalah.

1946 adalah tahun yang sangat penting bagi Marilyn, dia menceraikan suami mudanya dan mengganti namanya dari Norma Baker ke yg lebih glamor Marilyn Monroe. Dia mengambil pelajaran drama dan mendapat kontrak film pertamanya dengan Twentieth Century Fox. Beberapa film pertamanya tidak terlalu terkenal, namun ia memperoleh peran lebih menonjol dalam film seperti All About Eve kemudian Gentleman, Niagara dan Prefer Blondes dan How to marry A Millionaire.

biografi Marilyn Monroe 1

Sekarang peran film ini telah mendorong dirinya menjadi pusat perhatian global. Dia adalah seorang tokoh ikonik Hollywood glamor dan fashion. Dia adalah lambang sensualitas, keindahan dan buih dan alami fotogenik.

Pada tahun 1954, ia menikah dengan bintang baseball Joe DiMaggio, seorang teman lebih dari 2 tahun. Mereka kemudian bercerai meski tetap berteman dekat.

Dia mencoba untuk bergerak melampaui ‘blonde bom’ typecasting dan mengatur produksi filmnya sendiri. Dia dianugerahi penghargaan Golden Globe untuk perannya di ‘Some Like It Hot’

Tragisnya, ia meninggal awal dari overdosis obat-obatan pada tahun 1962 saat masih berusia 36 tahun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 3 =