Biografi Warren Buffett

Peringkat 2 orang terkaya di Amerika
Usia : 83 Tahun
Sumber Kekayaan : Berkshire Hathaway
Total Kekayaan : $58.5 B per September 2013
Residen : Omaha, NE

Biografi Warren Buffett

Warren Edward Buffett (lahir 30 Agustus 1930) adalah seorang tokoh terkemuka bisnis asal Amerika, investor, dan dermawan. Ia secara luas dianggap sebagai investor paling sukses di abad ke-20. Buffett adalah ketua CEO dan pemegang saham terbesar Berkshire Hathaway dan secara konsisten peringkat di antara orang terkaya di dunia. Dia peringkat sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2008 dan sebagai orang terkaya ke-3 di tahun 2011. Pada tahun 2012, majalah Time Amerika mengatakan Buffett salah satu orang paling berpengaruh di dunia.

Buffett disebut “Wizard of Omaha”, “Oracle of Omaha”, atau “Sage of Omaha” dan terkenal karena kepatuhan kepada nilai investasi dan pribadi yang hemat meskipun kekayaan besar sekali. Buffett juga merupakan dermawan terkenal, setelah berjanji untuk memberikan 99 persen dari kekayaannya untuk amal, dengan melalui Gates Foundation. Pada tanggal 11 April 2012, ia didiagnosis dengan kanker prostat, di mana dia berhasil menyelesaikan pengobatan pada September 2012.

Kehidupan Awal
Buffett dilahirkan pada tahun 1930 di Omaha, Nebraska, anak kedua dari tiga bersaudara dan putra satu-satunya dari Perwakilan AS Howard Buffett, pengecam keras kebijakan New Deal intervensionis dalam dan luar negeri, dan istrinya Leila (née Stahl). Laporan DNA Buffett mengungkapkan bahwa nenek dari pihak ayah berasal dari Skandinavia utara, sementara nenek dari ibu nya berasal dari Iberia (Spanyol) atau Estonia Sudah melaporkan bahwa Warren tidak berhubungan dengan Jimmy Buffett meskipun bermarga sama. Buffett memulai pendidikan di Rose Hill Elementary School di Omaha. Pada tahun 1942, ayahnya terpilih menjadi anggota pertama dari empat bagian di Kongres Amerika Serikat, dan setelah pindah dengan keluarganya ke Washington, DC, Warren menyelesaikan sekolah dasar, dihadiri Alice teman SMP-nya, dan lulus dari Woodrow Wilson High School pada tahun 1947.

Biografi Warren Buffett 1

Bahkan sebagai seorang anak, Buffett diajarkan dalam membuat dan menyimpan uang. Dia pergi dari pintu ke pintu menjual permen karet, Coca – Cola, atau majalah mingguan. Untuk sementara, dia bekerja di toko kelontong kakeknya. Saat masih di SMA ia berhasil menghasilkan uang dengan membuat surat kabar, menjual bola golf dan perangko, dan merinci mobil, dan lain-lainya. Pengajuan SPT pajak penghasilan pertamanya pada tahun 1944, Buffett mengambil $ 35 dikurangi untuk penggunaan sepeda dan menonton. Pada tahun 1945, di tahun kedua sekolah tinggi, Buffett dan teman menghabiskan $ 25 untuk membeli mesin pinball yang mereka gunakan dan ditempatkan di toko tukang cukur lokal. Dalam beberapa bulan, mereka memiliki beberapa mesin di toko-toko tukang cukur yang berbeda.

Buffett di pasar saham dan investasi juga kembali ke masa kecilnya, untuk hari-hari ia menghabiskan di lounge pelanggan dari broker saham regional di dekat kantor perusahaan bisnis ayahnya sendiri. Pada perjalanan ke New York City pada usia sepuluh tahun, ia membuat sebuah titik untuk mengunjungi New York Stock Exchange. Pada usia 11 tahun, ia membeli tiga saham Cities Service Preferred untuk dirinya sendiri, dan tiga untuk adiknya. Sementara di SMA ia diinvestasikan dalam bisnis milik ayahnya dan membeli sebuah lahan pertanian digarap oleh penyewa petani.

Buffett masuk kuliah sebagai mahasiswa baru tahun 1947 di Wharton School of University of Pennsylvania. Dia belajar di sana selama dua tahun dan bergabung dengan persaudaraan Alpha Sigma Phi. Pada tahun 1950, ketika ia memasuki tahun pertama, ia pindah ke University of Nebraska-Lincoln di mana pada usia 19, ia lulus dengan gelar Sarjana Sains dalam administrasi bisnis. Setelah selesai studi sarjana, Buffett terdaftar di Columbia Business School setelah mengetahui bahwa Benjamin Graham (penulis “The Intelligent Investor” – salah satu buku favoritnya pada investasi) dan David Dodd, dua analis terkenal, mengajar di sana. Dia memperoleh gelar Master of Science di bidang ekonomi dari Columbia tahun 1951. Buffett juga menghadiri New York Institute of Finance. Dalam kata-kata Buffett sendiri:

“Saya 15 persen Fisher dan 85 persen Benjamin Graham.
Ide dasar dari investasi adalah untuk melihat saham sebagai bisnis, menggunakan kondisi pasar untuk keuntungan Anda, dan mencari margin of safety. Itulah yang Ben Graham mengajarkan kita. Seratus tahun dari sekarang mereka masih akan menjadi pilar investasi.”

Business Leaders Meet In Sun Valley, Idaho For Allen And Co. Annual Conference

Buffett dipekerjakan dari tahun 1951-1954 di Buffett-Falk & Co, Omaha sebagai salesman investasi; 1954-1956 di Graham-Newman Corp, New York sebagai analis sekuritas, 1956-1969 di Buffett Partnership, Ltd, Omaha sebagai mitra umum, dan dari tahun 1970 – sekarang di Berkshire Hathaway Inc, Omaha sebagai Ketua, CEO.

Pada tahun 1950, pada usia 20, Buffett telah dibuat dan disimpan $ 9.800 (hampir $ 94.000 inflasi disesuaikan dengan 2.012 USD). Pada bulan April 1952, ditemukan Graham Buffett menjadi anggota dewan asuransi GEICO. Mengambil kereta di Washington, DC. Pada hari Sabtu, ia mengetuk pintu markas GEICO sampai petugas kebersihan mengizinkannya masuk, sana ia bertemu Lorimer Davidson, Vice President GEICO, dan keduanya mendiskusikan bisnis asuransi selama berjam-jam. Davidson akhirnya akan menjadi teman seumur hidup Buffett dan pengaruh yang penting dan kemudian ingat bahwa ia menemukan Buffett menjadi “orang luar biasa” setelah hanya lima belas menit. Buffett lulus dari Columbia dan ingin bekerja di Wall Street, bagaimanapun, ayahnya dan Ben Graham tidak mendesaknya. Dia menawarkan kerja kepada Graham secara gratis, tetapi Graham menolak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − 7 =