Auguste Comte : Profil & Biografi

Augsute Comte memiliki nama lengkap Isidore Auguste Marie François Xavier Comte hidup pada periode 19 January 1798 – 5 September 1857 adalah filosof Prancis yang menemukan paham positivisme.

biografi Auguste Comte

Auguste Comte benar-benar prihatin pada anarkisme yang merasuki orang-orang waktu berlangsungnya Revolusi Perancis. Oleh karenanya Comte lalu meningkatkan pandangan ilmiahnya yaitu positivisme atau filsafat sosial untuk menandingi pemikiran yang dianggap filsafat negatif serta destruktif. Positivisme mengklaim sudah membangun teori-teori ilmiah perihal orang-orang lewat penilaian serta percobaan untuk kemudian mendemonstrasikan hukum-hukum perubahan sosial. Aliran positivis yakin akan kesatuan cara ilmiah bakal dapat mengukur secara objektif tentang susunan sosial.

Untuk usahanya, Comte mengembangkan fisika sosial atau juga disebutnya untuk sosiologi. Comte berusaha supaya sosiologi mengikuti jenis pengetahuan alam supaya motivasi manusia betul-betul bisa dipelajari sama seperti fisika atau kimia. Pengetahuan baru ini pada akhirnya jadi pengetahuan menguasai yang pelajari statika sosial (susunan sosial) serta dinamika sosial (pergantian sosial).

profil Auguste Comte

Comte yakin bahwasanya pendekatan ilmiah untuk mengerti orang-orang dapat membawa pada perkembangan kehidupan sosial yang lebih baik. Ini didasari pada gagasannya perihal Teori Tiga Step Perubahan Orang-orang, yakni bahwasanya orang-orang berkembang dengan cara evolusioner dari step teologis (yakin pada kemampuan dewa), lewat tahap metafisik (yakin pada kemampuan abstrak), sampai tahap positivistik (yakin pada pengetahuan sains).

Pandangan evolusioner ini mengasumsikan bahwasanya orang-orang, seperti organisme, berkembang dari simpel jadi rumit. Karena, lewat sosiologi diharapkan dapat mempercepat positivisme yang membawa ketertiban pada kehidupan sosial.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

11 − 10 =