Biografi Lengkap Adolf Hitler

Adolf Hitler dikenal sebagai salah satu manusia paling kejam yang pernah ada di muka Bumi dengan propaganda Nazi miliknya. Pria berkebangsaan Jerman ini cukup fenomenal pada masanya dan dikenang hingga sekarang atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukannya dengan sadis dan tanpa pandang bulu.

Biografi Lengkap Adolf Hitler 2

Biografi Adolf Hitler
Lahir 20 April 1889
Braunau am Inn, Austria-Hongaria
Meninggal 30 April 1945 (umur 56)
Berlin, Jerman
Kebangsaan
Warga negara Austria sampai 7 April 1925[1]
Warga negara Jerman sampai 25 Februari 1932

Partai politik  : Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional (1921–1945)
Afiliasi politik : Partai Pekerja Jerman (1920–1921)
Istri  : Eva Braun (29–30 April 1945)
Pekerjaan : Politikus, tentara, seniman, penulis

Adolf Hitler dilahirkan di Austria-Hongaria pada tanggal 20 April 1889. Ia adalah seorang politisi Jerman dan ketua Partai Nazi (bahasa Jerman: Nationalsozialistische Deutsche Arbeiterpartei (NSDAP); Partai Pekerja Jerman Sosialis Nasional). Hitler menjabat sebagai Kanselir Jerman sejak 1933 sampai 1945 dan diktator Jerman Nazi (bergelar Führer und Reichskanzler) mulai tahun 1934 sampai 1945. Hitler menjadi tokoh utama Jerman Nazi, Perang Dunia II di Eropa, dan Holocaust.

Awal Kehidupan Hitler
Adolf merupakan anak ke empat dari enam bersaudara dari pasangan Alois Hitler serta Klara Pölzl (1860–1907). Abang serta kakak Hitler – Gustav, Ida, serta Otto – wafat saat masih bayi. Kala Hitler berumur tiga th., keluarga mereka pindah ke Passau, Jerman. Disana ia mendalami dialek Bayern Hilir, bukannya bhs Jerman Austria, sebagai ciri khas style bicaranya seumur hidup. Tahun 1894, keluarga mereka pindah lagi ke Leonding (dekat Linz), dan pada Juni 1895, Alois menetap di suatu tempat kecil di Hafeld, dekat Lambach, tempat ia bertani serta beternak lebah. Adolf bersekolah di kota tetangga, Fischlham. Hitler mulai sukai mempelajari perang sesudah temukan buku bergambar perihal Perang Perancis-Prusia punya ayahnya.

Biografi Lengkap Adolf Hitler 1Hitler terobsesi dengan nasionalisme Jerman sejak masih muda. Ia tunjukkan kesetiaannya pada Jerman, membenci monarki Habsburg yang makin kacau serta pemerintahannya di kekaisaran yang dihuni beragam etnis. Hitler serta rekan-rekannya menggunakan kata sambutan Jerman “Heil”, serta menyanyikan lagu kebangsaan Jerman “Deutschland Über Alles” bukannya lagu kebangsaan Kekaisaran Austria.

Sesudah kematian mendadak Alois tanggal 3 Januari 1903, prestasi Hitler di sekolah memburuk. Ibunya mengizinkan Hitler berhenti sekolah pada musim gugur 1905. Ia bersekolah di Realschule di Steyr pada September 1904 ; tingkah laku serta prestasinya membaik. Pada musim gugur 1905, sesudah lulus ujian susulan serta ujian akhir, Hitler berhenti sekolah tanpa hasrat apa pun untuk meneruskan sekolah atau membina karir.

Hitler & Kejahatan Perangnya
Di bawah kepemimpinan Hitler, partai Nazi dengan kecepatan luar biasa menjadi suatu kekuatan dan di bulan Nopember 1923 percobaan kupnya gagal. Kup itu terkenal dengan sebutan “The Munich Beer Hall Putsch.” Hitler ditangkap, dituduh pengkhianat, dan terbukti bersalah. Tetapi, dia dikeluarkan dari penjara sesudah mendekam di sana kurang dari setahun.

Biografi Lengkap Adolf HitlerDi tahun 1928 partai Nazi masih merupakan partai kecil. Tetapi, depressi besar-besaran membikin rakyat tidak puas dengan partai-partai politik yang besar dan sudah mapan. Dalam keadaan seperti ini partai Nazi menjadi semakin kuat, dan di bulan Januari 1933, tatkala umurnya empat puluh empat tahun, Hitler menjadi Kanselir Jerman.

Dengan jabatan itu, Hitler dengan cepat dan cekatan membentuk kediktatoran dengan menggunakan aparat pemerintah melabrak semua golongan oposisi. Perlu dicamkan, proses ini bukanlah lewat erosi kebebasan sipil dan hak-hak pertahankan diri terhadap tuduhan-tuduhan kriminal, tetapi digarap dengan sabetan kilat dan sering sekali partai Nazi tidak ambil pusing dengan prosedur pengajuan di pengadilan samasekali. Banyak lawan-lawan politik digebuki, bahkan dibunuh langsung di tempat. Meski begitu, sebelum pecah Perang Dunia ke-2, Hitler meraih dukungan sebagian terbesar penduduk Jerman karena dia berhasil menekan jumlah pengangguran dan melakukan perbaikan-perbaikan ekonomi.

Hitler kemudian merancang jalan menuju penaklukan-penaklukan yang ujung-ujungnya membawa dunia ke kancah Perang Dunia ke-2. Dia merebut daerah pertamanya praktis tanpa lewat peperangan samasekali. Inggris dan Perancis terkepung oleh pelbagai macam kesulitan ekonomi, karena itu begitu menginginkan perdamaian sehingga mereka tidak ambil pusing tatkala Hitler mengkhianati Persetujuan Versailles dengan cara membangun Angkatan Bersenjata Jerman. Begitu pula mereka tidak ambil peduli tatkala Hitler menduduki dan memperkokoh benteng di Rhineland (1936), dan demikian juga ketika Hitler mencaplok Austria (Maret 1938). Bahkan mereka terima sambil manggut-manggut ketika Hitler mencaplok Sudetenland, benteng pertahanan perbatasan Cekoslowakia. Persetujuan internasional yang dikenal dengan sebutan “Pakta Munich” yang oleh Inggris dan Perancis diharapkan sebagai hasil pembelian “Perdamaian sepanjang masa” dibiarkan terinjak-injak dan mereka bengong ketika Hitler merampas sebagian Cekoslowakia beberapa bulan kemudian karena Cekoslowakia samasekali tak berdaya. Pada tiap tahap, Hitler dengan cerdik menggabung argumen membenarkan tindakannya dengan ancaman bahwa dia akan perang apabila hasratnya dianggap sepi, dan pada tiap tahap negara-negara demokrasi merasa gentar dan mundur melemah.

Tetapi, Inggris dan Perancis berketetapan hati mempertahankan Polandia, sasaran Hitler berikutnya. Pertama Hitler melindungi dirinya dengan jalan penandatangan pakta “Tidak saling menyerang” bulan Agustus 1939 dengan Stalin (hakekatnya perjanjian itu perjanjian agresi karena keduanya bersepakat bagaimana membagi dua Polandia buat kepentingan masing-masing). Sembilan hari kemudian, Jerman menyerang Polandia dan enam belas hari sesudah itu Uni Soviet berbuat serupa. Meskipun Inggris dan Perancis mengumumkan perang terhadap Jerman, Polandia segera dapat ditaklukkan.

Biografi Lengkap Adolf Hitler 3

Tahun puncak kehebatan Hitler adalah tahun 1940. Bulan April, Angkatan Bersenjatanya melabrak Denmark dan Norwegia. Bulan Mei, dia menerjang Negeri Belanda, Belgia, dan Luxemburg. Bulan Juni, Perancis tekuk lutut. Tetapi pada tahun itu pula Inggris bertahan mati-matian terhadap serangan udara Jerman-terkenal dengan julukan “Battle of Britain” dan Hitler tak pernah sanggup menginjakkan kaki di bumi Inggris.

Pasukan Jerman menaklukkan Yunani dan Yugoslavia di bulan April 1941. Dan di bulan Juni tahun itu pula Hitler merobek-robek “Perjanjian tidak saling menyerang” dengan Uni Soviet dan membuka penyerbuan. Angkatan Bersenjata Jerman dapat menduduki bagian yang amat luas wilayah Rusia tetapi tak mampu melumpuhkannya secara total sebelum musim dingin. Meski bertempur lawan Inggris dan Rusia, tak tanggung-tanggung Hitler memaklumkan perang dengan Amerika Serikat bulan Desember 1941 dan beberapa hari kemudian Jepang melabrak Amerika Serikat, mengobrak-abrik pangkalan Angkatan Lautnya di Pearl Harbor.

Di pertengahan tahun 1942 Jerman sudah menguasai bagian terbesar wilayah Eropa yang tak pernah sanggup dilakukan oleh siapa pun dalam sejarah. Tambahan pula, dia menguasai Afrika Utara. Titik balik peperangan terjadi pada parohan kedua tahun 1942 tatkala Jerman dikalahkan dalam pertempuran rumit di El-Alamein di Mesir dan Stalingrad di Rusia. Sesudah kemunduran ini, nasib baik yang tadinya memayungi tentara Jerman angsur-berangsur secara tetap meninggalkannya. Tetapi, kendati kekalahan Jerman tampaknya tak terelakkan lagi, Hitler menolak menyerah. Bukannya dia semakin takut, malahan meneruskan penggasakan selama lebih dari dua tahun sesudah Stalingrad. Ujung cerita yang pahit terjadi pada musim semi tahun 1945. Hitler bunuh diri di Berlin tanggal 30 April dan tujuh hari sesudah itu Jerman menyerah kalah.

Selama masa berkuasa, Hitler terlibat dalam tindakan pembunuhan massal yang tak ada tolok tandingannya dalam sejarah. Dia seorang rasialis yang fanatik, spesial terhadap orang Yahudi yang dilakukannya dengan penuh benci meletup-letup. Secara terbuka dia mengumumkan bunuh tiap orang Yahudi di dunia. Di masa pemerintahannya, Nazi membangun kampkamp pengasingan besar, dilengkapi dengan kamar gas. Di tiap daerah yang menjadi wilayah kekuasaannya, orang-orang tak bersalah, lelaki dan perempuan serta anak-anak digiring dan dijebloskan ke dalam gerbong ternak untuk selanjutnya dicabut nyawanya di kamar-kamar gas. Dalam jangka waktu hanya beberapa tahun saja sekitar 6.000.000 Yahudi dipulangkan ke alam baka.

Kematian Hitler
Pada 23 April, Angkatan Darat Merah mengepung semua Berlin serta Goebbels membuat pernyataan yang meminta warga kota turut menjaga Berlin. Pada hari itu juga, Göring berkirim telegram dari Berchtesgaden yang memuat pendapat bahwasanya dikarenakan Hitler terisolasi di Berlin, ia, Göring, mesti menggantikan pemerintahan Jerman. Göring mengambil keputusan batas waktu, lewat dari itu ia berasumsi Hitler tak berkuasa lagi. Hitler menanggapinya dengan menahan Göring serta dalam surat wasiatnya yang ditulis 29 April, Hitler menyebutkan Göring dipecat dari semua jabatan pemerintahan yang dipegangnya. Tanggal 28 April, Hitler tahu bahwasanya Himmler, yang meninggalkan Berlin tanggal 20 April, tengah coba mengulas penyerahan diri dengan Sekutu Barat. Ia memerintahkan Himmler ditahan serta Hermann Fegelein (perwakilan SS Himmler di kantor pusat Hitler di Berlin) dieksekusi.

Sesudah tengah malam 29 April, Hitler menikah dengan Eva Braun dalam suatu upacara pernikahan kecil di ruangan peta di Führerbunker. Sesudah sarapan sederhana berbarengan istri barunya, ia membawa sekretaris Traudl Junge ke ruang lain serta mendiktekan wasiat serta kalimat paling akhir. Momen ini disaksikan serta dokumennya di tandatangani oleh Hans Krebs, Wilhelm Burgdorf, Joseph Goebbels, serta Martin Bormann. Sore itu, Hitler diberitahu perihal pembunuhan diktator Italia Benito Mussolini, yang barangkali mempertegas hasratnya untuk menolak di tangkap.

Tanggal 30 April 1945, sesudah pertempuran jalanan yang sengit, saat tentara Soviet ada satu atau dua blok dari Reichskanzlei, Hitler serta Braun bunuh diri ; Braun menggigit kapsul sianida dan Hitler menembak dianya. Jasad mereka dibawa naik lewat pintu keluar darurat bunker ke kebun belakang Reichskanzlei yang telah hancur, lalu diletakkan di suatu kawah bom serta disiram bensin. Ke-2 jasad lalu dibakar diiringi situasi pengeboman oleh Angkatan Darat Merah.

Berlin menyerah pada tanggal 2 Mei. Catatan arsip Soviet—dirilis sesudah jatuhnya Uni Soviet—memperlihatkan bahwasanya sisa-sisa jenazah Hitler, Braun, Joseph serta Magda Goebbels, enam anak Goebbels, Jenderal Hans Krebs, serta anjing-anjing Hitler berulang-kali dikubur serta diangkat. Pada tanggal 4 April 1970, suatu tim KGB Soviet menggunakan peta pemakaman terinci untuk mengangkat lima kotak kayu di sarana SMERSH di Magdeburg. Sisa-sisa jenazah dari kotak itu dibakar, dihancurkan, serta disebarkan di sungai Biederitz, anak sungai Elbe.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ten + eight =