Profil & Biografi Robin Williams

Robin McLaurin Williams atau Robin Williams merupakan aktor dan komedian Amerika Serikat yang cukup berpengaruh dengan puluhan judul film yang menginspirasi jutaan orang di seluruh dunia. Robin juga merupakan salah satu aktor peraih piala Oscar, menandakan kedalaman seni peran yang ia lakoni selama berpuluh tahun.

Profil & Biografi Robin Williams

Profil Robin Williams
Nama Lengkap : Robin McLaurin Williams
Tempat Tanggal Lahir : Chicago, July 21, 1951
Nationality : American
Pasangan :
– Valerie Velardi (m. 1978–88)
– Marsha Garces Williams (m. 1989–2008)
– Susan Schneider (m. 2011–14)
Anak : 3

Awal Kehidupan
Robin Williams lahir di Chicago dari orangtua Laura McLaurin seorang model asal New Orleans dan Robert Fitzgerald Williams. Pada tahun 1973, Robin merupakan salah satu dari 20 pelajar yang terpilih untuk masuk ke freshman class di Juilliard. Disana ia banyak belajar dialek dan sama sekali tidak kesulitan untuk menguasainya. Robin meninggalkan Juilliard pada tahun 1976.

Karir Keartisan
Robin Williams memulai karir dari televisi dengan berbagai peran dalam serial Happy Days sebagai Mork. Peran ini cukup populer kala itu sehingga akhirnya menghasilkan serial TV baru berjudul Mork & Mindy.

Profil & Biografi Robin Williams 1

Pada akhir 1970, Robin mulai memperluas pasar penontonnya dengan stand-up comedy melalui beragam acara, meliputi ‘Off The Wall’ (1978), ‘An Evening with Robin Williams’ (1982), and ‘Robin Williams: Live at the Met’ (1986).

Robin mulai dikenal secara global ketika ia bermain film. Beberapa judul film melambungkan namanya di jagad Hollywood. Ia dikenal mahir memainkan peran-peran yang tidak biasa. Beberapa judul film yang menjadi legenda antara lain ‘Dead Poet Society’, ‘Good Will Hunting’ dan lain sebagainya.

Robin & Masalah Kecanduan
Meski bergelimang popularitas dan kerap dijadikan inspirasi oleh penggemarnya, Robin Williams ternyata memiliki masalah pada ketergantungannya kepada narkotika. Ia memiliki ketergantungan kepada Kokain dan alhokol.

Setelah sempat dikabarkan berhenti, Robin mulai kecanduan alkohol kembali pada tahun 2003. Pada tahun 2006, Robin melalukan tes kesehatan di pusat rehabilitasi karena gangguan kecanduan alkohol yang dialaminya.

Kematian Robin Williams
Pada tanggal 11 Agustus 2014, Robin Williams ditemukan dalam keadaan tak bernyawa di rumahnya di California. Kematian tersebut diduga karena Robin melakukan bunuh diri. Asphyxia atau kekurangan oksigen disinyalir sebagai penyebab kematiannya. Robin diperkirakan melakukan bunuh diri karena depresi dan gangguan kejiwaan bipolar yang dialaminya bertahun-tahun.

Filmografi
Lihat disini

Discography
Reality…What a Concept (1979)
Throbbing Python of Love (1983)
A Night at the Met (1986)
Pecos Bill (1988)
Live 2002 (2002)
Weapons of Self Destruction (2010)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 × 1 =