Profil & Biografi Mark Zuckerberg

Loading...

Peringkat 24 orang terkaya di Amerika
Usia : 29 tahun
Sumber Kekayaan : Facebook
Total Kekayaan : $19 B per of September
Residen : Palo Alto, CA

profil Mark Zuckerberg

Mark Elliot Zuckerberg (lahir 14 Mei 1984) adalah seorang programmer komputer Amerika dan pengusaha internet. Ia dikenal sebagai salah satu dari lima pendiri situs jejaring sosial Facebook. Pada April 2013, Zuckerberg adalah ketua dan kepala eksekutif dari Facebook, Inc. Dan pada September 2013 kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai US $ 19 miliar.

Bersama dengan teman sekamar kuliahnya dan sesama mahasiswa Harvard University, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz dan Chris Hughes, Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard. Kelompok ini kemudian memperkenalkan Facebook ke kampus lain secara nasional dan pindah ke Palo Alto, California, Amerika Serikat (AS) tak lama kemudian. Pada tahun 2007, pada usia 23 tahun, Zuckerberg menjadi miliarder dari Facebook dan jumlah pengguna Facebook di seluruh dunia mencapai total satu miliar pada tahun 2012. Zuckerberg terlibat dalam berbagai sengketa hukum yang telah dimulai oleh orang lain dalam kelompok, yang mengaku bagian dari perusahaan yang berbasis pada keterlibatan mereka dalam tahap pengembangan dari Facebook.

profil Mark Zuckerberg 1

Sejak 2010, majalah Time telah memasukkan Zuckerberg sebagai 100 orang terkaya dan paling berpengaruh di dunia. Pada tahun 2011, Zuckerberg menduduki peringkat pertama pada daftar “Paling Berpengaruh terhadap Yahudi di Dunia” oleh The Jerusalem Post. Zuckerberg dimainkan oleh aktor Jesse Eisenberg dalam film berjudul The Social Network, yang dibuat dari kisah Facebook.

Kehidupan Awal
Zuckerberg lahir tahun 1984 di White Plains, New York. Dia adalah putra dari Karen (née Kempner), psikiater, dan Edward Zuckerberg, seorang dokter gigi. Ia dan tiga saudara perempuannya, Randi, Donna, dan Arielle, dibesarkan di Dobbs Ferry, New York.

profil Mark Zuckerberg 2

Zuckerberg mulai menggunakan komputer dan menulis perangkat lunak di sekolah menengah. Ayahnya mengajarinya Atari BASIC Programming pada 1990-an, dan membayar David Newman untuk mengajarinya secara privat. Newman menyebut dia seorang “anak ajaib”. Zuckerberg mengambil program sarjana di Mercy College di dekat rumahnya saat masih di sekolah tinggi. Dia menikmati mengembangkan program komputer, terutama alat komunikasi dan permainan. Dalam salah satu program tersebut, karena praktek gigi ayahnya dioperasikan dari rumah mereka, ia membangun sebuah program perangkat lunak yang disebut “ZuckNet” yang memungkinkan semua komputer antara rumah dan kantor gigi untuk berkomunikasi satu sama lain. Hal ini dianggap sebagai versi “primitif” dari AOL Instant Messenger, yang keluar pada tahun berikutnya.

Selama bertahun-tahun di sekolah tinggi, Zuckerberg, di bawah nama perusahaan Smart Media Group, ia membangun sebuah pemutar musik bernama Synapse Media Player yang menggunakan mesin belajar untuk belajar kebiasaan pengguna mendengarkan, yang telah diposting ke Slashdot dan menerima peringkat 3 dari 5 dari PC Magazine. Microsoft dan AOL mencoba untuk membeli Synapse dan merekrut Zuckerberg, tapi ia malah memilih untuk mendaftar di Harvard pada bulan September 2002.

Zuckerberg & Facebook
Pada bulan Januari 2004, Zuckerberg mulai menulis kode untuk sebuah website baru. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg meluncurkan ” Thefacebook “, awalnya terletak di thefacebook.com.

profil Mark Zuckerberg 3

Enam hari setelah situs diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja menyesatkan mereka menjadi percaya ia akan membantu mereka membangun jaringan sosial yang disebut HarvardConnection.com, sementara ia malah menggunakan ide-ide mereka untuk membangun produk pesaing. Tiga keluhan kepada Harvard Crimson, dan surat kabar mulai melakukan investigasi. Ketiganya kemudian mengajukan gugatan terhadap Zuckerberg.

Zuckerberg keluar dari Harvard di tahun kedua untuk menyelesaikan proyeknya. Zuckerberg meluncurkan Facebook dari kamar asrama Harvard pada tanggal 4 Februari 2004. Setelah di perguruan tinggi, Zuckerberg memutuskan untuk menyebarkan Facebook ke sekolah lain, dengan bantuan dari teman sekamarnya Dustin Moskovitz. Mereka mulai dengan Stanford, Dartmouth, Columbia, New York University, Cornell, Penn, Brown dan Yale. Samyr Laine.

Zuckerberg pindah ke Palo Alto, California, dengan Moskovitz dan beberapa teman. Mereka menyewa sebuah rumah kecil yang berfungsi sebagai kantor. Selama musim panas, Zuckerberg bertemu Peter Thiel yang berinvestasi dalam perusahaan. Mereka mendapat kantor pertama di pertengahan tahun 2004. Menurut Zuckerberg, kelompok berencana untuk kembali ke Harvard tetapi akhirnya memutuskan untuk tetap di California.

Pada tanggal 1 Oktober 2012, Zuckerberg mengunjungi Perdana Menteri Rusia Dmitry Medvedev di Moskow untuk merangsang inovasi media sosial di Rusia dan untuk meningkatkan posisi Facebook di pasar Rusia. Menteri komunikasi Rusia mentwit bahwa Perdana Menteri Dmitry Medvedev mendesak pendiri raksasa media sosial untuk meninggalkan rencana untuk memikat programmer Rusia dan bukannya mempertimbangkan membuka sebuah pusat penelitian di Moskow. Pada 2012, Facebook memiliki sekitar 9 juta pengguna di Rusia, sementara klon domestik VK memiliki sekitar 34 juta.

Pada tanggal 24 Mei 2007, Zuckerberg mengumumkan Facebook Platform, sebuah platform pengembangan untuk para pemrogram untuk membuat aplikasi sosial dalam Facebook. Dalam beberapa minggu, banyak aplikasi yang telah dibangun dan beberapa sudah memiliki jutaan pengguna. Ini berkembang menjadi lebih dari 800.000 pengembang di seluruh dunia untuk membangun aplikasi Facebook Platform.

Pada tanggal 6 November 2007, Zuckerberg mengumumkan Beacon, sebuah sistem periklanan sosial yang memungkinkan orang untuk berbagi informasi dengan teman-teman Facebook mereka berdasarkan kegiatan browsing mereka di situs lain. Pada tanggal 23 Juli 2008, Zuckerberg mengumumkan Facebook Connect, sebuah versi dari Facebook Platform untuk pengguna.
Internet.org

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 1 =