Profil & Biografi Goenawan Mohamad

Goenawan Mohamad atau GM merupakan salah satu ikon jurnalistik di Indonesia. Wartawan dan penulis yang terkenal dengan ‘Catatan Pinggir’ ini merupakan sosok brilian yang punya sentuhan estetik yang tinggi dalam setiap tulisannya. GM juga terkenal memiliki pemikiran yang liberal meski humanis.

profil Goenawan Mohamad

GM lahir di sebuah dusun nelayan di daerah kebudayaan Jawa, di Karangasem, Batang, Jawa Tengah pada 29 Juli 1941. Ia suka mendengarkan siaran puisi di RRI. Juga sempat menerjemahkan puisi karya penyair wanita Amerika, Emily Dickinson. Pendidikan formal ia lalui di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, walaupun tidak selesai.

Sang penyair muda ini adalah sosok intelektual muda yang selalu gelisah menjelang keruntuhan Orde Lama. Ia pun turut dalam perumusan Manifes Kebudayaan, yang pada zaman kekuasaan Soekarno sering diejek sebagai “Manikebu”.

profil Goenawan Mohamad 1

Setelah Orde Lama tumbang ia menuntut ilmu ke College of Europe, Belgia. Pulang dari sana ia langsung menggebrak dengan menjadi redaktur harian Kammi (1969-1970), turut mendirikan majalah Ekspress (1970-1971), dan kemudian Tempo (1971-1994). Di majalah inilah ia menulis Catatan Pinggir, sebuah rubrik yang bisa dikatakan sebagai semacam komentar, gumaman, atau semacam marginalia: atau catatan-catatan yang ditorehkan di tepi halaman buku yang sedang dibaca.

GM juga menulis puisi. Karyanya antara lain Parikesit (1969) dan Interlude (1971). GM mengubah haluannya tatkala Tempo akhirnya dibredel. Kendati majalah yang dipimpinnya sejak 1971 lahir kembali pada 1998, GM memutuskan lengser dari kursi pemimpin redaksi. la memilih berkutat dalam komunitas budaya di Teater Utan Kayu. Selain itu, ia juga sibuk dengan lahan barunya, Radio Berita 68 H yang dioperasikan ISAI (Institut Studi Arus lnformasi).

profil Goenawan Mohamad 2

Belakangan, GM juga dikenal atas dukungannya yang lugas kepada calon presiden Joko Widodo. Beberapa pihak bahkan menyatakan bahwa GM berada dibalik layar pencitraan Jokowi, seperti yang kerap dituduhkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 3 =