Profil & Biografi Chris John

Loading...

Chris John merupakan petinju professional Indonesia yang cukup fenomenal. Kehadirannya seolah memberikan angin segar dan rasa dahaga publik tanah air akan atlit tinju nasional yang tak kalah bersaing dengan negara lain. Petinju dengan nama asli Yohannes Christian John ini berhasil membuktikannya.

Profil & Biografi Chris John

Profil Chris John
Nama Lengkap : Yohannes Christian John N
Nama julukan : The Dragon, The Indonesian Thin Man
Tempat Tanggal Lahir : Jakarta, 14 September 1979
Pekerjaan : Petinju
Pelatih : Craig Christian
Sasana : Harrys Gym, Perth, Australia
Debut : 6 April 1998
Istri : Anna Maria Megawati
Anak : Maria Luna Ferisha dan Maria Rosa Christiani

Awalnya
Chris John merupakan putra kedua dari empat bersaudara dari pasangan Johan Tjahjadi(alias Tjia Foek Sem) dan Maria Warsini. Ia dan keluarganya kemudian hijrah dari Jakarta ke Banjarnegara, Jawa Tengah. Pada tahun 1988, Chris John terjun ke dunia tinju profesional, dalam debut melawan Firman Kanda. Saat itu Chris John menang angka dalam pertandingan 6 ronde.

Profil & Biografi Chris John 1

Dia merupakan seorang petinju berkebangsaan Indonesia dantelah berhasil meraih gelar juara dunia, setelah Ellyas Pical dan Nico Thomas.

Karir Profesional
Meraih gelar juara kelas bulu WBA: Pada 26 September 2003 tepatnya di bali, ChrisJohn berkesempatan menantang Oscar Leon dari Kolombia, Chris John menang angka tipis (split decision) dalam pertandingan 12 ronde tersebut, dan dinyatakan berhak menyandang gelar juara dunia WBA sementara (interim title). Pada tanggal 4 Juni 2004, Chris John berhasil mengalahkan lawannya Osamu Sato (Jepang) di Ariake Colliseum, Tokyo, Jepang.

Pada tanggal 3 Desember 2004, Chris John berhasil mempertahankan gelar melawan petinju kidal Jose Cheo Rojas (Venezuela) di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Pada tanggal 22 April 2005, Chris John berhasil mengalahkan mantan jawara kelas bulu WBA, Derrick Gainer dari Amerika Serikat.

Pada tanggal 7 Agustus 2005, Chris John menang TKO ronde 10 melawan Tommy Browne di Penrith, Australia. Chris John berhasil menang saat melawan Juan Manuel Marquez dari Meksiko yang merupakan raja kelas bulu WBA dan IBF yang sangat ditakuti karena ketajaman pukulannya.

Profil & Biografi Chris John 2

Tanggal 9 September 2006, Chris John berhadapan dengan Renan Acosta dari Panama di GOR Soemantri Brodjonegoro, Kuningan, Jakarta dan berhasil mempertahankan gelar juara dunia. Pada tanggal 3 Maret 2007 Sang Naga berhasil menuntaskan rasa penasarannya atas satu-satunya lawan yang berhasil menahan seri, yakni Jose Cheo Rojas.

Tanggal 19 Agustus 2007 Chris John kembali mempertahankan gelarnya. Bertanding di Kobe Fashion Mart, Pulau Rokko, Kobe, Jepang, ia berhasil mengalahkan penantangnya, Zaiki Takemoto dengan TKO di ronde kesepuluh. 26 Januari 2008, Chris John Menang melawan Roinet Caballero di Jakarta, Indonesia. Menang melawan Hiroyuki Enoki di Korakuen Hall, Tokyo, Jepang, Jumat 24 Oktober 2008.

Seri melawan Ricardo Rocky Juarez pada tanggal 28 Februari 2009 di Houston, Texas,Amerika Serikat. Pada 19 September 2009, Menang melawan Ricardo Rocky Juarez di MGM Grand, Las Vegas, Nevada, AS. Pada Minggu, 5 Desember 2010 Chris John Menang melawan Fernando David Saucedodi Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Indonesia. Tanggal 18 April 2011, Chris John berhasil menaklukkan Daud Yordan dan sukses mempertahankan gelar juara dunia tinju kelas bulu versi World Boxing Association yang ke-15. Bravo!

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twelve − 2 =