Profil & Biografi Rudy Hartono

Seluruh orang Indonesia pasti kenal dengan olahragawan Rudy Hartono. Pebulutangkis nasional satu ini memang telah menyihir orang yang menyaksikannya bertanding. Berbgaai macam gelar diraihnya untuk mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Profil & Biografi Rudy Hartono 1

Lahir di Surabaya, pada 18 Agustus 1949 dengan nama Nio Hap Liang. Ayahnya, Kurniawan, adalah pemilik klub bulu tangkis Suryanaga, Surabaya. Dalam usia 15 tahun, Rudy sudah menjuarai Kejuaraan Nasional Yunior. Ayunan tangannya yang menggenggam raket seperti gerakan jagoan kungfu. Kelebatan tangannya itulah yang mempesona para pendukungnya. Hingga tahun 1976, arena bulutangkis sejagat adalah milik Rudy.

Medali emas pertama untuk Indonesia di arena Olympiade di cabang bulutangkis, memang bukan milik Rudy Hartono. Namun, Rudy memberi pengaruh besar untuk mendongkrak popularitas bulutangkis di tanah air, sehingga memungkinkan dilaksanakannya metode pembinaan berjenjang yang kini menghasilkan generasi emas Olympiade.

Rudy Hartono

Kemenangan Rudy Hartono di atas lapangan bulutangkis sempat menggeser popularitas sepakbola di masyarakat Indonesia. Bermula pada 1968, saat berumur 18 tahun, untuk pertama kalinya Rudy merebut gelar juara All England di Gedung Empire Pool, London. Ia adalah satu-satunya orang yang berhasil delapan kali menjadi juara All England, tujuh di antaranya berturut-turut (1968-1974).

Kalau saja saat itu bulutangkis sudah dipertandingkan di Olympiade, tak sulit baginya untuk meraih medali emas bagi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × four =