Biografi Lengkap Dewa 19

Loading...

Walau di kenal juga sebagai grup band yang kerap bertukar personil, Dewa terus dapat bertahan di blantika musik Indonesia hingga beberapa tahun lalu sebelum akhirnya vakum karena kesibukan masing-masing personilnya.

Biografi Lengkap Dewa 19

Memulai karirnya, Dewa yang pada awal mulanya tenar dengan nama Dewa 19 terdiri dari Dhani, Erwin, Wawan serta Andra. Jebolan SMP 6 Surabaya ini benar-benar sangat gandrung dengan musik serta mulai main musik tahun 1985. Kerap mengikuti festival serta memiliki prestasi lumayan. Persahabatan mereka terus berlanjut hingga SMA serta berjumpa dengan Ari Lasso. Dengan vokal yang tinggi, pembawaan bagus dan serasi dengan visi musik mereka, pada akhirnya terbentuklah grup band Down Beat, cikal bakal Dewa. Awalnya mereka membawakan lagu-lagu berirama jazz, termasuk juga Air Supply. Penghargaan yang mereka capai saat itu, Juara I Festival Band SLTA se-Jatim, Juara III Festival Band Antar Frekuensi, Best Bass Player Festival Band Antar Frekuensi serta masih banyak lagi. Tahun 1991 mereka masuk rekaman dengan musik beraliran pop rock serta berganti nama Dewa, paduan huruf depan beberapa personil.

Album perdana mereka keluar dengan judul 19, yang mengingatkan seluruh personil mereka usianya 19 tahun. Lagu Kangen yang romantis serta melankolis menyentakkan perhatian publik pengagum musik. Judul 19 yang disalah tafsirkan pengagum Dewa pada akhirnya menyebut mereka Dewa 19.

Dewa tak pernah mempunyai drummer tetap, nyaris seluruhnya bersifat temporer dengan kata lain additional. Beberapa drummer yang pernah menemani Dewa : Wawan salah satu pendiri Dewa yang menurut mereka paling tahu keinginan grup ini. Lantaran aktivitas studi, Wawan akhirnya mengundurkan diri. Ia cuma pernah bergabung di Album 19. Posisinya digantikan oleh Rere, drummer yang diambil dari Grass Rock. Terlibat dalam 3 pembuatan album Dewa yaitu Dewa 19 (1992), Format Masa Depan (1994) serta Terbaik-Terbaik (1995). Setelah itu digantikan oleh Ronald yang permainan drumnya bagus dan kemudian Wong Akhsan.

Tahun 1997 Dewa meluncurkan Pandawa Lima serta 5 video klip dari hits-hits lagu mereka. The Best Of Dewa 19 yang disebut gabungan dari hits-hits Dewa laris terjual 400 – 500 ribu kaset. Dewa juga menyabet penghargaan bergengsi seperti : The Coolest Song Clear Top 10 Award (Agustus 2000) ; Double Platinum serta Triple Platinum atas penjualan kaset sebanyak 400 – 500 ribu kopi.

Ketika ditinggalkan Ari Lasso (vokalis) serta Wong Akhsan (drummer) Dewa terpaksa vakum untuk sementara saat. Tetapi Dhani serta Andra terus berkiprah bahkan memperoleh penghargaan Moonman (MTV Southeast Asia Viewer’s Choice Award 2000) melalui Kuldesak. Mereka sukses menyaingi video musik Evening News dari Lo (Malaysia), (Awit Para) Sa Kanya dari Truefaith (Philipina) serta Pee Fa Party dari Bazoo (Thailand).

Posisi Ari Lasso pada akhirnya diganti Elfonda Mekel (Once) yang sebelumnya main di Band Sriwijaya. Sedang posisi Wong Akhsan digantikan oleh Setyo Nugroho (Tyo Nugros) yang pernah main di Band Getah. Erwin yang sempat berstatus additional player lantaran dipecat atas kaitannya dengan drug kembali digaet Dewa di awal tahun 2000.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − one =