Profil & Biografi Susi Pudjiastuti

Loading...

Susi Pudjiastuti merupakan salah satu mentri kabinet kerja presiden Jokowi yang mendapat perhatian cukup besar dari masyarakat karena aksi dan latar belakangnya yang cukup fenomenal. Pada posting kali ini kita akan mengulas profil lengkap mentri Susi Pudjiastuti beserta biografinya.

B

Susi Pudjiastuti (lahir di Pangandaran, 15 Januari 1965 ; usia 49 th.) merupakan Menteri Kelautan dan Perikanan dari Kabinet Kerja 2014-2019 yang juga entrepreneur yang memiliki dan Presdir PT ASI Pudjiastuti Marine Product, eksportir hasil-hasil perikanan serta PT ASI Pudjiastuti Aviation atau penerbangan Susi Air dari Jawa Barat. Sampai awal th. 2012, Susi Air mengoperasikan 50 pesawat dengan beragam jenis seperti 32 Cessna Grand Caravan, 9 Pilatus PC-6 Porter serta 3 Piaggio P180 Avanti. Susi Air mempekerjakan 180 pilot, dengan 175 di antaranya adalah pilot asing. Th. 2012 Susi Air terima pendapatan Rp300 miliar serta melayani 200 penerbangan perintis.

Susi menerima berbagai penghargaan antara lain:
Pelopor Wisata dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat tahun 2004
Young Entrepreneur of the Year dari Ernst and Young Indonesia tahun 2005
Primaniyarta Award for Best Small & Medium Enterprise Exporter 2005 dari Presiden Republik Indonesia. Tahun 2006
Metro TV Award for Economics-2006,
Inspiring Woman 2005 dan Eagle Award 2006 dari Metro TV, Indonesia
Berprestasi Award dari PT Exelcomindo
Sofyan Ilyas Award dari Kementerian Kelautan dan Perikanan pada tahun 2009
Ganesha Widyajasa Aditama Award dari ITB, 2011
Award for Innovative Achievements, Extraordinary Leadership and Significant Contributions to the Economy, APEC, 2011
Tokoh Wanita Inspiratif Penggerak Pembangunan, dari Gubernur Jawa Barat, 2008

Pada tahun 2008, ia mengembangkan bisnis aviasinya dengan membuka sekolah pilot Susi Flying School melalui PT ASI Pudjiastuti Flying School. Pada Minggu, 26 Oktober 2014, dalam pengumuman Kabinet Kerja Pemerintahan Jokowi-JK Ibu Susi Pudjiastuti ditetapkan oleh Presiden RI Joko Widodo menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan.

Susi tak tamat SMA
Bapak serta ibu Susi Pudjiastuti yakni Haji Ahmad Karlan serta Hajjah Suwuh Lasminah datang dari Jawa Tengah yang telah lima generasi lahir serta hidup di Pangandaran. Keluarganya merupakan saudagar sapi serta kerbau, yang membawa beberapa ratus ternak dari Jawa Tengah untuk diperdagangkan di Jawa Barat. Kakek buyutnya Haji Ireng dikenal juga sebagai tuan tanah. Susi cuma mempunyai ijazah SMP. Setamat SMP ia pernah meneruskan pendidikan ke SMA. Tetapi, di kelas II SMAN Yogyakarta dia berhenti sekolah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =