Profil & Biografi Puan Maharani

Puan Maharani adalah cucu dari Presiden Pertama RI, Soekarno dan anak dari Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri dengan (alm) Taufik Kiemas yang pernah menjabat sebagai ketua MPR RI. Ia merupakan anak ketiga Megawati Soekarnoputri, atau anak pertama Taufiq Kiemas. Terlahir dalam keluarga politisi membuat Puan sejak kecil sudah terbiasa dengan hingar bingar panggung politik.

Profil & Biografi Puan Maharani

Profil Puan Maharani
Nama Lengkap : Puan Maharani
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Kamis, 6 September 1973
Zodiac : Virgo
Warga Negara : Indonesia

Ia merupakan Sarjana Ilmu Komunikasi lulusan Universitas Indonesia dan ia meneruskan tradisi politik dalam keluarga Soekarno.

Persinggungan pertama Puan Maharani dengan politik yaitu waktu duduk di bangku sekolah menengah pertama (SMP) saat ibunya Megawati mulai aktif kembali dalam kancah perpolitikan Indonesia. Di saat itu Megawati mulai kerap berkeliling Indonesia serta Puan Maharani kecil mulai melihat bagaimanakah seseorang politisi bekerja.

Beranjak ke periode sekolah menengah atas (SMA), Puan Maharani mulai mengikuti serta melihat segera ibunya dalam aktivitas politik. Bahkan Puan Maharani pernah melihat saat ibunya, Megawati, dikonfrontir langsung oleh utusan penguasa yang melarang ia masuk dalam susunan PDI. Di situ Puan Maharani belajar bagaimana secara tenang menghadapi desakan politik serta terus berdasar teguh pada perjuangan.

Saat kuliah Puan Maharani di Universitas Indonesia FISIP Jurusan Komunikasi Massa berjalan normal seperti mahasiswi yang lain. Puan Maharani juga memiliki kesempatan magang di majalah Forum Keadilan serta rasakan tantangan dunia jurnalistik seperti mencari nara sumber serta aktivitas di kantor mendekati naik cetak.

Kemudian Puan Maharani selalu mengikuti, melihat serta belajar dari ibunya, Megawati, saat ia melalui beragam momen politik yang melahirkan PDI Perjuangan. Begitupun kala beberapa aktivis serta pejuang reformasi berkumpul di rumah Kebagusan, Puan Maharani ada di situ mendengar beragam perbincangan mereka termasuk juga membantu di dapur umum.

Waktu terus bergulir dan Puan Maharani tidak hanya ikut menggerakkan usaha keluarga. ia juga selalu mengikuti ibunya, Megawati, dalam beragam acara politik, termasuk juga waktu lahirnya PDI Perjuangan. Beberapa kali Puan Maharani di ajak untuk mulai betul-betul terjun ke dunia politik namun dia merasa belum waktunya lantaran ke-2 anaknya masih butuh didampingi orangtuanya.

Pada tahun 2006 Puan Maharani akhirnya mulai dengan cara aktif ikut serta dalam organisasi politik. Pertama jadi anggota DPP KNPI Bidang Luar Negeri. Puan Maharani pada akhirnya mencalonkan diri sebagai anggota legislatif pada Pemilu 2009 dari Dapil Jawa Tengah V (Surakarta, Sukoharjo, Klaten, serta Boyolali). Puan Maharani selanjutnya terpilih dengan suara paling banyak ke-2 di tingkat nasional yakni 242. 504 suara.

Saat ini Puan merupakan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia Republik Indonesia pada Kabinet Kerja (2014–2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine − six =