Biografi Pele : Legenda Sepakbola Dunia!

Loading...

Pele, yang belakangan ini dikabarkan tengah menjalani perawatan di rumah sakit akibat infkesi saluran kencing adalah salah satu legenda sepakbola dunia yang paling dikagumi. Tak heran jika berita legenda berusia 74 tahun ini menjadi perbincangan hangat dan pencarian di dunia maya. Pada posting kali ini kita akan mebahas biografi Pele secara lengkap dari awal hingga kini.

American Soccer - Pele's Final Match - New York Cosmos v Santos

Pele memiliki nama lengkap Edson Arantes do Nascimento, lahir pada tanggal 21 Oktober 1940. Ia adalah mantan pesepakbola Brazil yang disebut sebagai pemain terbaik sepanjang masa. Pada tahun 1999 lalu, Pele dipilih sebagai pemain sepakbola seabad oleh IFFHS. Di tahun yang sama, federasi sepakbola Prancis memberikan penghargaan yang sama kepada Pele. Selain sebagai pesepakbola terbaik, Pele juga dipilih sebagai atlit terbaik yang masuk dalam 100 orang paling berpengaruh di dunia abad 20.

Pada tahun 2013, Pele menerima Fifa Ballon d’Or Prix d’Honneur atas karir dan pencapaiannya sebagai ikon sepakbola dunia. Betapa hebatnya Pele!

Karir Sepakbola
Pele memulai karirnya sebagai pemain di Santos pada usia 15 tahun. Ia langsung masuk ke timnas Brazil pada usia yang amat muda, 16 tahun. Sepanjang karirnya, Pele membawa Brazil menjadi juara dunia sebanyak 3 kali, 1958, 1962 dan 1970, satu-satunya pesepakbola yang memiliki prestasi ini.

Biografi Pele

Selama karirnya sebagai pemain, Pele sudah memperkuat Brasil sebanyak 92x dalam partai internasional dengan koleksi 77 gol. Prestasinya di club bersama Santos di Liga Brasil (1956-1974) ataupun bersama New York Cosmo di Liga Amerika (1975-1977) juga sangatlah spektakuler. Bersama Santos, Pele 11 kali memenangkan kompetisi Sao Paulo, 6 kali juara Piala Brasil, 2 kali juara Copa Libertadores dan 11 kali jadi topskor di kompetisi Sao Paulo. Keseluruhannya Pele sudah cetak 1281 gol dalam 1363 kompetisi. Bahkan setiap tanggal 19 November beberapa pendukung Santos merayakan “Pele Day” atau “Hari-nya Pele” untuk mengenang kembali gol ke-1000 yang diciptakan Pele di Stadion Maracana.

Sejak mengambil keputusan pensiun dari sepakbola, Pele yang saat ini menjabat sebagai duta besar keliling Brasil kerap jadi duta untuk mempromosikan negaranya. Dia juga jadi duta untuk badan dunia PBB serta UNICEF. Ia dijuluki sebagai pesepakbola paling sempurna.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven − three =