Biografi Jack Ma : Bos Alibaba Orang Terkaya di China

Loading...

Pada tahun 1995, seorang bekas guru dari China mengunjungi Amerika Serikat untuk yang pertama kalinya. Pria kurus tersebut bernama Jack Ma. Ketika berada di negeri Paman Sam tersebut, seorang teman menunjukkan kepadanya internet. Teman tersebut mengatakan bahwa apa saja dapat ditemukan melalui internet.

Biografi Jack Ma 1

Kini, Jack Ma merupakan bos raksasa perusahaan e-commerce paling besar di dunia bernama Alibaba. Tahun ini ia dinobatkan menjadi orang terkaya di China setelah sukses dengan penjualan saham Alibaba di lantai bursa. Jack Ma merupakan orang China pertama kali yang muncul di cover majalah bisnis Forbes. Per November 2014, ia memiliki kekayaan $29,7 triliun dan menjadi orang terjaya di China dan berada di urutan 18 orang terkaya di muka Bumi.

Ma & Kehidupan Awalnya
Ma dilahirkan di Hangzhou, propinsi Zhejiang, China pada 15 oktober 1964. Orangtuanya adalah pemusik dan pendongeng tradisional. Di usia yang sangat muda, Jack Ma memiliki hasrat untuk mempelajari bahasa Inggris sehingga ia kerap bersepeda selama 45 menit setiap pagi untuk berbincang dengan orang asing di dekat hotel-hotel yang dipenuhi turis.

Selanjutnya ia meneruskan pendidikannya di jurusan bahasa Inggris dan lulus pada tahun 1988 meski sempat gagal ujian sebanyak 2 kali. Kemudian ia menjadi guru bahasa Inggris di Hangzhou Dianzi University.

Jack Ma & Alibaba
Pada awalnya, Jack Ma mendirikan bisnis internet menyerupai Yellow Pages yang ia namakan “China Pages”. Namun usaha ini cukup membuatnya frustrasi karena ia dipaksa untuk melakukan join dengan China Telecom yang berakibat hilangnya kontrol Ma terhadap China Pages.

Ma akhirnya bangkit kembali pada tahun 1999 ketika ‘demam’ internet melanda USA. Saat itulah ia mendirikan Alibaba, tempat dimana listing produk dapat dilakukan oleh kebanyakan eksportir asal China. Pada Oktober 1999, Alibaba mendapatkan suntikan investasi sebesar $5 juta dari Goldman Sachs dan $20 juta dari Softbank.

Biografi Jack Ma

Kini, Alibaba merupakan retailer online terbesar di China dan berada di posisi kedua dunia setelah Wal-Mart. Dia bahkan mengawali karirnya hanya sebagai guru bahasa Inggris. Meski demikian, perannya di Alibaba selalu menempati posisi strategis utama. Situs pertamanya, Alibaba.com, merupakan tempat pertama yang menghubungkan para eksportir China dengan para pembeli di luar negeri. Perusahaannya juga mampu dengan cepat menarik para investor. Saat ini, Alibaba tengah berniat mengalahkan eBay, situs jual beli online yang bermarkas di Amerika Serikat (AS). Berkat kegigihannya, dua situs Alibaba, Taobao Marketplace dan Tmall.com, kini mendominasi sistem portal pengiriman China. Tanpa berbekal pengetahuan sedikitpun di bidang teknologi dan komputerisasi, Jack Ma ternyata mampu menjadi pendiri retailer online terbesar di China, Alibaba Group. Berkat bisnisnya itulah, mantan guru bahasa Inggris ini sukses menjadi salah satu miliarder terkaya di dunia.

Jack Ma kini
Sebagai manusia terkaya di China, Jack Ma yang memiliki istri bernama Zhang Ying dan sepasang anak, kini terlibat aktif dalam berbagai gerakan sosial. Jabatan CEO Alibaba ditinggalkannya pada tahun 2013 lalu. Jack Ma merupakan Chairman of the Board for the Nature Conservancy’s China Program yang mengurusi konservasi lingkungan hidup.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 × 4 =