Profil & Biografi Dr Sutomo

Meski memiliki nama yang sama dan berperan penting dalam sejarak kemerdekaan Indonesia, Dr. Sutomo (atau Soetomo) berbeda dengan Bung Tomo yang sudah pernah kita ulas biografinya. Dr. Sutomo merupakan salah satu pendiri Budi Utomo, yakni sebuah organisasi pergerakan yang pertama di Indonesia.

Profil & Biografi Dr Sutomo

Dr. Sutomo memiliki nama asli Subroto. Ia lahir di Ngepeh, Loceret, Nganjuk, Jawa Timur, 30 Juli 1888 – meninggal di Surabaya, Jawa Timur, 30 Mei 1938 pada umur 49 tahun. Pada tahun 1903, Soetomo meniti pendidikan kedokteran di School tot Opleiding van Inlandsche Artsen, Batavia. Bersama-sama kawan-kawan dari STOVIA inilah Soetomo membangun perkumpulan yang bernama Budi Utomo, pada tahun 1908. Sesudah lulus pada tahun 1911, ia bekerja sebagai dokter pemerintah di beragam daerah di Jawa serta Sumatra. Pada tahun 1917, Soetomo menikah dengan seorang perawat Belanda. Pada tahun 1919 hingga 1923, Soetomo meneruskan studi kedokteran di Belanda.

Pada tahun 1924, Soetomo membangun Indonesian Study Club (dalam bahasa Belanda Indonesische Studie Club atau Kelompok Studi Indonesia) di Surabaya, pada tahun 1930 membangun Partai Bangsa Indonesia serta pada tahun 1935 membangun Parindra (Partai Indonesia Raya).

Dr Sutomo & Budi Utomo
Atas anjuran dr. Wahidin Sudirohusodo, ia mendirikan Budi Utomo (BU), organisasi modem pertama di Indonesia, pada tanggal 20 Mei 1908, yang lalu diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Kelahiran BU sebagai Perhimpunan nasional Indonesia, dipelopori oleh beberapa pemuda pelajar STOVIA (School tot Opleiding voor Indische Artsen) yakni Sutomo, Gunawan, Suraji dibantu oleh Suwardi Surjaningrat, Saleh, Gumbreg, dan seterusnya. Sutomo sendiri diangkat sebagai ketuanya.

Maksud perkumpulan ini adalah kemajuan nusa serta bangsa yang serasi dengan jalan memajukan pengajaran, pertanian, peternakan, perdagangan, tehnik serta industri, kebudayaan, mempertinggi cita-cita kemanusiaan untuk meraih kehidupan bangsa yang terhormat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + 12 =