Profil & Biografi Ferruccio Lamborghini

Dari namanya saja, Anda pasti sudah bisa menebak kalau tokoh yang akan kita bahas kali ini merupakan sang pencipta merek mobil terkenal Lamborgini. Ferruccio Lamborghini lahir pada tanggal 28 April 1916. Dia merupakan pendiri dari perusahaan mobil Itali Lamborghini. Menurut sertifikat baptisnya, dia dibaptis empat hari setelah kelahiran, pada tanggal 2 Mei. Lamborghini muda tertarik pada mesin pertanian bukanlah gaya hidup pertanian itu sendiri, serta ia belajar tehnik di Fratelli Taddia. suatu lembaga pendidikan dekat Bologna. Pada th. 1940, ia direkrut angakatan Udara Kerajaan Italia, dimana ia menjabat sebagai montir di pulau wilayah Rhodes sisi kerajaan Italia mulai sejak 1911, sesudah perang Italia-Turki, ia jadi Pimpinan satuan pemeliharaan kendaraan. Lamborghini dipenjarakan saat pulau itu jatuh ke tangan Inggris pada akhir perang pada 1945, serta tak dapat pulang hingga tahun 1946.

Profil & Biografi Ferruccio LamborghiniProfil & Biografi Ferruccio Lamborghini

Dia menikah, namun istrinya wafat tahun 1947 waktu melahirkan anak pertamanya yang bernama Antonio. Sesudah perang, Lamborghini membuka bengkel di Pieve di kota Cento. Dalam waktu luangnya, Lamborghini memodifikasi suatu Fiat Topolino yang sudah lama dibelinya. Mitos mengatakan, Ferrucio Lamborghini nekat membuat mobil lantaran jengkel dengan pendiri Ferrari, Enzo Ferrari. Bukan jengkel lantaran tak dapat berkompetisi dengan Ferrari. Malah Ferrucio awalnya merupakan kolektor mobil-mobil Ferrari. Satu waktu Ferrucio merasa mendapatkan persoalan di mobil Ferrarinya. Dia lantas langsung melaporkan permasalahan itu segera pada Enzo.

Sayangnya, Enzo malah menampik bersua dengan Ferrucio. Bapak dari Dino Ferrari itu malah menyuruh Ferrucio jalan kaki saja bila tak senang dengan mobil bikinannya. Kecewa dengan respon arogan itu, Ferrucio lantas tergerak untuk membuat mobil. Dalam pikirannya, dia mau Enzo tahu beginilah caranya bikin mobil super yang benar. Satu saat di tahun 1958 Ferruccio membeli sebuah Ferrari 250 GT. Sayang menurut dia mesin Ferrari 250 GTO terlampau berisik terlebih di girboksnya. Selang beberapa saat dia bersua dengan Enzo Ferrari. Keluhan di sampaikan tetapi diacuhkan ama Enzo. Dia akhirnya mengambil keputusan untuk membuat mobil sendiri & berambisi untuk menaklukkan Ferrari.

Tak seperti Ferrari yang harus mengikuti F1, Lamborghini sendiri cuma menjadi suplier mesin di musim 1989 s. d. 1993 melalui tim Lotus, Minardi, Ligier, Modena & Larrousse. Lamborghini beberapa kali pernah nyaris gulung tikar. Pada akhirnya di tahun 1998 nasib Lamborghini terselamatkan sesudah dibeli oleh Audi (Volkswagen Grup). Sesudah dibeli oleh Audi, Lamborghini terus menjaga nilai2 suatu karya seni. Pembuatan mobil dari mulai pengecatan, pembuatan bodi, perakitan mesin, instalasi kabel, interior dsb masih tetap mengandalkan tangan2 tangkas karyawan Lamborghini.

Hampir sebagian besar nama-nama mobil Lamborghini di ambil dari beberapa nama banteng. Di ketahui, Ferrucio Lamborghini memanglah terlahir dalam naungan zodiak Taurus. Jadi, bukanlah kebetulan bila mobil-mobil dari Lamborghini senantiasa memakai nama-nama banteng. Misalnya, Lamborghini Miura. Model produksi pertama dari Lamborghini ini mengambil nama dari banteng aduan milik entrepreneur kaya Sevilla, Eduardo Miura. Kebetulan Eduardo Miura mempunyai jalinan baik dengan Feruccio. Sepanjang bertandang ke Sevilla, Ferrucio sering terkagum-kagum dengan banteng milik Eduardo Miura.

Saat ini Ferrucio Lamborghini tak lagi pemilik merk serta telah meninggal dunia, tradisi pemakaian nama-nama dari banteng itu terus dipertahankan. Sebagian nama mobil yang didapatkan sepeninggalan Ferrucio Lamborghini Lamborghini Gallardo (baca Gayardo) serta yang paling anyar Lamborghini Aventador. Gallardo merupakan nama salah satu banteng aduan paling tangguh yang ada di Spanyol medio 2000-an. Ketangguhan banteng ini sangatlah populer lantaran dari banteng ini diperoleh satu keluarga yang seluruhnya mempunyai kemampuan yang benar-benar baik. Hal yang sama juga berlangsung pada Lamborghini Aventador yang disebut-sebut sebagai pengganti dari Lamborghini Murcielago.

Nama Aventador mengacu pada suatu banteng yang menerima Trofeo de la Pena La Madronera di Arena Saragossa, Spanyol, pada 1993. Nama lainnya yang sangat khas dengan banteng yaitu Murcielago. Nama Murcielago di ambil dari cerita riil perjuangan seekor banteng legendaris yang pernah hidup pada 1879.

Banteng bernama Murcielago ini tetap masih hidup walau sudah ditusuk 28 kali di arena matador. Sang matador, Lagartijo, pada akhirnya mengambil keputusan untuk tidak menghabisi Murcielago lantaran takjub dengan kekuatannya menahan rasa sakit. Cerita yang tidak sama ada pada Lamborghini Reventon. Nama ini di ambil dari seekor banteng yang malah sukses menghabisi nyawa seorang matador asal Meksiko, Felix Guzman. Penyematan beberapa nama khas banteng memang susah ditinggalkan begitu saja. Jadi, walau sekarang ini Lamborghini mengagetkan dunia lantaran tak ingin lagi memakai transmisi manual, pemberian nama khas banteng yang dikerjakan sang pionir tidak akan pernah ditinggalkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

6 − three =