Profil & Biografi Fadli Zon

Loading...

Fadli Zon saat ini adalah wakil ketua DPR RI dari fraksi Gerindra. Ia dikenal dekat dengan Prabowo Subianto. Fadli Zon lahir di Jakarta pada tanggal 1 Juni 1971 tetapi di besarkan di desa Cisarua, Bogor. Fadli adalah putera pertama dari tiga bersaudara pasangan Zon Harjo (alm) dengan istrinya Hj. Ellyda Yatim. Bapak dua anak ini merampungkan pendidikan dasarnya di Cibeureum, Cisarua, Bogor lalu meneruskan SMP di Gadog, Bogor serta Jakarta serta jenjang SMA selama dua tahun di SMA Negeri 31, Jakarta Timur.

Biografi Fadli Zon 1

Profil
Nama Lengkap : Fadli Zon
Agama : Islam
Tanggal Lahir : Selasa, 1 Juni 1971

Sepanjang SMA, Fadli kerap sekali memenangkan beragam pertandingan siswa berprestasi, lomba pidato, baca puisi, tulis puisi, drama, karya tulis, karya ilmiah, serta matematika. Di sekolah SMAnya dahulu, Fadli pernah diakui untuk jadi Ketua Kelompok Ilmiah Remaja SMAN 31. Fadli lalu meneruskan studinya di program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya, Universitas Indonesia (FIB UI). Sesudah merampungkan studi sarjananya, dia segera mengambil Master of Science (M. Sc) Development Studies di The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris.

Biografi Fadli Zon

Semasa kuliah, Fadli aktif di beragam organisasi intra universitas ataupun ekstra universitas, diantaranya pernah jadi Ketua Biro Pendidikan Senat Mahasiswa FSUI (1992-1993), Sekretaris Umum Senat Mahasiswa FSUI (1993), Ketua Komisi Hubungan Luar Senat Mahasiswa UI (1993-1994). Fadli juga berulang-kali memimpin demonstrasi mahasiswa UI dalam isu-isu nasional serta internasional. Ia turut memimpin jaringan aktivis mahasiswa di Jawa serta mengusung ide ”Gerakan Mahasiswa 1990-an”. Selain mensupport gerakan parlemen jalanan, dia juga ikut membuat serta menghidupkan kelompok-kelompok studi didalam universitas UI masa awal 1990-an.

Diluar universitas, dia pernah diakui untuk jadi Sekjen serta Presiden Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) (1993-1995). Selain itu, Fadli sempat juga diminta untuk menjadi Wakil Ketua Yayasan BESTARI, suatu LSM bagian anak-anak dengan kesibukan paling utama Rumah Dongeng Indonesia yang turut menebarkan dongeng pada anak-anak serta membina kreatifitas anak-anak Indonesia (1991-1994). Dalam kancah politik, Fadli memulai kariernya dengan menjadi Direktur Eksekutif Center for Policy and Development Studies (CPDS) pada tahun 1995-1997. Pada tahun 1997 sampai tahun 1999, dia menjadi anggota MPR RI sekaligus aktif sebagai asisten Badan Pekerja Panitia Adhoc I yang membuat GBHN. Pada tahun 1998, Fadli turut membangun Partai Bulan Bintang (PBB) serta jadi salah satu Ketua sampai pada akhirnya dia mundur di tahun 2001. Pada tahun 2008, Fadli berpindah dengan menjadi Wakil Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA) serta jadi Ketua Badan Komunikasi Partai GERINDRA pada tahun 2010.

PENDIDIKAN
SMA Negeri 31, Jakarta Timur
Program Studi Rusia, Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI)
Master of Science (MSc) Development Studies dari The London School of Economics and Political Science (LSE) Inggris
S3 Program Studi Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia

Penghargaan :
– Fadli diangkat menjadi Datuk Bijo Dirajo Nan Kuning
– Gelar Tuanku Muda Pujangga Diraja, dari Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Minangkabau, 2009
– Tokoh Muda Inspiratif, Kompas, November 2009
– Komunikator Terbaik Pilpres 2009 untuk kategori Tim Kampanye/Tim Sukses, dari Strategi Aliansi Komunika, 2009
– Pemimpin Pancasila Tahun 2011, dari Yayasan Indonesia Satu, 11 Juni 2011
– Gelar Kanjeng Pangeran Kusumohadiningrat, dari Keraton Surakarta Hadiningrat, Juni 2011

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

9 + nine =