Profill & Biografi Adnan Pandu Praja

Loading...

Sebagai salah satu pimpinan KPK, nama Adnan Pandu Praja kurang dikenal masyarakat dan kurang menonjol diantara pimpinan komisi anti rasuah lainnya seperti Abraham Samad. Meski demikian, kiprah dan profilnya patut dibaca sebagai bahan referensi. Adnan Pandu Praja merupakan praktisi hukum kelahiran Jakarta, 14 Januari 1960. Saat sebelum mengajukan diri serta dipilih menjadi salah satu Pimpinan KPK, ia merupakan anggota serta SekJen Kompolnas.

profil Adnan Pandu Praja 1

Profil
Nama Lengkap : Adnan Pandu Praja
Tempat Lahir : Jakarta, 14 Januari 1960
Pekerjaan : Wakil Ketua KPK RI

Ketertarikan Adnan pada dunia hukum memanglah telah mengakar sejak ia muda, hingga ia memilih untuk kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia, yang diselesaikannya pada tahun 1987.

Tidak cuma itu, ia meneruskan untuk mendalami Spesialisasi Notariat serta Pertahanan di kampus yang sama, sampai ia mendapatkan Sp. N pada tahun 1996. Seakan belum cukup, ia merantau ke negeri seberang, yakni Australia, untuk mendapatkan gelar Master of Law-nya di University of Technology Sidney Australia dan selesai pada tahun 2003.

Adnan Pandu Praja, yang sering disebut APP ini, memanglah mempunyai latar belakang advokat saat sebelum ia aktif sebagai pengamat Kepolisian. Ia pernah menjabat sebagai Wakil Sekretaris Umum Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal, Editorial Jurnal Hukum serta Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Indonesia, dan sebagian posisi yang lain.

profil Adnan Pandu Praja

Tidak hanya aktif dalam beragam kelembagaan hukum, APP juga aktif dalam sebagian yayasan serta LSM, salah satunya : Yayasan Nurani Dunia, Yayasan Dunia Merdeka, serta Koordinator Koalisi LSM dalam rangka Sosialisasi RUU Polri pada Partnership for Governance Reform in Indonesia (UNDP) (2001).

PENDIDIKAN
S1 Sarjana Hukum Universitas Indonesia (1987)
Spesialisasi Notrait Notrait dan Pertanahan (Sp.N) Universitas Indonesia (1996)
Master of Law (LL.M) University of Technology, Sydney Australia (2004)

KARIR
Advokat Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) sejak1992
Advokat, Warens & Partners Law Firm (1995-2005)
Anggota Kompolnas selama dua periode (2006-2011)
Editorial Jurnal Hukum dan Pembangunan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (1985-1987)
Wakil Sekretaris Umum Himpunan Konsultan Hukum Pasar Modal (HKHPM)(1997-2002)
Anggota Tetap dan Peserta Aktif Kelompok Kerja (POKJA) Reformasi Polri yang dibentuk oleh Polri dan Partnership for Governance Reform in Indonesia/UNDP (2000-2003)
Redaktur Ahli Jurnal Studi Kepolisian, PTIK (2003)
Indonesian Student Association for International Studies (ISAFIS) (1985)
Indonesian Police Watch (Polwatch) (1999)
Yayasan Nurani Dunia, Yayasan Dunia Merdeka
Koordinator Koalisi LSM dalam rangka Sosialisasi RUU Polri pada Partnership for Governance Reform in Indonesia (UNDP) (2001)
Wakil ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) (2011)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

19 − 1 =