Profil & Biografi Thomas Alva Edison

Loading...

Bayangkan dunia ini tanpa Thomas Alva Edison? Mungkin kita akan diliputi kegelapan! Thomas Alva Edison sangat identik sebagai penemu bola lampu yang akan terus dikenang sepanjang sejarah manusia. Thomas Alva Edison lahir di Milan, Ohio, pada 11 Februari 1847. Semasa hidupnya, ia di kenal sebagai seseorang entrepreneur sukses serta penemu beragam benda penting dalam histori umat manusia. Ia juga adalah orang pertama yang mengaplikasikan prinsip produksi massal pada sistem penemuannya.

profil Thomas Alva Edison 1

Masa Kecil & Remaja
Thomas kecil diajak pindah keluarganya ke Port Huron, Michigan. Bukannya menjadi anak yang berprestasi, Thomas malah dikeluarkan dari sekolahnya. Gurunya mengeluh lantaran ia senantiasa memperoleh nilai yang rendah. Sampai pada akhirnya ibunda Thomas, Nancy Matthews Elliott (1810-1871) mengambil keputusan untuk mengajar sendiri anaknya. Kebetulan, Nancy juga seorang guru.

Terlepas dari sekolah umum bikin Thomas kecil semakin banyak berkreasi. Ia gemar membedah hewan lantaran rasa ingin tahunya yang sangatlah besar. Di umur 11 tahun saja Thomas telah membangun laboratorium kimia simpel di ruangan bawah tanah. Setahun selanjutnya ia sukses bikin telegraf dengan tipe primitif.

Percobaan demi percobaan dijalaninya dengan kerja keras serta kesabaran tinggi. Tidak sedikit juga perlu ongkos yang cukup besar – sekurang-kurangnya untuk ukuran anak remaja pada saat itu. Tetapi semua itu bukanlah penghalang. Thomas selanjutnya bekerja sebagai loper koran serta permen diatas kereta api jurusan kota Port Huron serta Detroit. Ia juga membangun suatu laboratorium kecil di salah satu gerbong kereta api agar dapat selalu lakukan beragam uji coba atau cuma membaca literatur.

profil Thomas Alva Edison

Pada tahun 1861, pecahlah perang saudara antar negara sisi utara serta selatan. Thomas lantas mempunyai inspirasi untuk menerbitkan koran pertama diatas kereta api yang bermanfaat untuk penuhi keperluan orang akan kabar. Ia membeli suatu alat cetak tua seharga US$12, serta bikin koran sendiri bernama Weekly Herald. Korannya laris, ia lantas mengantongi US$400 dalam sehari.

Tujuh tahun berlalu, Thomas yang nyaris tuli disebabkan kecelakaan memperoleh pekerjaan sebagai operator telegraf di Boston. Beberapa waktunya masih tetap di habiskan untuk lakukan beragam riset. Tahun 1868, ia temukan system interkom elektrik yang lantas didaftarkan untuk memperoleh hak paten pertamanya. Sayang, alat itu tak laris di jual.

Dari sini Thomas juga belajar untuk bikin penemuan komersial. Ia meningkatkan stok ticker serta menghasilkan US$40. 000. Duit ini lantas dipakai untuk bangun perusahaan serta laboratorium di Menlo Park, New Jersey. Di sinilah sumber beragam penemuan Thomas dilahirkan, termasuk juga phonograph di tahun 1877.

Thomas & Lampu Pijar
Lihat perubahan dunia yang makin maju, Thomas sadar akan pentingnya lampu pijar untuk keperluan manusia. Ia lantas rela mengeluarkan uang sebesar US$40. 000 untuk membuat percobaan lampu pijar sepanjang dua tahun. Keseluruhan ada kurang lebih 6000 bahan yang di habiskan, sebelum pada akhirnya menemukan lampu pijar listrik pertama yang dapat menyala 40 jam pada 21 Oktober 1879. Bukan hanya itu, Thomas juga temukan proyektor untuk film-film kecil. Tahun 1882, untuk pertama kalinya Thomas memasang lampu listrik di jalan serta rumah-rumah sejauh satu kilometer di New York. Dunia menjadi lebih terang karena Thomas.

Dalam kehidupan pribadinya, Thomas pernah 2 x menikah. Pertama pada tahun 1871 dengan seseorang wanita bernama Mary Stilwell serta berakhir pada 1884, serta yang ke-2 bersama Mina Miller mulai 1886 hinga akhir hidupnya. Pendiri perusahaan General Electric tahun 1890 ini juga dikaruniai 6 anak yaitu Marion Estelle Edison (1873-1965), Thomas Alva Edison Jr. (1876-1935), William Leslie Edison (1878-1937), Madeleine Edison (1888-1979), Charles Edison (1890-1969), serta Theodore Miller Edison (1898-1992).

Akhir Hidup
Melewati tahun 1920-an, keadaan kesehatan Thomas makin lebih buruk. Ia tutup usia pada 18 Oktober 1931 pada usia 84 tahun. Namanya selalu dikenang sebagai penemu paling produktif di masanya. Ada 1.093 hak paten atas namanya. Ia juga di kenal sebagai orang yang berjasa di sektor pertahanan pemerintahan Amerika sesudah mempelajari beragam hal seperti mendeteksi pesawat terbang, menghancurkan periskop dengan senjata mesin, mendeteksi kapal selam, menghentikan torpedo dengan jaring, menambah kemampuan torpedo, kapal kamuflase, serta banyak yang lain.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

4 × 3 =