Profil & Biografi Anggun Cipta Sasmi

Hanya sedikit dari artis Indonesia yang bisa sukses di kancah internasional. Salah satunya adalah Anggun C. Sasmi. Anggun yang besar di Indonesia itu sejak mulai kecil sudah mempunyai bakat bermusik. Di umur sembilan tahun, dirinya sudah membuat lagu dan beranjak 12 tahun, mulai merekam album rock pertamanya. Album berjudul DUNIA AKU YANG PUNYA (1986) diorbitkan oleh musisi Ian Antono serta diedarkan oleh Blackboard Records.

profil Anggun Cipta Sasmi

Profil
Nama Lengkap : Anggun Cipta Sasmi
Agama : Islam
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Selasa, 29 April 1975

Selanjutnya Anggun, merekam album keduanya, TUA-TUA KELADI (1990), ANAK PUTIH ABU-ABU (1991), GAYA REMAJA (1992), NOC TURNO (1992), ANGGUN CIPTA SASMI… LAH (1993) serta terakhir YANG HILANG (1994).

Wanita yang senantiasa setia dengan rambut panjangnya ini lahir di Jakarta, 29 April 1975. Anggun merupakan putri Darto Singo, seseorang seniman serta Dian Herdina, seorang wanita berdarah Keraton Yogyakarta. Ia lalu menikah dengan pria Prancis, Michel de Gea, yang sayang berakhir dengan perceraian.

Anggun yang terobsesi supaya bisa go international pada akhirnya pindah ke London, Inggris. Namun beberapa saat kemudian berkonsentrasi meningkatkan bakat musiknya di Paris, Perancis, negara asal suaminya kala itu.

Pada 1997, Anggun lalu sukses melaunching album berbahasa Prancis, AU NOM DE LA LUNE. Satu tahun selanjutnya ia melaunching album berbahasa Inggris, SNOW ON SAHARA serta pada 2000 melaunching album CHRYSALIS serta DÈSIRS CONTRAIRES. Selanjutnya melaunching OPEN HEARTS (2002), LUMINESCENCE (2005) serta LUMINESCENCE – SPECIAL EDITION (2006).

profil Anggun Cipta Sasmi 1

Anggun telah menjadi penyanyi internasional. Sosoknya sampai saat ini terus produktif serta nyaris setiap tahun melaunching album baru. Sebagian albumnya berhasil menembus pasar musik internasional sampai terjual jutaan kopi. Namun demikian tetap orang Indonesia yang sering mondar-mandir Paris-Jakarta. Bahkan juga albumnya ANGGUN (Indonesia serta Malaysia) launching tahun 1999, serta BEST-OF (Indonesia) launching tahun 2006 ditujukan untuk pasar Asia.

Pada tahun 2010, sebuah film dibintangi oleh Anggun berjudul CES AMOURS LA. Film ini di bintangi oleh beberapa artis-artis Perancis terkenal yakni, Samuel Labarthe, Dominique Pinon, Jacky Ido, Gilles Lemaire, Judith Magre, Anouk Aimée, Zinedine Soualem, Liane Foly, Boris Ventura Diaz, Christine Citti, Gisèle Casadesus, Anggun, Salomé Lelouch serta Lise Lamétrie.

Pada akhir bulan Mei 2011, Anggun meluncurkan suatu album berjudul Echoes, yang diproduserinya sendiri. Album ini dirillis dalam dua bahasa, Indonesia serta Inggris (yang launching pada Oktober 2011).

Untuk album khusus ini, Anggun bekerja bersama dengan sebagian teman dekat yang kesemuanya musisi luar negeri, untuk membuat suatu karya yang apik. Tidak hanya menjadi produser serta penyanyi, Anggun juga membuat serta mengarang sebagian lirik dalam bahasa Indonesia serta Inggris, yang baginya sama-sama tidak gampang.

Selain kesibukannya didunia hiburan, Anggun juga aktif di beragam aktivitas sosial. Satu diantaranya yaitu FAO Goodwill Ambassador untuk PBB. Sebagai duta besar, Anggun juga harus terjun langsung serta memberi pidato yang di gelar pada November 2011.

Walau telah menjadi warga negara Perancis, Anggun konsisten menyukai Indonesia. Tidak jarang, Anggun membuat lagu dengan memakai bahasa Inggris, Perancis serta Indonesia sekaligus. Dia juga menjadi bintang iklan product sampo serta juri arena pencarian bakat The X Factor Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 6 =