Profil & Biografi Elvis Presley

Loading...

Elvis Aron Presley lahir 8 Januari 1935 di Tupelo, Mississippi merupakan seorang penyanyi rock ‘n’ roll legendaris Amerika Serikat. Elvis juga dikenal dengan “The King” serta “The King of Rock ‘n’ Roll”. Tidak hanya penyanyi, The King merupakan seorang produser musik serta aktor. Karena lagu-lagunya yang menggabungkan irama rock ‘n’ roll dengan lagu-lagu ballad, dunia rock ‘n’ roll meraih fondasi komersial yang setelah itu bisa dikembangkan musisi rock ‘n’ roll penerusnya.

Biografi Elvis Presley

Semasa kejayaannya, konser-konser Elvis di hadiri penggemarnya (umumnya remaja) dalam jumlah yang amat besar. Style, karakter, dan langkah berpakaiannya menjadi lambang untuk musik rock ‘n’ roll serta banyak ditiru penggemarnya. Bahkan juga 4000 remaja Inggris menahbiskan Elvis sebagai raja trendsetter tata rambut sepanjang zaman.

Awal perjumpaan Elvis dengan dunia rekaman diawali waktu musim panas 1953. Elvis membayar US$3, 98 untuk merekam dua buah lagu di perusahaan Sun Studios sebagai hadiah ulang tahun untuk ibunya. Pendiri Sun, Sam Phillips, tertarik pada suaranya serta memanggilnya pada Juni 1954 untuk mengisi posisi penyanyi ballad yang tengah kosong.

Tahun 1956 adalah awal karier Elvis sebagai penyanyi profesional. Tanggal 27 Januari Elvis melaunching single pertamanya Heartbreak Hotel, di bawah label RCA Victor Records. Tanggal 23 Maret, RCA melaunching album pertama Elvis, bertajuk : ELVIS PRESLEY.

Biografi Elvis Presley 1

Pada tahun yang sama, 16 November, film pertama Elvis, LOVE ME TENDER, di luncurkan. Film ini memetik banyak kritik, tetapi memperoleh angka penjualan yang amat baik. Keseluruhannya Elvis tampil dalam 31 judul film.

Hasil penjualan album perdana Elvis meledak mendekati akhir 1950-an dengan hit-hitnya, diantaranya All Shook Up, (Let me be your) Teddy Bear serta I Need Your Love Tonight. Walau demikian, banyak kritikus tak terkesan. Diluar itu, tampilan Elvis di panggung banyak memetik kritik, lantaran dianggap sebagai pornografi.

Bulan Desember 1957, Elvis di panggil untuk turut tugas militer dengan Angkatan Bersenjata AS. Ia resmi masuk Angkatan Bersenjata pada 24 Maret 1958, lalu ditugaskan di Jerman, serta dilepastugaskan dengan hormat dua tahunselanjutnya.

Sekembalinya dari wajib militer, karier musiknya sempat meredup karena “diganggu” profesi yang lain sebagai aktor serta hilangnya peranan dia dalam pilih jenis lagu yang ia mainkan. Diluar itu, berlangsung kebangkitan musik Britania/Inggris (British Invasion ; The Beatles, The Rolling Stones, dan sebagainya).

Elvis lakukan comeback, yang sukses lewat penampilan tv pada 3 Desember 1968 berjudul ’68 Comeback Special. Karier musiknya kembali bercahaya sesudah ia memperoleh peluang dalam acara itu untuk bermain dalam jalur yang paling ia gemari, rock ‘n’ roll.

Pada tahun selanjutnya, Elvis mengawali tampilan live yang laris di beragam tempat, dimulai dari Las Vegas serta berlanjut negara-negara bagian yang lain di Amerika Serikat. Pada tahun 1969 serta 1977, The King of Rock ‘n’ Roll tampak dalam 1. 000 acara yang tiketnya terjual habis.

Disebabkan kecanduan obat-obat dokter seperti obat tidur, kesehatan serta penampilannya mengalami penurunan sekitar pertengahan 1970-an. The King tampak untuk terakhir kalinya dalam suatu konser di Market Square Arena di Indianapolis, Indiana tanggal 26 Juni 1977.

Pada 16 Agustus 1977, Elvis diketemukan wafat dunia di tempat tinggalnya di Graceland, Memphis disebabkan serangan jantung. Waktu itu ia berumur 42 tahun.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty − 17 =