Biografi Pablo Picasso

Loading...

Pablo Ruiz Y Picasso dilahirkan th. 1881 di kota Malaga, Spanyol. Ayahnya seniman serta guru kesenian. Bakat Pablo nampak dalam usia muda sekali serta dia sudah jadi pelukis jempolan pada usia belasan tahun. Tahun 1904 dia menetap di Paris dan untuk selanjutnya tinggal di Perancis. Picasso benar-benar seseorang seniman yang teramat produktif. Sepanjang kehidupannya sebagai seniman yang mengagumkan panjang itu, sekitar masa waktu tiga perempat abad, dia telah mencipta lebih dari 20.000 hasil seni yang terpisah-pisah satu sama lain, rata-rata lebih dari 5 karya dalam seminggu yang berlangsung sepanjang 75 th.! Sebagian bESAR dari masa itu, karyanya senantiasa berdiri paling depan dalam soal harga tinggi, karenanya Picasso menjadi orang yang sangat kaya raya. Dia wafat dunia di kota Mougins, Perancis, th. 1973.

Biografi Pablo Picasso

Meski sebutan utamanya seorang pelukis, dia juga banyak lakukan karya pahat. Tambahan lagi, dia perancang panggung ballet ; dia bergumul dengan seni bikin pot, meninggalkan beberapa besar karya lithografi, lukisan lewat garis-garis dengan memakai pensil atau kapur catat dari banyak cabang seni yang lain.

Namun seperti sementara seniman-seniman, Picasso juga tertarik dengan sungguh-sungguh pada permasalahan politik. Kenyataannya, lukisan masyhurnya ” Guernica ” (1937), diilhami oleh kejadian-kejadian dalam perang saudara Spanyol. Sebagian hasil karya yang lain juga mempunyai makna utama politis.

Banyak seniman-seniman masyhur ditandai oleh satu jenis gaya dasar. Tidaklah demikian Picasso. Dia menghadirkan ruangan luas dari pelbagai style yang mengagetkan. Kritikus-kritikus seni berikan julukan seperti ” periode biru, ” ” periode merah muda, ” ” periode neo-klasik ” dsb. Dia adalah satu diantara dari cikal bakal ” Kubisme, ” Dia terkadang ikut dan, terkadang menentang perkembangan-perkembangan baru dalam dunia lukis-melukis moderen. Mungkin saja tidak ada pelukis dalam sejarah yang mampu lakukan karya dengan kualitas demikian tinggi dengan lewat begitu banyak style serta cara.

Tak semua aliran seni mempunyai dampak berjangka panjang. Walau Picasso disanjung-sanjung di era ke-20, layak dipertanyakan apakah di abad-abad depan kelak penyanjungan itu masih tetap dapat berlangsung, ataukah pengaruhnya bakal segera musnah dalam waktu tidak lama lagi. Telah jelas, tidak ada jaminan yang memberikan keyakinan untuk menjawab pertanyaan macam itu. Namun, kata setuju dari para kritikus seni kontemporer menyampaikan bahwa dampak Picasso bakal terus mempunyai bobot penting di masa-masa yang akan datang.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =