Profil & Biografi Carlos Slim Helu

Loading...

Carlos Slim Helu adalah seorang pengusaha dan filantropis. Ia adalah pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Telefonos de Mexico dan America Movil. Beliau lahir di Mexico city pada 28 Januari 1940 dari pasangan imigran keturunan Lebanon Maronite Julian Slim Haddad dan Linda Helu. Sejak kecil orang terkaya versi forbes.com didunia ini telah diajarkan tentang praktik dasar bisnis oleh ayahnya.

Carlos Slim Helu

Slim memusatkan perhatiannya pada bidang konstruksi, real estate, dan pertambangan. Pada tahun 1972 dia mendirikan setidaknya 7 perusahaan yang bergerak dalam ke tiga bidang tersebut. Di tahun 1976 dia melebarkan sayapnya dengan membeli 60% bunga di bisnis percetakan dan pada tahun 1980 dia mengonsolidasikan kepentingan bisnisnya dengan membentuk Grupo Galas sebagai induk dari konglomerat yang memiliki minat terhadap industri, konstruksi, pertambangan, retail, makanan, dan tembakau.

Biografi Carlos Slim Helu 1

Tahun 1988 carlos menambahkan pabrik tembaga dan aluminium ke induk perusahaan nya. Kemudian pada tahun 1990 Grup Carlo yang penempatan saham nya terpusat di meksiko mulai merambah ke dunia Internasional. Carlos pun membeli perusahaan telekomunikasi Telmex dari Prancis dengan menggandeng Southwestern Bell Corp dan France Telecom untuk di kembangkan di meksiko.

Kondisinya yang sangat morat-marit membuat Carlos mengubah perusahaan yang merugi itu menjadi pencetak uang. meskipun sempat ia dikritik karena menaikan tarif telepon di negaranya namun ia juga memperbaiki pelayanan telepon dengan menawarkan sambungan lokal, interlokal, selular, internet dan direktori telepon, hingga pada akhirnya tahun 2006 90% jaringan telekomunikasi meksiko menggunakan Telmex. Dan kerajaan telekomunikasinya mampu mencapai penjualan tahunan hingga 16 miliar dolar AS.

Selain itu Carlos Slim Helu kiprahnya sebagai pemimpin memiliki ja terbang yang tinggi dengan menjadi Wakil Presiden Komisaris dari Mexican Stock Exchange, Presiden Komisaris pada perusahaan broker Mexican Association of Brokerage Houses. Kemudian ia adalah Presiden pertama pada perusahaan New York Stock Exchange Administration Council yang bekerja pada tahun 1996-1998. Dia termasuk jajaran pengurus utama dari Grup Altria Philip Morris) -jajaran pengurus dari SBC Communication, program World Education & Development Fund, Dia juga memiliki saham mayoritas menurut Majority Shareholder of CompUSA.

Sederet penghargaan mancanegara pun pernah diraih Carlos diantaranya Merit Medal of Honor dari Kadin Mexico,Golden Plate Award oleh American Academy of Achievement, serta Leopold II Commander Medal dari Pemerintah Belgia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 3 =