Profil & Biografi Kahlil Gibran

Loading...

Kahlil Gibran atau Jubran Khalil Jubran adalah salah seorang sastrawan perantauan dari Mahjar yang beraliran romantik. Terlahir dari keluarga terpandang pada 6 Januari 1883 di sebuah desa bernama Besharri, Lebanon Utara. Ayahnya bernama Khalil bin Gibran yang tak lain adalah seorang pengembala yang memiliki kebiasaan memainkan Taoula. Sedangkan ibunya bernama Kamila adalah anak terakhir dari seorang pendeta Maronit.

Biografi Kahlil Gibran

Kondisi ekonomi keluarga yang serba kekurangan tidak menyurutkan gerak Gibran untuk mengenyam bangku sekolah. Sejak kecil Gibran bergelut dengan pelajaran sastra.Ia mulai belajar banyak hal, terutama bahasa, musik, dan sedikit mengenal tentang seni lukis dari ibunya yang menguasai berbagai bahasa seperti Arab, Perancis, dan Inggris, termasuk sebuah kisah dari negeri Arab yang cukup tersohor.

Saat usianya 10 tahun ia mulai belajar seni dan memulai karier sastra di Amerika. Ia bersekolah umum di Boston. Dua tahun bersekolah di sana bakat kesastraan dan melukisnya mulai menonjol. Setelah menyelesaikan pendidikan dasarnya di Amerika, Kahlil Gibran kembali ke Lebanon untuk mendalami bahasa Arab dan mengenal banyak karya sastrawan Arab terdahulu dengan menempuh pendidikan di sebuah sekolah terkemuka, Madrasah Al-Hikmah, yang terletak di Beirut.

Biografi Kahlil Gibran 2

Beliau menyelesaikan sekolahnya di Madrasah Al-Hikmah saat berusia 19 tahun dan memutuskan untuk pergi di Paris untuk memperluas ilmu dan mendalami seni lukis. Selama dua tahun terhitung dari 1901 hingga 1902 di Paris ia menulis drama pertamanya yaitu Spirits Rebellious ditulis di Boston dan diterbitkan di New York City, buku yang berisi empat cerita kontemporer sebagai sindirian terhadap sosial, pejabat tinggi, pengurus keagamaan, dan cintanya yang kandas akibat perbedaan status sosial.

Sebelum tahun 1918 Gibran telah bersiap meluncurkan karya pertamanya dalam bahasa Inggris, The Madman, His Parables dan Poems. Persahabatannya dengan Mary tergambar dalam The Madman. Berikutnya tahun 1919 terbit buku yang berbahasa Inggris pula Twenty Drawing dan tahun 1920 The Forerunne dan The Prophet tahun 1923.

Biografi Kahlil Gibran 1

Tahun 1920 Gibran mendirikan sebuah asosiasi penulis Arab yang dinamakan Arrabithah Al Alamia yang artinya Ikatan Penulis dengan tujuan merombak kesusastraan Arab yang stagnan. Gibran menyelesaikan Sand and Foam tahun 1926 dan Jesus the Son of Man pada tahun 1928. Ia juga membacakan naskah drama tulisannya Lazarus pada tanggal 6 Januari 1929.

Di akhir hayatnya ia mengalami sakit yang serius. Tubuhnya memang telah lama digerogoti sirosis hati dan tuberkulosis, ia menolak dan tidak pernah mau untuk dirawat di rumah sakit. Kahlil Gibran meninggal dunia di Boston Amerika Serikat 10 April 1931, jenazahnya dimakamkan pada tanggal 21 Agustus di Mar Sarkis, Lebanon sesuai dengan permintaannya, yang sekarang berganti nama menjadi Gibran Museum, sebuah biara Karmelit di mana Gibran pernah melakukan ibadah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four + 7 =