Profil & Biografi Nelson Mandela

Loading...

Nelson Mandela adalah mantan presiden Amerika Serikat ke 16. Beliau dilahirkan di Mvezo, Afrika Selatan pada 18 Juli 1981. Ayahnya bernama Gadla Henry Mphakanyiswa, ialah kepala suku setempat serta anggota dewan kerajaan dan ibunya Nosekeni Fanny. Nelson Mandela merupakan anak paling akhir dari tiga belas bersaudara, dari empat istri ayahnya. Terlahir dari keluarga kerajaan Thembu dan bersuku Xhosa, salah satu kelompok masyarakat yang berbicara memakai bahasa Xhosa di Afrika Selatan. Pada era ke-19, suku itu di kenal juga sebagai suku Tambookie.

Biografi Nelson Mandela 1

Masa kecilnya di habiskan di Thembu, lalu mengawali karir di bidang hukum. Beliau juga mempunyai nama kehormatan dari klannya yakni Madiba. Nelson adalah satu-satunya anak dari keluarganya yang bersekolah. Saat berumur 16 tahun, Nelson belajar di Clarkebury Boarding Institut. Disanalah ia pertama kalinya mendalami kebudayaan barat. Setelah belajar di Clarkerybury Boarding Institut, Nelson melanjutkan studinya ke Fort Hale University untuk mengikuti program B. A. Di sinilah Nelson bertemu seorang yang akan jadi partner setianya dalam berjuang nantinya yakni Oliver Tambo. Saat mengenyam pendidikan di sana, Nelson merasakan ada keganjilan yakni masalah makanan untuk mahasiswa yang terkesan dikorupsi. Nelson juga mengumpulkan masa untuk melakukan tindakan protes yang buntutnya ia disuruh keluar dari university itu. Nelson Mandela lalu pindah ke Johannesburg dan meneruskan studinya di University of the Witswatersrand untuk mengambil hukum. Beliau lalu meneruskan lagi studynya di University of South Africa.

Biografi Nelson Mandela

Awal aktivitas politiknya Nelson Mandela tak menganggap Britania yang saat itu menduduki Afrika Selatan juga sebagai kolonialis, tetapi setelah ia menyaksikan sendiri bagaimana perlakuan kulit putih terhadap kulit hitam yang terkenal dengan gerakan apartheid, Nelson Mandela juga akhirnya tersadar serta memadukan diri dengan ANC yakni African National Congress yang merupakan organisasi yang memperjuangkan kemerdekaan Afrika Selatan. Disela-sela studinya, Nelson Mandela aktif dalam organisasi ANC itu. Beliau begitu lantang menentang gerakan apartheid yang menyengsarakan warga kulit hitam. seharusnya warga kulit hitamlah yang diprioritaskan karena merupakan warga asli negara Afrika Selatan. Karena kegiatannya yang antiapartheid, ia menjalani bermacam masa hukuman. Pada 5 Agustus 1962, Mandela di tangkap serta dipenjarakan di Johannesburg Fort lalu pada 25 Oktober 1962, ia dijatuhi hukuman 5 tahun penjara dan pada 12 Juni 1964, ia dan sekumpulan aktivis yang lain dijatuhi hukuman penjara seumur hidup.

Anti-apartheid leader and African National Congress (ANC) member Nelson Mandela raises clenched fist, arriving to address mass rally, a few days after his release from jail, 25 February 1990, in the conservative Afrikaaner town of Bloemfontein, where ANC was formed 75 years ago.        (Photo credit should read TREVOR SAMSON/AFP/Getty Images)

Anti-apartheid leader and African National Congress (ANC) member Nelson Mandela raises clenched fist, arriving to address mass rally, a few days after his release from jail, 25 February 1990, in the conservative Afrikaaner town of Bloemfontein, where ANC was formed 75 years ago. (Photo credit should read TREVOR SAMSON/AFP/Getty Images)

Setelah menolak pembebasan bersyarat dengan menghentikan perjuangan bersenjata pada Februari 1985, Mandela tinggal di penjara hingga dibebaskan pada 11 Februari 1990 atas perintah Presiden Frederik Willem de Klerk setelah ditekan oleh semua dunia. Mandela dan de Klerk memperoleh hadiah Nobel Perdamaian pada 1993.

Nelson Mandela menjabat juga sebagai Presiden Afrika Selatan dalam periode sekitar 5 tahun (Mei 1994 – Juni 1999) sesudah memenangkan Pemilu dan menjadi presiden kulit hitam pertama dengan de Klerk sebagai Deputi presidennya.

Mandela pada akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada tanggal 5 Desember 2013. Wafatnya tokoh ini membuat semua masyarakat berduka. Untuk kembali mengenang jasa-jasanya, Afrika Selatan membangun suatu monumen Nelson Mandela yang unik seperti hologram.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

twenty + 15 =