Profil & Biografi John Wesley

Loading...

John Wesley lahir di Epworth, 28 Juni 1703 adalah seorang teolog Inggris. Ia dikenal juga sebagai pendiri Gereja Metodis. Dia adalah anak ke-15 dari 19 bersaudara yang merupakan anak Samuel Wesley, seorang pendeta Anglikan yang bernama Samuel Wesley yang melakukan pekerjaan pengembalaannya dengan serius serta menanamkan hal ini pada anaknya. Ibunya, Susanna Annesley yaitu seorang wanita dengan tingkat kerohanian yang tinggi, mendidik anak-anaknya dengan ketat,tegas dan berdasar pada aturan-aturan moral kekristenan, menanamkan dengan kuat konsep belas kasih, kepedulian, serta tugas keagamaan.

Biografi John Wesley

John Wesley hidup di tengah-tengah masyarakat Inggris yang terdiri dari kelas-kelas sosial, yakni kelas bangsawan, kelas menengah serta kelas bawah. Ketika itu juga, berlangsung kesenjangan sosial yang dipengaruhi oleh sistem ekonomi industri hasil dari Revolusi Industri.

Pada tahun 1714 John masuk ke sekolah Chartehouse di London. Ia belajar di sekolah itu sampai tahun 1720 lalu pindah ke Universitas Oxford. Pada tahun 1724, ia memperoleh gelar sarjana muda serta menerima jabatan diaken pada tahun 1725. Setelah itu pada tahun 1726, dia menjadi asisten dosen di Lincoln College, Oxford sembari merampungkan gelar sarjananya. Pada tahun 1727, dia sukses memperoleh gelar sarjana lalu diangkat menjadi imam untuk membantu ayahnya di Epworth. Pada tahun 1735, Wesley pergi untuk menginjil ke daerah Georgia. Tetapi, ia gagal melakukan penginjilan di Georgia.

Biografi John Wesley 1

Pada saat John Wesley kembali ke Inggris pada tahun 1738, ia semakin mengerti kebutuhan spiritualnya. Ia mulai mengerti bahwa ia dipanggil untuk memberitakan Injil pada semua bangsa Inggris. Tetapi, saat dia sukses membuat beberapa orang di Inggris bertobat, orang- orang itu membuat komunitas yang Wesley harapkan mempunyai peran yang sama dalam ranah Anglikan seperti ordo monastik di Gereja Katholik Roma. Dibawah kepemimpinannya, setiap komunitas dibagi dalam ” kelas ” yang mengatur permasalahan keuangan, serta ” kelompok ” yang membuat standar moralitas pribadi. Diluar itu, Wesley menulis banyak karya teologis serta menyunting 35 volume literatur Kristen untuk perkembangan masyarakat. Seorang pemimpin yang tidak pernah lelah dan sempurna, dia melindungi gerakannya agar berhasil dengan baik walau muncul beragam pertentangan.

Namun, pertentangan yang terus-menerus antara pendeta Anglikan, ditambah dengan penolakan mereka untuk menahbiskan pendeta Metodis, memaksa Wesley memisahkan diri menjelang akhir hidupnya. Tahun 1784, dia membuat deklarasi yang mengamankan keabsahan kaum Metodis setelah kematiannya kelak. Pada tahun yang sama, dengan enggan dia menobatkan dua orang untuk melayani sebagai ” pemimpin ” kelompok Metodis di Amerika Utara. Dia selalu berupaya menyediakan beberapa pendeta untuk Inggris.

Metodisme mempunyai efek utama pada masyarakat Inggris. Metodisme membawa agama pada beberapa orang yangtak dijangkau oleh gereja Anglikan karena revolusi Inggris. Selain itu, Metodisme membawa manfaat pada banyak hal dalam Gereja Inggris ataupun jemaat yang tidak sepakat. Dengan mengutamakan moralitas, disiplin diri, serta penghematan untuk kelas-kelas yang dihilangkan, sebagian sejarawan berasumsi Wesley sebagai kemampuan paling utama yang melindungi Inggris bebas dari revolusi serta meluasnya kegelisahan sosial pada zamannya. Dia sendiri secara politik konservatif, seorang pengkritik demokrasi, serta musuh revolusi Amerika ataupun Perancis.

Dalam ajaran teologi John Wesley, ia membangun pemahamannya perihal hakekat manusia sepenuhnya atas dasar ajaran Reformasi perihal dosa asal (original sin), serta pentingnya kasih karunia yang tidak berkesudahan pada keselamatan (salvation). Akan tetapi ia memisahkan diri dari ajaran beberapa reformator serta menyuntikan ajaran perihal kasih karunia yang berbeda ke dalam pemahamannya tentang keselamatan, di mana menurut dia kebanyakan orang sudah menerima Roh Kudus berkemampuan untuk memberi tanggapan pada Allah.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eight + 10 =