Profil & Biografi Raditya Dika

Loading...

Dika Angkasaputra Moerwani, ya demikian nama lengkap pria jenaka satu ini. Raditya Dika dikenal sebagai penulis novel terkenal serta Komika (Stand Up Comedy) yang populer dengan lawakan-lawakannya yang up to date. Pemeran film cinta brontosaurus ini lahir di Jakarta 28 Desember 1984 dari rahim seorang ibu bernama Tetty Nasution.

Biografi Raditya Dika 2

Pergantian namanya terjadi saat ia duduk di bangku SD. Saat ia duduk di kelas 4 SD, Radit meminta pada ibunya untuk mengganti namanya. Seakan hal itu bukanlah permasalahan yang berarti, ibunya juga segera mengiyakan. Hingga namanya di ijazah SD sampai SMA menggunakan nama Raditya Dika dan bukanlah nama aslinya. Demikian juga dengan nama di KTP dan Sim. Tetapi permasalahan muncul saat akan kuliah ke luar negeri, karena waktu itu harus mencocokan akte kelahiran dan ijazah SMA. Untungnya pihak imigrasi membuatkan nama dengan sebutan lain pada passport Raditya Dika.

Radith, demikian sapaan akrabnya menjalani sekolah pada tingkat SMP di SMP Tarakanita I, lalu meneruskan ke SMU 70 Bulungan, serta ia juga mencoba bersekolah keluar negeri yaitu diUniversity of Adelaide, dan kembali lagi ke Indonesia untuk meneruskan studinya di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

Biografi Raditya Dika 1

Radith yang memulai karier sebagai seorang bloger ini mulai meningkatkan bakatnya sebagai komedian, aktor, pemeran, model serta sutradara. Selain itu bakatnya dalam menulis juga ikut dikembangkannya. Hal semacam ini terbukti dengan dikeluarkannya karya pertama yang mengangkat namanya, yakni buku yang berjudul Kambing Jantan. Buku ini adalah sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh di tahun 2005. Buku ini menceritakan kehidupan Radith saat masih berkuliah di Adelaide, Australia. Narasi yang dibawakan Radith yaitu kisah-kisahnya sebagai pelajar Indonesia yang berkuliah diluar negeri. Buku ini ditampilkan dalam format diary atau buku harian.

Biografi Raditya Dika

Selain itu, ia juga bermain dalam film yang diangkat dari pengalaman hidupnya, yang mana bukunya sudah lebih dulu terbit yaitu Kambing Jantan : The Movie. Pada pertengahan bulan November 2009, lewat website resminya, Radith menginformasikan bahwa buku kelimanya yang berjudul Marmut Merah Jambu akan segera terbit dengan jadwal edar sementara pada bulan Desember 2009. Tetapi pada pertengahan bulan Desember silam, Radith kembali melalui website resminya menyebutkan bahwa buku kelimanya itu masih tetap mengalami sedikit perubahan dan penambahan narasi pada beberapa bagian, hingga besar kemungkinan penerbitan buku itu akan mundur beberapa waktu.

Karirnya juga makin melejit sesudah ia menunjukkan karya-karyanya, mulai dari meluncurkan 6 buah novel, membintangi 5 film, menulis 2 skenario film, belum lagi penghargaan yang didapatkannya.

Tentang kehidupan pribadinya, Radith di kenal juga sebagai orang yang cukup terbuka. Ia pernah berpacaran dengan sederet artis seperti Herfiza Novianti, Sherina serta Anissa Aziza. Setiap wanita yang ada di hidup Radith senantiasa dijadikan suatu narasi romantis dalam novelnya. Misalnya dengan Sherina yang pernah muncul dalam novel ” Marmut Merah Jambu “.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − two =