Profil & Biografi Asma Nadia

Loading...

Asmarani Rosalba adalah nama asli Asma Nadia. Asma lahir di Jakarta pada tanggal 26 Maret 1972. Asma Nadia adalah anak kedua dari pasangan Amin Usman yang datang dari Aceh dan Maria Eri Susanti yang merupakan mualaf keturunan Tionghoa dari Medan. Ia mempunyai seorang kakak bernama Helvy Tiana Rosa, serta seorang adik bernama Aeron Tomino. Mereka bertiga menekuni ketertarikan mereka sebagai penulis. Ia menikah dengan Isa Alamsyah yang juga seorang penulis. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai dua anak yang bernama Eva Maria Putri Salsabila dan Adam Putra. Anak mereka juga berkeinginan untuk menekuni karir sebagai penulis.

Biografi Asma Nadia

Setelah lulus dari SMA 1 Budi Utomo, Jakarta, Asma Nadia meneruskan kuliah di Fakultas Teknologi Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Tetapi, kuliah yang dijalaninya tidak tamat. Dia harus menjalani istirahat karena sakit yang dideritanya.

Asma memiliki obsesi untuk selalu menulis. Itulah penyebab, saat kesehatannya mengalami penurunan, ia terus semangat menulis. Di samping itu, dorongan serta semangat yang didapatkan keluarga serta orang yang menyayanginya memotivasi Asma untuk selalu menulis. Asma terus aktif mengirimkan tulisannya ke majalah Islam.

Biografi Asma Nadia 2

Selain sebagai seseorang penulis serta pembicara, Asma Nadia juga dikenal sebagai Ketua Forum Lingkar Pena yang merupakan suatu perkumpulan untuk membantu beberapa penulis-penulis muda. Tidak hanya sebagai Ketua Yayasan Lingkar Pena, Asma juga menjabat sebagai manager Lingkar Pena Publishing House. Ibunda dari Adam Putra ini, juga merintis penerbitannya sendiri yang dinamakan Asma Nadia Publishing House.

Salah satu buku yang sukses diterbitkan yang sudah dialihkan ke layar lebar, berjudul Emak Ingin Naik Haji. Serta uniknya, semua royalti dari buku itu diberikan untuk aktivitas sosial kemanusiaan, terutama untuk menolong mewujudkan mimpi untuk mereka yang merindukan tanah suci namun kurang mampu. Melalui Yayasan Asma Nadia, Nadia merintis Rumah Baca Asma Nadia (RBA), suatu rumah sederhana untuk membaca serta melakukan aktivitas untuk anak-anak dan remaja yang kurang mampu. Sekarang ini RBA ada ditiga titik di Jakarta, Gresik, Bogor, Balikpapan, Pekanbaru, serta Jogja.

Biografi Asma Nadia 1

Asma Nadia juga pernah mengikuti Pertemuan Sastrawan Nusantara XI di Brunei Darusalam, bengkel kerja kepenulisan novel yang diselenggarakan Majelis Sastra Asia Tenggara (Mastera). Dari hasil kegiatan kepenulisan Mastera, Asma Nadia membuahkan novel yang berjudul Derai Sunyi. Juga sebagai anggota ICMI, Asma Nadia sempat juga diundang untuk mengisi acara bengkel kerja kepenulisan yang diselenggarakan ICMI, orsat Kairo. Asma juga kerap jadi pemandu acara pada acara yang memiliki nuansa keislaman. Saat ini, Asma juga sibuk dengan pekerjaannya sebagai direktur Yayasan Prakasa Insan Mandiri (Prima). Ia juga repot mengadakan beragam paket kegiatan anak lewat prime kids dan memberi pelatihan bahasa Inggris.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

8 + fourteen =