Profil & Biografi Beethoven

Loading...

Ludwig Van Beethoven adalah seorang komposer Jerman dan seorang tokoh yang unggul dalam sejarah musik klasikal. Beliau lahir di Bonn, Jerman pada tahun 1770, dari pasangan Johann van Beethoven yang merupakan seorang pemain musik berketurunan Flemish serta Maria Magdalena Keverich yang merupakan anak ketua dapur di kubu Festung Ehrenbreitstein. Beethoven dibaptis pada tanggal 17 Desember 1770, meskipun tarikh lahir beliau tak diketahui secara pasti, tetapi keluarganya menyambut hari lahir beliau pada 16 Desember. Beliau adalah satu dari tujuh bersaudara, namun hanya beliau serta dua adik-adiknya yang hidup.

Biografi Beethoven

Beethoven memang berasal dari keluarga pemusik. Kakeknya adalah penyanyi tenor yang dihormati sekaligus dirigen orkestra istana. Dibawah pengaruh kakeknya, kecintaan Beethoven terhadap musik mulai dipupuk. Sayangnya kakeknya meninggal saat ia berumur tiga tahun. Sedangkan ayahnya adalah penyanyi tenor yang biasa-biasa saja dan bertemperamen keras serta ibunya adalah seorang pembantu rumah tangga biasa. Mungkin dari sinilah ayahnya mau mengembalikan wibawa keluarga yang pernah menjadi orang terhormat saat masih ada sang kakek melalui Beethoven.

Saat ia berumur 11 tahun, Beethoven harus putus sekolah dan ia bekerja sebagai organis istana untuk membantu keuangan keluarga. Saat kecil Beethoven sangatlah tidak bahagia. Ia tidak mempunyai rekan karena tak diizinkan bermain, ia hanya diizinkan untuk selalu belajar musik. Bila sepi melanda, Beethoven hanya bermain piano sambil menghibur dirinya sendiri setiap harinya.

Biografi Beethoven 1

Ketertarikan Beethoven pada musik tak pernah padam. Ketika ia berumur 22 th., ia berkelana ke Vienna Austria untuk lebih memperdalam musik. Vienna merupakan kota musik yang populer didunia. Banyak pakar musik yang dilahirkan dari kota ini. Selain itu Vienna terkenal dengan pertunjukan drama, operet, gedung konser dan semua yang berhubungan dengan musik dan pertunjukan. Namun, pada tahun 1801, ia mulai kehilangan pendengarannya. Ketuliannya semakin parah, kemudian pada tahun 1817 ia menjadi tuli seutuhnya. Walaupun ia tidak dapat bermain dalam konser, ia selalu menciptakan musik dan pada saat beberapa karya-karyanya yang paling besar. Ia melakukan sisa hidupnya di Wina dan memutuskan untuk tidak pernah menikah.

Biografi Beethoven 2

Di umur senjanya, Beethoven yang tuli harus menghadapi kemunduran lagi yang meremukkan hatinya. Saat ia berumur 53 tahun, Beethoven tengah memimpin orkestra dalam suatu latihan. Karena tidak dapat mendengar nyanyian di panggung, orkestra yang dipimpinnya tak bisa mengimbangi nyanyian sang penyanyi. Mengakibatkan ia diberhentikan dari memimpin orkestra.

Beethoven meninggal dunia pada 26 Maret 1827 di Wina Austria. Pemakamannya di hadiri oleh sepuluh ribu sampai tiga puluh ribu orang, jumlah yang sangat besar dalam menghadiri pemakaman diwaktu itu. Ada sengketa perihal pemicu kematian Beethoven diantaranya seperti alkohol sirosis, sifilis, hepatitis menular, keracunan timah, sarkoidosis. Namun yang pasti, beberapa sumber menyampaikan bahwa sepanjang hidupnya, Beethoven mempunyai masalah mental karena pendengarannya sampai ia tuli dan ia menderita bipolar.

Karya Beethoven senantiasa dikenang sepanjang masa, bukan hanya karyanya yang memang luar biasa tetapi juga karena ia suksesmengatasi keterbatasan fisiknya dan kesengsaraan hidupnya yang dilaluinya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =