Profil & Biografi Wayne Rooney

Loading...

Pemilik nama lengkap Wayne Mark rooney ini adalah pemain sepak bola terkenal asal Inggris yang kini bermain untuk Club tersohor Manchester United atau yang biasa dijuluki dengan Setan Merah (The Red Devils). Pria yang lahir di Croxteth, Liverpool Inggris, 24 October 1985 ini adalah andalan di klub besar MU. Pasalnya, dengan tubuh besar dan gagah seperti julukannya Shrek, Rooney memang sangat cocok untuk ditempatkan sebagai penyerang atau striker untuk klub Inggris, Manchester United.

Biografi Wayne Rooney

Rooney adalah keturunan Irlandia yang merupakan putra dari pasangan Jeanette Marie dan Thomas Wayne Rooney. Ia dibesarkan sebagai seorang Katolik Roma. Rooney memiliki dua adik yang bernama Graham dan John, dan ketiganya adalah alumni dari Sekolah dasar Our Lady dan St Swithin’s dan De La Salle Humaniora College. Striker klub MU ini dibesarkan dalam lingkungan yang mendukung Everton.

Pesepakbola yang bermain di klub MU serta Timnas Inggris ini memulai karirnya saat berumur sepuluh tahun dengan bergabung di klub Everton. Dia bertahan pada klub Everton sampai tahun 2002. Ditahun 2002, Rooney mulai membuat debut profesionalnya. Dengan gol pertamanya, Rooney berhasil menjadi pencetak gol termuda dalam Liga Premier kala itu. Rooney dipindahkan ke klub Everton senior saat ia beranjak remaja. Meskipun hanya 2 tahun bersama klub Everton, Rooney sudah berhasil menyumbang 15 gol selama bermain dalam 65 kali pertandingan.

Biografi Wayne Rooney 2

Saat Rooney berumur 19 tahun, tepatnya pada tahun 2004, Manchester United yang saat itu merupakan juara bertahan liga Inggris sangat tertarik pada skill yang dimiliki Rooney. Tanpa banyak berpikir, Ferguson pelatih MU saat itu langsung merekrut bakat muda satu itu. Rooney pun bergabung dengan tim Setan Merah sampai saat ini. Pria bernomor punggung 10 ini tidak hanya mengandalkan kecepatan dan feelingnya saja saat bermain bola. Tapi ia juga sangat mengandalkan tubuhnya yang prima. Hal itu terbukti dari hasil cetakan gol Rooney yang mencapai 129 gol dari 251 kali pertandingan. Dan dengan itu, nama dan karir Rooney pun kian populer hingga saat ini. Di usianya yang masih muda, Rooney sudah mendulang kesuksesannya di dunia sepak bola.

Biografi Wayne Rooney 1

Untuk Timnas Inggris sendiri, Rooney sudah memulainya sejak tahun 2003. Saat itu Rooney merupakan pemain termuda di Tim nasional Inggris. Rooney lagi-lagi menjadi pencetak gol termuda di kompetisi Euro karena berhasil mencetak 2 gol saat pertandingan melawan Swiss pada Euro 2004. Namun, sialnya pada tahun 2006, Wayne Roone sempat mengalami cidera kaki akibat tackle keras dari pemain Chelsea, paulo Ferreira. Saat itu mendekati Piala Dunia 2006. Rooney termotivasi untuk cepat pulih karena ia adalah pemain kunci utama di Timnas Inggris saat itu.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × one =