Profil & Biografi Adnan Januzaj

Loading...

Mungkin Anda sudah sering mendengar nama ini? Atau bahkan Anda adalah salah satu penggemarnya? Yeah, Adnan Januzaj, pesepakbola asal Belgia ini lahir di Brussels, Belgia tanggal 5 Februari 1995. Pria tampan satu ini bermain untuk klub The Red Devils alias Manchester United sebagai pemain sayap. Pemain sepak bola muda ini memiliki tubuh yang tinggi 180 cm dan bernomor punggung 44 di klub MU.

Biografi Adnan Januzaj 1

Ayahnya, Abedin berhasil melarikan diri dari perekrutan tentara oleh Yugoslavia sebab mereka sempat melakukan imigrasi pada tahun 1992. Sedangkan pamannya sendiri adalah anggota Tentara Pembebasan Kosovo yang memperjuangkan kemerdekaan Kosovo, Albania (asal keluarganya) dalam Perang Kosovo.Keluarga dari ibu Adnan telah dideportasi ke Turki oleh Yugoslavia. Tapi sejak Kosovo merdeka tahun 2008, Januzaj rutin mengunjungi keluarganya di Kosovo.

Pemain sepak bola muslim satu ini memulai karirnya dengan bergabung di klub FC Brussels lalu kemudian bermain untuk Anderlecht saat berumur 10 tahun. Berkat Skill yang ia miliki, ia digandrungi banyak fans mulai dari yang tua, muda, laki-laki maupun perempuan. Kemudian ia memutuskan untuk meninggalkan Anderlecht dan bergabung di klub Inggris Manchester United pada Maret 2011 setelah sebelumnya tampil sangat mengesankan di Brussels.

Biografi Adnan Januzaj

Awal musim 2012-13, Sir Alex Ferguson selaku Manager MU, memberikan nomor punggung 44 pada Adnan untuk skuat utama. Saat laga tanding melawan West Bromwich Albion, Adnan berhasil memenangkan penghargaan Denzil Haroun Reserve Team Player og the Year 2013, disaat ia berumur 18 tahun. Lalu ia bergabung dalam skuat utama dalam laga pra musim 2013-14. Dalam pertandingan MU melawan Sevilla, ia satu-satunya yang memberikan assist gol meskipun MU tetap kalah dengan skor 3-1.

Januzaj menggantikan Robin Van Persie dan membuat debut kompetitif dalam ajang FA Community Shield 2013 ketika MU bertanding melawan Wigan Athletic. Sebulan kemudian, ia kembali membuat debutnya lagi di Liga Utama Inggris sebagai pengganti Ashley Young di menit 68. Saat itu timnya menang 2-0 atas Crystal Palace pada 14 september 2013. Dan tanggal 5 Oktober 2013, untuk pertama kalinya Adnan Januzaj menjadi starter di klub, dan ia berhasil mencetak dua gol setelah ketinggalan 1 gol dalam meraih kemenangannya 2-1 atas Sunderland.

Biografi Adnan Januzaj 2

Dengan prestasinya tersebut, Manchester dengan sigap membuatkan kontrak baru selama lima tahun agar ia tak pindah pada club lain yang mulai mengincarnya saat itu. Tanggal 3 Desember 2013, Januzaj dinominasikan untuk BBC Young Sport Personality of the Year. Dan saat pencalonannya itu, ia telah bermain disepuluh pertandingan untuk klubnya MU. Dan benar saja, Januzaj akhirnya dipercaya mengenakan nomor punggung 11 yang dipakai oleh Legenda United, Ryan Giggs sebelumnya.

Yang lebih menarik lagi dari sosok Adnan Januzaj ini adalah fakta bahwa ia adalah satu-satunya pemain Muslim di tim U-21 Manchester United dan ia juga dikenal sebagai pemain kidal. Fakta unik lainnya yaitu, Adnan tak serta merta masuk klub MU begitu saja. Klub sebesar MU sempat berjuang mengalahkan Barcelona demi memburu tanda tangan pemain sepak bola profesional satu ini. Lucunya lagi, pesepakbola dengan skill dan tehnik mumpuni ini memiliki tanggal lahir yang sama dengan pemain bola terkenal lainnya seperti Carlos Tevez, Neymar, dan juga Cristiano Ronaldo. Suatu kebetulan yang unik sekali, bukan?

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 × 5 =