Profil & Biografi Donald Trump

Loading...

Donald Trump, pria yang memiliki nama lengkap Donald John Trump ini lahir di New York City, New York tanggal 14 Juni 1946. Ia adalah seorang wirausahawan, pionir program pertelevisian serta pebisnis yang sukses dari Amerika. Trump sendiri adalah putra dari Fred Trump, yaitu ahli pengembang real-estate New York City. Ia memulai karirnya saat bekerja pada perusahaan milik ayahnya, dan resmi bergabung dengan perusahaan di tahun 1968. Ia diberi kendali untuk memegang perusahaan pada tahun 1971 dan menamainya The Trump Organization.

Biografi Donald Trump 2

Sewaktu remaja, Trump pernah mengikuti Akademi Militer New York karena orang tuanya yakin Trump bisa menjadi pria tangguh. Donald Trum pun sepertinya tidak masalah dengan hal itu. Malahan ia mendapatkan penghargaan akademis, bermain football di tahun 1962, sepak bola tahun 1963, serta baseball dari tahun 1962 hingga 1964. Ia pun sempat menjadi kapten tim baseball di tahun 1964.

Trump pernah kuliah di Universitas Fordham selama dua tahun sebelum pindah ke Wharton School di Universitas Pennsylvania. Ia lulus dengan gelar Sarjana Ekonomi pada tahun 1968, kemudian bergabung di perusahaan ayahnya. Namun sebelumnya, ia pernah bekerja menjadi honorer di kampusnya NYMA (New York Military Academy).

Biografi Donald Trump 1

Di tahun 1970an, Trump mendapat keuntungan dari pemerintah New York City sebagai ganti krisi keuangan yang dialami Hotel Commodore. Ia juga sukses dalam mengembangkan bidang properti untuk Javits Convention Center.

Dibalik kesan mewah dari kehidupan yang ia jalani, ternyata Donald Trump juga sempat mengalami kebangkrutan. Di tahun 1990, ia sempat mengalami kesulitan membayar hutang. Ia mengalami masalah pembayaran pinjaman atas kasino ketiganya Taj Mahal yang bunganya sangat besar.

Berlanjut di tahun 1991, melonjaknya hutang yang ia miliki, membuat bisnisnya mengalami kemunduran yang sangat besar. November 1992, Trump terpaksa memberikan 49 saham hotel mewahnya Trump Plaza Hotel, kepada Citibank dan 5 penyandang lainnya. Namun, ia masih bisa menjadi Chief Executive disana walaupun tidak dibayar.

Biografi Donald Trump

Lebih parah lagi, di tahun 1994, Trump kehilangan 900 juta dollar dari rekening pribadinya dan kerugian yang sangat drastis di sektor bisnis yaitu sebesar 3,5 milliar dollar.

Dalam dunia media, Trump pernah muncul di media dengan versi karikatur di beberapa seri televisi dan film. Tahun 2004, ia menjadi produser eksekutif dan pembawa acara di NBC acara realitas, The Apprentice, yang merupakan persaingan grup manajemen kelas atas.

Donald Trump juga merupakan pemilik Organisasi Miss Universe. Organisasi ini mencetak Miss Universe, Miss USA, dan Miss Teen USA. Trump juga menciptakan perusahaan pendidikan bisnis yang diberi nama Trump university. Ia juga mendirikan beberapa perusahaan lain serta sebuah situs yang berisi beberapa properti miliknya seperti hotel dan biro perjalanan.

Untuk urusan pribadi, Donald Trump telah menikah sebanyak tiga kali. Yang pertama ia menikahi Ivana Zelnickova di tahun 1977. Trump memiliki 3 orang anak dari Ivana, yaitu Donald Jr, Ivanka, dan Eric. Yang kedua, ia menikahi Marla Maples di tahun 1993. Mereka hanya memiliki satu orang anak yang bernama Tiffany. Dan yang ketiga adalah Melanija Kanvs, yang ia nikahi tahun 2005. Dari pernikahannya itu ia memiliki satu orang anak.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =