Profil & Biografi John Kennedy

Loading...

Pria yang memiliki nama lengkap John Fitzgerald Kennedy ini lahir di Brookline, Massachusetts pada tanggal 29 Mei 1917. Ia merupakan presiden Amerika Serikat ke-35 yang mati ditembak saat berusia 46 tahun. Ia wafat di Dallas, Texas, tanggal 22 November 1963. Untuk mengenang jasanya, namanya dijadikan nama salah satu bandara di Amerika Serikat.

Biografi John Kennedy 1

John F. Kennedy adalah putra dari pasangan pebisnis/politikus Joseph Patrick “Joe” Kennedy, Sr. Dan filantropis Rose Elizabeth Fitzgerald. John Kennedy lahir di lingkungan keluarga yang memiliki jabatan dalam pemerintahan. Namun, bakat politiknya sendiri baru muncul saat ia menjadi mahasiswa senior di Harvard. Ia mulai fokus di bidang politik. Ia juga membuat tesis yang membahas tentang Britania Raya dalam Perjanjian munich.

Tesisnya berhasil dijadikan sebuah buku yang diberi judul ‘Why England Slept’ dan laris terjual. Kennedy lulus dari Harvard dengan gelar Bachelor of Science cum laude dalam bidang urusan Internasional tahun 1940. Di awal 1941, ia sempat membantu ayahnya menulis memoar tiga tahun pengalamannya sebagai duta besar Amerika, lalu ia melakukan perjalanan keliling Amerika.

Biografi John Kennedy 2

JFK, Panggilan John Kennedy, terpilih menjadi Presiden Amerika Serikat termuda pada tahun 1960 dengan kemenangan yang tipis dalam salah satu pemilu yang terkenal paling ketat dalam sejarah Amerika. Ia adalah anggota perwakilan dan Senat AS. Ia resmi menjadi presiden setelah pelantikannya tanggal 20 Januari 1961. Namun, masa jabatannya terpaksa berhenti saat terjadi pembunuhan terhadap dirinya pada tahun 1963. Ia tewas saat melakukan kunjungan ke Dallas, Texas, saat mobil terbukanya melintas di kerumunan.

Mantan presiden Amerika Serikat satu ini sangat dikagumi karena keberaniannya serta jiwa kepahlawanannya saat menyelamatkan seorang rekan pelaut di Samudera Pasifik Selatan saat Perang dunia II.

Biografi John Kennedy

Terdapat beberapa peristiwa selama masa kepresidenan John Kennedy, yakni Invasi teluk Babi, Krisis Rudal Kuba, Perlombaan Antariksa dengan memulai proyek Apollo (yang berpuncak pada pendaratan di Bulan), Pembangunan Tembok Berlin, Gerakan Hak Sipil Afrika-Amerika, dan tahap-tahap awal Perang Vietnam. Kennedy menambah jumlah penasihat militer, pasukan operasi khusus, dan helikopter untuk menghambat penyebaran komunisme di Asia Tenggara. Pemerintahan Kennedy juga mengadopsi kebijakan Strategic Hamlet Program yang diterapkan oleh pemerintah Vietnam Selatan. Kebijakan ini melibatkan relokasi paksa, pengurungan desa, pemisahan pedesaan Vietnam Selatan dari milisi komunis utara dan selatan.

Pada kasus pembunuhan John Kennedy, ada satu nama yang dituding sebagai pelakunya, yaitu Lee Harvey Oswald. Namun ia ditembak sampai mati dua hari setelah ditangkap. FBI dan komisi Warren menyimpulkan bahwa Oswald adalah pembunuh tunggal. Tapi Komite Pembunuhan Istimewa DPR Amerika Serikat berpendapat bahwa Kennedy mungkin dibunuh akibat persekongkolan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

5 − 3 =