Profil & Biografi Adhyaksa Dault

Loading...

Siapa yang tak kenal dengan Adhyaksa Dault? Ia merupakan Menteri Negara Pemuda dan Olahraga dalam kabinet Indonesia bersatu periode 2004-2009. Ia lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, pada tanggal 7 Juni 1963. Sebelumnya ia pernah bekerja sebagai penasehat hukum. Adhyaksa Dault melanjutkan pendidikan ke Program Magister Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia (FISIP UI). Kemudian di tahun 2007, ia melanjutkan pendidikan lagi dengan mengambil Doktor (S3) Jurusan Teknik Kelautan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Biografi Adhyaksa Dault

Suami dari Drg. Mira Arismunandar ini sangat aktif berorganisasi. Tahun 1987-1988, Adhyaksa Dault menjadi Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Hukum USAKTI. Ia juga menjadi Ketua Ikatan Senat Mahasiswa Hukum Indonesia (ISMAHI) Korwil DKI Jakarta. Dan di tahun 1999-2002, ia menjabat menjadi Ketua Lembaga Pengkajian Keadilan dan Demokrasi Indonesia (LPKDI) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI). Bahkan dari 1999 hingga 2004, ia menjabat menjadi Ketua Ikatan Penasehat Hukum Indonesia (IPHI) Jakarta. Di tahun 2003 hingga 2006, ia juga terpilih menjadi menjadi Ketua Umum Majelis Pemuda Indonesia (MPI). Dan sebelum menjadi Ketua Kwartir Nasional Pramuka, pria satu ini sempat menjadi Ketua Badan Pengawas YPI Al Azhar periode 2007-2012.

Biografi Adhyaksa Dault 2

Adhyaksa Dault kembali ke dunia pendidikan setelah ia selesai menjalankan tugasnya sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga Kabinet Indonesia bersatu 2004-2009. Ia menjadi Dosen Program Doktor Manajemen Sumberdaya Pantai-Universitas Diponegoro. Ia juga merupakan Kandidat Guru Besar pada Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas tersebut.

Penulis buku Islam dan Nasionalisme : “Reposisi Wacana Universal Dalam Konteks Nasional” ini juga mengemban jabatan sebagai Komisaris Independen PT.BRI.Tbk, sejak tahun 2010 hingga saat ini. Tak hanya itu, ia juga menyempatkan dirinya untuk menjadi Ketua Umum VANAPRASTHA, yaitu suatu wadah dari para Penggiat Alam Terbuka dan Aktivis Lingkungan yang berdiri sejak 1976.

Biografi Adhyaksa Dault 1

Adhyaksa Dault juga dikenal sebagai pencetus ide kreatif yang dikenal dengan dengan program PIP3D ( Promosi Indonesia Pada – Pada Puncak Dunia). PIP3D merupakan program yang memadukan beberapa unsur kegiatan seperti Ekspedisi Pendakian, Touring Sepeda, Talkshow serta Dialog Interaktif sambil mempromosikan pariwisata Indonesia di mancanegara. Di tahun 2001 lalu, ia beserta Timnya bahkan pernah berhasil mendaki di Mount Blanc, Perancis, touring sepeda mengelilingi sebagian Eropa Barat, dan juga melakukan Talk Show serta dialog interaktif di Perancis dan Belanda. Sungguh suatu prestasi yang sangat membanggakan.

Adhyaksa Dault memiliki dua orang anak, yang diberi nama Umar Adiputra Adhyaksa dan Fakhira Putri Maryam. Pria hebat satu ini bahkan terpilih menjadi “Tokoh Pemuda Terpopuler 2007” oleh polling Reform Institute. Sosok seperti inilah yang patut menjadi contoh untuk bagi pemuda-pemuda tanah air.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

four × 4 =