Profil & Biografi Rihanna

Loading...

Rihanna lahir tanggal 20 Februari 1988 di Saint Michel, Brbados, dengan nama lengkap Robyn Rihanna Fenty. Ia adalah salah satu penyanyi R&B asal Barbados. Ia mulai bernyanyi saat berusia sekitar tujuh tahun, tapi saat itu bernyanyi hanyalah sekedar kegemarannya saja. Namun ia tetap serius dalam bernyanyi, terbukti dari dibentuknya group musik olehnya bersama dua orang teman sekolahnya.

Biografi Rihanna 2

Di usia ke 16, ia memutuskan untuk pindah ke Amerika demi mengejar karir rekaman di bawah bimbingan Evan Rogers. Evan Rogers adalah produser rekaman yang terkesima saat melihat penampilan pertama Rihanna sewaktu mengikuti sebuah audisi. Sejak itulah, Evan menawarkan Rihanna untuk tidak menyia-nyiakan bakatnya dengan melakukan rekaman. Berkat bakat Rihanna yang memang patut diacungkan jempol, saat itu ia berhasil mendapat kontrak dengan Def Jam Recordings.

Biografi Rihanna 1

Di tahun 2005, Rihanna sukses merilis album studio perdananya berjudul Music of the Sun. Album pertamanya ini sukses besar dengan single utama berjudul “Pon de Replay”. Tak lama kemudian, ia kembali merilis album kedua yang diberi judul “A Gilr Like Me” di tahun 2006, yang berhasil masuk lima besar dalam tangga album Billboard. Single utamanya “SOS” menjadi nomor satu pada Hot 100. Di tahun berikutnya (2007), ia lagi-lagi merilis album ketiganya, “Good Girl Gone Bad” yang sukses memunculkan empat single terbaiknya, yakni “Umbrella”, “Take a Bow”, “Disturbia”, dan “Don’t Stop the Music”. Tak hanya itu, Umbrella milik Rihanna berhasil masuk sembilan nominasi di ajang Grammy Awards dan memenangkan Best Rap/Sung Collaboration, yang ia nyanyikan bersama Jay-Z.

Biografi Rihanna

Tahun 2009, penyanyi berbakat ini kembali merilis album keempat dengan judul “Rated R. Beberapa singlenya seperti “Russian Roulette”, “Hard”, dan “Rude Boy” berhasil menduduki urutan sepuluh besar dan mencapai nomor satu di Billboard Hot 100. Rihanna merilis labum kelimanya, “Loud” di tahun 2010. Dan single-single andalannya adalah “Only Girl (In the World), “What’s My Name?”, dan “S&M”.

Nama Rihanna makin melambung dengan album-albumnya yang dirilis dengan sangat sukses. Ia merupakan salah satu artis dengan penjualan musik terlaris sepanjang masa. Pasalnya, ia telah berhasil menjual lebih dari 20 juta album dan 60 juta single dalam dunia musik. Bahkan ia juga merupakan artis termuda sepanjang sejarah di tangga lagu Billboard yang mencapai sepuluh single nomor satu pada Hot 100.

Berbagai macam penghargaan telah Rihanna dapatkan berkat bakat dan kerja kerasnya. Beberapa penghargaan tersebut antara lain World Music Awards 2007 untuk Best Selling Pop Female Artist dan Female Entertainer of the Year, Brit Awards 2011 untuk Best International Female Solo Artist. Ia juga menerima empat penghargaan Grammy Awards, empat American Music Awards, dan delapan belas Billboard Music Awards. Semakin terkenalnya nama Rihanna, menjadikannya sebagai duta resmi pemuda dan budaya Barbados.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

nine + six =