Profil & Biografi Abraham Lincoln

Loading...

Abraham Lincoln, lahir di Hardin County, Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809, dan meninggal pada tanggal 15 April 1865 saat berusia 56 tahun. Ia adalah Presiden Amerika Serikat yang ke-16. Terlahir dari keluarga yang sangat miskin tidak menjadikannya sebagai seorang pria yang acuh terhadap ilmu pengetahuan. Berkat tekad dan semangatnya dalam mencari ilmu, akhirnya ia berhaisl menjadi ahli hukum diusia ke-28. Namun ia sendiri telah menginjak dunia politik sejak berumur 23 tahun. Kal itu, ia berusaha untuk menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah negara bagian Illinois, bagian barat-tengah Amerika. Tapi ia kalah dalam pemilihan. Dua tahun selanjutnya ia kembali berusaha dan memenangkan pemilihan. Setelah itu, ia berhasil terpilih lagi tiga kali berturut-turut setelahnya.

Biografi Abraham Lincoln

Abraham Lincoln tidak menyia-nyiakan kesempatannya sebagai wakil rakyat. Ia berjuang memperjuangkan hak rakyat dan berusaha untuk membebaskan perbudakan yang saat itu terjadi di wilayah Selatan. Hal tersebut tentu saja ditentang oleh perwakilan dari Selatan yang berpendapat bahwa budak-budak itu adalah milik mereka. Jika perbudakan dihapus sama saja merampas hak mereka. Namun, itu tidak menyulutkan semangat Lincoln untuk memperjuangkan para budak.

Abraham Lincoln akhirnya mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat dan ia terpilih menjadi presiden AS ke-16 pada tanggal 6 november 1860. Ia berhasil mengalahkan Demokrat Stephen A. Doughlas yang sempat berdebat dengannya mengenai perbudakan di wilayah Selatan, John C. Breckinridge dari Demokrat Selatan, dan John Bell Uni Partai Konstitusi baru.

Biografi Abraham Lincoln 2

Ia merupakan presiden pertama dari partai Republik. Ia berhasil memenangkan pemilihan berkat dukungan dari Amerika bagian Utara dan Barat. Sedangkan untuk Selatan sendiri, tidak ada yang memilih Lincoln. Bahkan warga Selatan tidak mengakui Lincoln sebagai Presiden Amerika.
Tak lama setelah ia menjabat, terjadilah perang saudara di Amerika Serikat antara negara bagian Utara dan negara bagian Selatan. Abraham pun menerima perang tersebut demi menyelamatkan persatuan negara.

Saat itu, ia mengeluarkan Proklamasi Pembebasan di tengah-tengah perang saudara yang terjadi. Proklamasi tersebut menyatakan bahwa semua budak belian yang terdapat pada negara-negara ataupun daerah-daerah yang melawan AS akan bebas mulai 1 Januari 1863.

Hadirnya proklamasi itu ternyata mendorong semangat semua orang untuk memperjuangkan kebebasan dan penghapusan perbudakan disana. Akhirnya perang sipil pun dimenangkan oleh pihak Utara. Pihak Selatan pun akhirnya tunduk pada Lincoln.

Biografi Abraham Lincoln 1

Karena merasa kehidupan berangsur membaik di bawah pimpinan Abraham Lincoln, akhirnya warga Amerika kembali memilihnya untuk menjabat lagi sebagai Presiden AS. Ia melanjutkan perjuangannya untuk memajukan Amerika Serikat dibawah kepemimpinannya. Namun sayangnya, jabatannya harus terhenti karena ia dinyatakan meninggal karena dibunuh.

Presiden Abraham Lincoln meninggal karena ditembak oleh John Wilkes Booth, salah satu pemain teater yang mengalami gangguan kejiwaan. Pada tanggal 14 April 1965 ia ditembak di Teater Ford, Washington, Amerika Serikat, saat sedang menyaksikan pertunjukan teater bersama istrinya. Lincoln meninggal keesokan harinya tanggal 15 April 1965.

Presiden Lincoln dimakamkan di SpringField, Amerika Serikat. Ia dikenang sebagai pejuang demokrasi karena jasa-jasanya semasa hidup. Ia juga merupakan Presiden yang paling hebat sepanjang sejarah Amerika.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

10 − 9 =