Profil & Biografi Manny Pacquiao

Loading...

Manny Pacquiao merupakan seorang petinju yang berasal dari negara Filipina. Petinju satu ini memiliki berbagai macam julukan, salah satunya adalah julukannya sebagai ‘The Fighting Congressman’. Pria yang mempunyai nama lengkap Emmanuel Dapidran Pacquiao adalah seorang juara tinju profesional. Ia lahir pada tanggal 17 Desember 1978 di Kibawei, Filipina. Manny Pacquiao menikah pada tanggal 10 Mei 2000 dengan Maria Geraldine Jamora, dari pernikahannya itu ia memiliki lima orang anak.

(FILES) In this September 3, 2014 file photo, Filipino boxing star Manny Pacquiao gestures on arrival for a press conference with fellow boxer Chris Algieri in Los Angeles, California. Pacquiao called his boxing showdown with Floyd Mayweather "the fight of my life" as he got down to work pounding the streets and gym in Los Angeles. The eight-division world champion cranked into serious preparations for the May 2 fight after flying in for his training camp from his native Philippines. On March 2, 2015, Pacquiao ran two miles (3.2 km) and shadow-boxed for two rounds, followed by abdominal work and breakfast of steamed rice, scrambled egg, fish and chicken broth. AFP PHOTO / FREDERIC J. BROWN / FILESFREDERIC J. BROWN/AFP/Getty Images

Petinju handal satu ini menyelesaikan pendidikannya di sekolah dasar Saavedra Saway di General Santos City dan berhenti ketika ia duduk dibangku Sekolah Menengah Atas dengan alasan karena keluarganya tidak mampu membiayai pendidikannya lagi. Ia pindah ke Manila dan tinggal di jalanan. Manny pacquiao mulai terjun ke dunia tinju pada saat umurnya berusia 14 tahun. Ia memiliki catatan sebagai petinju amatir sebanyak 64 dimana selama pertandingan berlangsung, ia memenangkan 60 kali dan 4 kali kalah. Teman dekatnya yang juga merupakan seorang petinju yang bernama Eugene Barutag membuatnya semakin bersemangat dalam mengejar karir tinju profesional.

Biografi Manny Pacquiao 2

Saat ia berusia 16 tahun, Manny pacquiao memulai karir sebagai petinju profesional. Ia merupakan petinju yang mengandalkan gaya kidal yang merupakan pukulan kiri yang dapat mematikan lawannya. Walaupun dalam pertandingan tinju ia menggunakan tangan kiri, namun aktivitas yang dilakukannya sehari-hari tidaklah menggunakan tangan kiri. Dalam pertandingan-pertandingan yang ia ikuti, Manny pacquiao banyak memperoleh kemenangan-kemenangan dan ia juga meraih tujuh gelar berbeda yang di dapatkannya dari tujuh kelas yang berbeda. Lima diantaranya merupakan gelar juara dunia dari lima kelas berbeda dan dua gelar berikutnya merupakan gelar yang didapatkan dari Ring Magazine dalam kelas bulu dan welter junior. pada tanggal 4 Desember 1998, ia menambahkan kelas terbangnya di dunia tinju dan berhasil meraih gelar WBC.

Biografi Manny Pacquiao 1

Kemudian ia meraih IBF dalam kelas bantam super yang dilakukan pada tanggal 23 Juni 2001. Gelar ketiga yang di raihnya adalah The Ring kelas bulu yang didaptkannya setelah mengalahkan Marco Antonio Barrera pada tanggal 15 November 2003. Lalu, ia mendapatkan gelar ke empatnya setelah mengalahkan Juan Manuel Marquez pada Gelar WBC kelas bulu super yang dilakukan pada 15 Maret 2008. Selanjutnya adalah ketika ia berhasil mengalahkan lawanya David Díaz pada tanggal 28 Juni 2008 dalam Gelar WBC kelas ringan.

Dan yang terakhir adalah gelar yang didapatkannya secara sekaligus yaitu dengan mengalahkan Ricky Hatton pada tanggal 2 Mei 2009 dengan gelar The Ring kelas welter junior dan IBO kelas welter ringan dan ia juga mengalahkan Miguel Angel Cotto tanggal 14 November 2009 dalam gelar WBO kelas welter. Manny pacquiao merupakan orang pertama yang berhasil merebut tujuh gelar di tujuh kelas berbeda.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

18 − 2 =