Profil & Biografi Rio Haryanto

Loading...

Rio Haryanto merupakan seorang pembalap muda yang sangat digemari oleh masyarakat terutama para wanita. Ia merupakan seorang pembalap berkebangsaan Indonesia yang kini telah bergabung bersama tim Manor Racing sebagai pembalap Indonesia pertama yang masuk dalam level Seri GP2. Rio Haryanto lahir pada tanggal 22 Januari 1993 di daerah Solo, Jawa Tengah. Ia merupakan anak bungsu dari 4 bersaudara,  yang mana ayahnya sendiri merupakan seorang pembalap bernama Sinyo Haryanto dan ibunya bernama Indah Pennywati.

Biografi Rio Haryanto 1

Rio Haryanto sering disebut sebagai salah satu pembalap muda yang mempunyai potensi untuk menjadi wakil Asia di ajang Formula Satu. Ia merupakan seorang pembalap pertama asal Indonesia yang dalam sejarahnya dapat menjajal mobil Formula Satu. Selain sebagai pembalap, ia juga merambah dunia periklanan dengan menjadi icon iklan sebuah smartphone bersama dengan Isyana Sarasvati. Rio Haryanto juga merupakan Duta Anti narkoba pada tahun 2009 dan Duta Komodo di tahun 2010.

2015 GP2 Series Round 6. Hungaroring, Budapest, Hungary. Saturday 25 July 2015. Rio Haryanto (INA, Campos Racing) World Copyright: Sam Bloxham/LAT Photographic. ref: Digital Image _G7C2425

Sejak kecil Rio sangat menyukai tantangan bersama dengan ayahnya. Rio diajarkan ayahnya untuk menjadi pribadi yang rendah hati dan selalu disiplin dalam hal apapun. Ia pun mengawali karirnya sejak berusia 6 tahun di arena Gokart Nasional dan International, dalam pertandingan itu ia memperoleh penghargaan sebagai Atlet Gokart Terbaik Junior pada tahun 2005 dan 2006. Di usianya yang ke 15 tahun, Rio sering mengikuti ajang balap Formula Asia 2.0 dan menjadi juara umum di seluruh Asia dalam pertandingan Formula BMW dengan total 6 seri. Tidak hanya itu, ia juga menjadi juara umum dalam ajang Formula BMW Pacific tahun 2009. Di usianya yang ke 17 tahun, Rio sudah memenuhi syarat dalam test drive Formula 1 di Abu Dhabi 2010 dalam Super license formula 1 dari virgin F1 racing. Untuk mewujudkan cita-citanya Rio meninggalkan Asia dan mengikuti ajang GP3 Europe Series 2010. Dalam pertandingan itu, ia berhasil meraih 1st Runner Up di Silverstone, 2nd Runner Up di Monza Italy dan juga meraih prestasi sebagai The Best Driver Manor Racing. Kemenangan pertamanya dalam GP3 series didapatkan saat race kedua di Eropa.

Biografi Rio Haryanto

Ia berhasil memperoleh prestasi dengan berturut-turut menjadi juara di ajang GP3 Europe Series, yaitu seri 5 dan seri 6, 1st dan 2nd dalam Runner Up di Monza Italy, serta juga mendapatkan penghargaan sebagai The Best Win of Season GP3 series 2011, di bulan Juli 2011. Selain itu, dia juga memperoleh piala kemenangan sebagai juara kedua di sprint race seri 5 GP2 di sirkuit Silverstone, Inggris yang dilakukan pada bulan Juni 2013. Ketika mengikuti kompetisi balap di Singapura, ia juga mengisi waktu dengan berkuliah di FTMS GLOBAL SINGAPORE jurusan Bisnis Management. Meskipun disibukkan dengan berbagai macam aktivitasnya, Rio tetap menjaga kondisi tubuhnya agar tetap sehat dengan rajin berolahraga. Kesadarannya akan pentingnya dunia pendidikan adalah agar bisa menjadi panutan dan contoh yang baik bagi seluruh masyarakat, termasuk juga para penggemarnya.

Manor Racing selaku tim balap F1, mengumumkan bahwa Rio Haryanto resmi menjadi pebalap tim balap F1 untuk musim 2016 mendampingi Pascal Wehrlein, yang di umumkan pada tanggal 18 Februari 2016.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

12 + 18 =