Profil & Biografi Angelina Sondakh

Loading...

Angelina Patricia Pingkan Sondakh atau kerap dikenal dengan nama Angelina Sondakh. Ia merupakan seorang model yang dan beralih profesi sebagai politikus. Angelina Patricia Pingkan Sondakh lahir pada tanggal 28 Desember 1977 di New South Wales, Australia. Pada tahun 2001 Angelina Sondakh merupakan pemenang Puteri Indonesia 2001 asal daerah Sulawesi Utara.

Biografi Angelina Sondakh 1

Ia merupakan anak bungsu dari 5 bersaudara yang merupakan puteri dari seorang dosen di Universitas Sam Ratulangi, Menado. Sjul Kartina Dotulong yang merupakan ibunya, dan ayahnya Lucky Sondakh. Sewaktu ia kecil ia pernah bersekolah di SD Laboratorium IKIP Manado, pada tahun 1989 ia melanjutkan pendidikannya di SMP Katolik Pax Christi Manado lalu berlanjut ke Preesbyterian Ladies College (SLTA) di Sydney dan pindah ke SMA Negeri II Manado dan setealh lulus SMA pada tahun 1996 ia melanjutkan pendidikannya ke Universitas Katolik Atmajaya jurusan Ekonomi. Setelah ia menyelesaikan kuliahnya ia pernah bekerja di sebuah perusahaan kontraktor. Angelina Sondakh menikah pada tanggal 29 April 2009 dengan bintang sinetron Adjie Massaid dan memperoleh seorang anak laki-laki yang bernama Keanu Jabaar Massaid. Setelah menikah beberapa tahun suaminya itu meninggal dunia pada tanggal 5 Februari 2011.

Biografi Angelina Sondakh

Angelina Sondakh merupakan wanita yang mempunyai segudang prestasi, sejak ia remaja, Angelina Sondakh sudah banyak memperoleh penghargaan-penghargaan dan memenangkan berbagai macam penghargaan seperti, juara I Wulan Minahasa pada tahun 1995, juara I lomba Pidato Bahasa Inggris se-Sulut 1996, juara I Lomba Pemandu Wisata Sulawesi Utara 1997, Miss Novotel Miss Novotel Manado tahun 1999 dan Indonesia pada tahun 2000, pemenang Puteri Indonesia tahun 2001, serta memperoleh penghargaan sebagai Satya Karya Kemerdekaan dari Menteri Sosial Republik Indonesia tahun 2012, dan masih banyak lagi penghargaan yang ia peroleh.

Biografi Angelina Sondakh 2

Ia mulai berkecimpung di dunia politik pada tahun 2004. Pada sat itu ia ikut dalam pemilihan Pemilu sebagai Anggota DPR Republik Indonesia dari Partai Demokrat tahun 2004. Selain itu, Angelina Sondakh juga mengisi waktunya dengan menulis beberapa buku, ia juga pernah terpilih sebagai Duta Batik, Duta Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan Duta Orang Utang. Pada tanggal 3 Februari 2012 tepatnya hari Jum’at , ia ditetapkan sebagai tersangka korupsi proyek wisma atlet di Palembang oleh Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad. Ia disebutkan menerima uang Rp 2 miliar dari Muhammad Nazaruddin dan Rp3 miliar yang merupakan dari I Wayan Koster. Angelina Sondakh divonis 12 tahun penjara dan hukuman denda Rp500 juta dan pembayaran denda dan uang ganti rugi sebesar Rp40 miliar pada tanggal 21 November 2013. Sebelum di vonis 12 tahun penjara, ia pernah di vonis hukuman penjara selama 4 tahun 6 bulan.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × 2 =